in

Tak Banyak Diketahui, Inilah Pemain-pemain aktif yang Juga Seorang Aparatur Sipil Negara

Mempersiapkan masa pensiun agaknya menjadi hal yang harus penting dilakukan oleh para pemain sepak bola. Selain untuk memperlancar pemasukan, dengan hal tersebut juga membuat mereka jauh dari nestapa usai gantung sepatu. Terlihat, ada banyak cara dilakukan oleh atlet di olahraga ini dalam melakukan hal tersebut. Mulai mendirikan usaha layaknya beberapa punggawa Persib Bandung, menjadi pelatih, sampai masuk aparatur sipil negara (PNS).

Untuk hal terakhir tersebut, tergolong banyak jumlahnya. Bahkan ada juga yang belum resmi gantung sepatu sudah menjadi seorang PNS. Pada umumnya mereka yang mendapatkan jabatan tersebut, disebabkan oleh capaian prestasi gemilang di lapangan hijau. Dan berikut beberapa pemain aktif  kompetisi nasional yang diam-diam berstatus aparatur sipil negeri.

 Legenda hidup Persipura Jayapura Boaz Solossa

Boaz Solossa bermain Persipura [Sumber Gambar]
Bagi kebanyakan pencinta sepak bola, pastinya nama Boaz Solossa sangatlah akrab di telinga. Apalagi dalam kiprahnya di lapangan hijau pesepakbola berkaki kiri tersebut juga jadi langganan Timnas. Bahkan sempat dua kali antarkan garuda masuk final AF. Terkait Boaz, ternyata selain gemilang saat mengolah sikulit bundar, sosok 32 tahun ini juga miliki karier bagus di luar urusan bola. Ya, seperti telah banyak diketahui pria kerap disapa Bochi ini punya status PNS. Dirinya berdinas di di Kantor Otonomi Daerah Provinsi Papua.

Mantan skuad Timnas U-23 2005 Ricardo Salampessy

Ricardo bermain untuk Persipura [Sumber Gambar]
Masih terkait pesepakbola aktif berstatus PNS. Punggawa Persipura lain yaitu Ricardo Salampessy juga abdikan dirinya untuk negara sebagai ASN. Dilansir Boombastis dari Bola.com, kini mantan palang pintu Tim Merah Putih U-23 tersebut bertugas di Dinas Pemuda dan Olahraga. Di sana selain lakukan tugas harian, kabarnya Ricardo kerap didapuk mengurus voli, olahraga voli, dan beberapa acara terkait pemuda serta pelajar. Ungkapnya, yang dikutip dari Bola.com, pekerjaannya tersebut sangat dinikmatinya.

Pungawa Perserang Serang Okto Maniani

Okto Maniani bermain untuk Persiba Balikpapan [Sumber Gambar]
Setali tiga uang dengan Ricardo Salampessy, Okto Maniani juga disebut-sebut pesepakbola aktif yang miliki status layaknya dua nama tadi. Punggawa Perserang Serang musim 2018/2019 tersebut diangkat menjadi PNS ketika ia masih bermain di Persiba Balikpapan tahun 2016. Menurut pelatihnya ketika di Persiba itu yaitu Jaino Matos,mantan punggawa Persiram Raja Ampat dilepas oleh klub Kalimantan tersebut lantaran diterima menjadi PNS. Okto Maniani mengantongi status tersebut untuk wilayah Raja, Ampat Papua.

BACA JUGA: Menakjubkan, Meski Digelar di Kampung-kampung Ternyata Gaji Pemain Tarkam Setara PNS

Seperti telah dijelaskan di awal tadi perihal masa depan setelah gantung sepatu, apa yang dilakukan beberapa nama tadi tentunya menjadi hal baik. Apalagi statusnya juga aparatur sipil negara, jadi bisa dikatakan sampai hari tua masa depannya akan jauh terjamin. Tapi, lebih dari itu tanggung jawab pengabdi kepada negara harus dijalankan dengan seimbang atau sama-sama baik.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Dulu Jadi Tukang Jaga Kebun, Pria Asal Bali Ini Sukses Dirikan Perusahaan Besar di Jakarta

Pria Ini Makan Cabai Terpedas di Dunia, Benarkah Bisa Bikin Tepar?