in

Ada yang Dikira Meninggal, Kisah Orang Hilang Baru Ditemukan Belasan sampai Puluhan Tahun

Rasanya, tidak ada orang yang ingin kehilangan keluarga, kerabat, atau bahkan teman sekali pun. Pergi untuk selamanya atau hilang tanpa kabar, tentu meninggalkan rasa sakit yang sama. Namun, hilangnya seseorang kadang terjadi begitu saja. Ada yang bisa kembali setelah bertahun-tahun, ada juga yang tidak.

Baca juga: Aplikasi Kelola Keuangan Ini Penting untuk Kamu Install

Belakangan ini, viral sebuah kasus anak hilang yang kembali setelah 5 tahun tiada kabar. Ia ditemukan karena bantuan ‘Twitter Do Your Magic’. Nah ternyata, ini bukan kasus pertama di Indonesia. Sebelumnya juga ada orang-orang yang hilang selama bertahun-tahun dan akhirnya ditemukan kembali.

Pergi untuk kuliah ternyata lenyap selama 15 tahun dan kembali dengan mental terganggu

Tak ada yang menyangka keinginan Hermawan untuk kuliah, justru memisahkannya dari keluarga sampai 15 tahun lamanya. Kala itu, Hermawan memutuskan untuk merantau dan jadi pengamen karena keinginannya tak bisa dipenuhi. Alasannya, karena orang tua Hermawan tak punya cukup uang untuk membiayai kuliahnya.

Hermawan hilang 15 tahun [sumber gambar]
Siapa yang sangka, saat merantau ini Hermawan justru hilang tanpa kabar sampai 15 tahun lamanya. Saat ditemukan, mentalnya telah terganggu dan tidak bisa bicara. Hermawan hanya bisa ngobrol dengan tulisan saja. Untungnya, ia masih ingat alamat tinggal serta nama orang tuanya di Ciamis.

Anggota Brimob hilang karena tsunami, ditemukan di rumah sakit jiwa

Peristiwa tsunami yang melanda Aceh di tahun 2004, menjadi yang terparah kala itu. Entah berapa banyak nyawa yang hilang dan anggota keluarga yang terpisah. Ada yang hilang begitu saja, ada yang ditemukan tak bernyawa, namun ada juga yang belasan tahun baru ditemukan dalam kondisi yang tak terduga.

Asep hilang saat tsunami Aceh [sumber gambar]
Seperti yang dialami Asep, seorang anggota Brimob yang setelah 17 tahun hilang. Ia akhirnya ditemukan menjadi pasien di RSJ Banda Aceh, sebelumnya ia dikira oleh keluarganya telah meninggal dunia. Saat kabar Asep ditemukan, ia langsung melalui uji sampel darah dan sidik jari dan benar dinyatakan sebagai Asep yang hilang karena tsunami Aceh.

Dilaporkan meninggal dan hilang di Arab Saudi, 31 tahun kemudian pulang ke Indonesia

Hilang ketika mengadu nasib di negeri orang, menjadi salah satu penyebab umum kasus orang hilang. Inilah yang terjadi pada Carmi asal Cirebon. Ia sebelumnya bekerja di Arab Saudi, namun sempat dilaporkan hilang dan meninggal karena kabarnya tak terdengar hingga 31 tahun. Pun sampai sering terdengar bahwa Carmi telah meninggal dunia.

Carmi hilang di Arab Saudi [sumber gambar]
Sampai tahun 2019, KBRI Arab Saudi menemukan keberadaan Carmi. Mereka pun berupaya agar Carmi bisa kembali ke Indonesia dan berkumpul kembali dengan keluarganya. Yang pada akhirnya, hal tersebut baru tercapai di tahun 2020. Ternyata, Carmi menunggu majikannya melunasi gaji selama 26 tahun terlebih dahulu. Setelah bisa kembali ke Indonesia, Carmi dan keluarga mengikhlaskan sejumlah gaji tersebut.

22 tahun menghilang, kembali berkat seorang Youtuber

Kisah orang hilang lainnya datang dari Tasikmalaya. Adalah Uya Mulyana, pria berusia 50 tahun yang memiliki gangguan mental. Ia menghilang sejak tahun 1999 dan ditemukan pada September 2021 lalu. Saat itu, keluarga sudah melakukan berbagai cara untuk menemukan Uya namun karena sudah 22 tahun lamanya, mereka pun mulai merelakan kepergian Uya.

Uya (dua dari kiri) kembali ke keluarganya [sumber gambar]
Sampai akhirnya, seorang Youtuber membawanya pulang. Ternyata Youtuber ini prihatin dengan kondisi Uya. Dengan bantuannya, Uya kemudian bisa kembali di tengah-tengah keluarganya. Diketahui selama ini Uya berada di Pati, Jawa Tengah. Ia hidup di sebuah saung yang kerap diberi bantuan oleh para dermawan di sana.

Seorang anak ditemukan setelah 24 jam viral di Twitter, 5 tahun tanpa kabar

Oktober lalu, sebuah akun Twitter @arllnath meminta bantuan netizen untuk mencari adiknya. Ia mengunggah foto adiknya yang hilang sejak 2015-2016 lalu. Dalam cuitan tersebut, Nathan menyebutkan bahwa adiknya, Yehezkiel telah hilang 5 tahun lamanya. Ia dan keluarga pun sudah sempat meminta bantuan polisi namun tak kunjung mendapat titik terang.

Anak ditemukan berkat Twitter [sumber gambar]
Ajaibnya internet, dalam waktu kurang lebih 24 jam adiknya ditemukan. Akun @Binagrahita_DKI mengomentasi cuitan Nathan yang viral tersebut, dengan melampirkan sebuah foto yang diduga adalah Yehezkiel. Keduanya kemudian berkomunikasi via DM untuk saling konfirmasi dan ternyata benar, anak yang dimaksud tersebut adalah Yehezkiel yang hilang. Selama ini sang adik ternyata ada di Panti Asuhan di wilayah Kalideres.

BACA JUGA: Menakjubkan! 4 Pertemuan Ini Terjadi Berkat ‘The Power of Ojek Online’

Hilang bertahun-tahun dan dapat ditemukan hidup hingga bisa berkumpul di tengah keluarga, merupakan sebuah keajaiban. Meski jarang terjadi, bagi mereka yang kehilangan ini adalah hal yang sangat amat diharapkan. Yah, semoga saja kasus orang hilang tidak makin marak. Pun jika terjadi, makin banyak juga keajaiban yang terjadi sehingga mereka bisa kembali bertemu dengan keluarga tercinta.

Written by Alenka

3 Kapal Indonesia Dibakar dan 13 Sisanya Diusir Australia karena Penangkapan Ikan Ilegal

3 Hari Nikah Langsung Cerai, 5 Pernikahan Ini Berakhir Tragis karena Ikut Campur Mertua