in

Kartu Pra Kerja dan Bagaimana Ia Memakmurkan Para ‘Pemburu Pekerjaan’ dari Seluruh Indonesia

Kartu Pra Kerja [sumber gambar]

Usulan mengenai adanya kartu pra kerja ini sudah ada sejak sebelum presiden Joko Widodo terpilih di periode keduanya. Kala itu, ia menyebut bahwa kartu pra kerja berfungsi untuk memberikan pelatihan kepada anak-anak lulusan SMA, SMK, dan akademi. Jika mereka sudah pelatihan tapi masih belum mendapat pekerjaan, maka akan diberikan insentif honor yang berlaku 6-12 bulan.

Sekarang, kabar tentang kartu pra kerja ini tak lagi sekadar kabar burung melainkan sudah diwujudkan dan akan launching dalam beberapa waktu ke depan. Sebenarnya apa sih maksud dari adanya kartu pra kerja ini? Bagaimana cara jika ingin mendaftarkan diri? Yuk, simak dalam ulasan Boombastis.com berikut ini!

Sekilas tentang kartu pra kerja

Kartu Pra Kerja [sumber gambar]
Dengan adanya kondisi penyebaran pandemi COVID-19 atau Corona di Indonesia, Presiden Jokowi mempercepat pelaksanaan kartu pra kerja. Akibat dari coronavirus di antaranya banyak para pekerja yang harus dirumahkan atau PHK. Maka dari itu, peluncuran kartu ini pun disebut sebagai stimulus untuk masyarakat di tengah wabah covid-19. Sesuai dengan rencana di awal, orang yang menjadi pemegang kartu pekerja akan menerima fasilitas dan insentif dari pemerintah senilai Rp 3.550.000 tiap bulannya. Uang tersebut nantinya digunakan untuk pelatihan bersertifikasi dan juga pemberian dana insentif.

Syarat untuk mendapatkan kartu pra kerja

Syarat mendapatkan kartu [sumber gambar]

Lalu, siapa saja yang boleh mendaftarkan diri? Kartu pra kerja ini diperuntukkan bagi mereka yang sudah berusia di atas 18 tahun dan sedang tidak sekolah atau kuliah. Dana baru akan didapat setelah pihak bersangkutan mengikuti pelatihan. Lebih lengkapnya, rincian dana digunakan untuk biaya pelatihan sebesar Rp1 juta, insentif pasca pelatihan sebesar Rp600 ribu / bulan selama 4 bulan, dan insentif survey ‘keberkerjaan’ dengan total Rp150 ribu. Kalau ingin mempelajari lebih lanjut, Sahabat Boom semua bisa melihat websitenya di di https://www.prakerja.go.id/syarat-ketentuan.

Beberapa mitra yang bekerja sama dengan pemerintah

Ada beberapa mitra yang ikut bekerja sama [sumber gambar]
Melansir idcloudhost.com, ada beberapa mitra dan start-up yang bekerja sama dengan pemerintah dalam hal ini. mulai dari Tokopedia, Skill Akademi, Pintaria, Bukalapak, Kemenaker, dan lainnya. Dari mitra ini, nanti ada banyak sekali skill yang bisa dipilih oleh para calon pekerja sehingga akan lebih siap menghadapi dunia pekerjaan dan punya kemampuan lebih. Tertarik untuk ikut mencoba?

Kapan peluncuran resmi kartu pra kerja?

Rapat koordinasi untuk peluncuran kartu pra kerja [sumber gambar]
Sebelumnya, kartu pra kerja dijadwalkan akan rilis hari ini, Rabu (9/4). Namun, karena karena beberapa pertimbangan teknis, peluncuran dimundurkan. Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono mengatakan bahwa paling lambat akhir minggu ini sudah harus bisa menerima pendaftaran calon peserta program kartu pra kerja. Bagi kalian yang sedang berjuang mencari pekerjaan, maka siap-siap untuk segera mendaftar di www.prakerja.go.id ya!

BACA JUGA: Sumbang Gaji ke BPJS Hingga Larang Cadar, Kebijakan Para Menteri Baru Ini Jadi Sorotan

Jadi, kartu ini bukan serta-merta memberikan uang kepada mereka yang pengangguran dan belum punya pekerjaan ya. Uang baru akan diterima setelah para calon pekerja mengikuti sejumlah pelatihan yang diadakan. Dan pemberian uang ini juga tidak akan berlangsung lama, melainkan hanya beberapa bulan saja. Jadi, kalau sudah mendaftar, pastikan kalau dirimu serius dalam pelatihannya.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Mengenang Kiprah Glen Fredly Sebagai Aktivis, Salah Satunya Tolak RUU Permusikan

Kisah Hotel Megah Namun Mangkrak di Bali yang Dijuluki ‘Istana Hantu’ oleh Turis Asing