in

3 Hari Nikah Langsung Cerai, 5 Pernikahan Ini Berakhir Tragis karena Ikut Campur Mertua

Ketika banyak orang bilang kalau ibu tiri itu lebih kejam dari ibu kandung, nyatanya ada yang jauh lebih keji perbuatannya. Dia adalah mertua. Orang yang seharusnya menjadi “orang tua” bagi pasangan anaknya, justru malah sering bikin keretakan rumah tangga.

Baca juga: Emas Digital, Investasi Penjamin Masa Depan

Faktanya, di media sosial perseteruan antara mertua dan menantu begitu banyak terlihat. Hampir setiap hari ada saja pertengkaran yang dipicu oleh berbagai hal. Sementara itu, perceraian di Indonesia gara-gara mertua pun juga makin marak. Berikut adalah lima pasangan yang harus berpisah gara-gara tingkah laku mertua.

Sudah punya anak, suami lebih memilih orang tua ketika istri berselisih dengan mertua

Ya, pernikahan bukan berarti melulu kebahagiaan. Justru sebaliknya, makin banyak tantangan yang bakal dihadapi suami dan istri. Yang penting adalah menemukan solusi agar tetap bersama. Tapi lain halnya dengan nasib Sinta. Lewat akun TikTok @sintaclista19, ia menceritakan mulai pertama membangun biduk rumah tangga di usia 19 tahun.

sintaclista19 dan suami. [sumber gambar]
Sebagai pasangan yang baru menikah, melebur ego menjadi solusi pasti sulit dilakukan. Permasalahan pun muncul, hingga akhirnya mertua ikut campur. Sang ibu dari suami meminta anaknya untuk menceraikan Sinta. Parahnya, segampang itu pula pria itu menuruti permintaan tersebut. Kini Sinta menjanda, membesarkan buah hati yang masih berusia delapan bulan setelah mantan suami lepas tanggung jawab akibat ikut campur mertua.

Kombinasi lengkap antara mertua yang kepo dan suami tak tegas

Ilustrasi pertengkaran suami dan istri. [sumber gambar]

Sc (32) pasti mengingat masa-masa kelam di tahun 2016 lalu, di mana ia terpaksa menceraikan suaminya. Sc mengambil keputusan tegas karena kecewa dengan suaminya, yang tak bisa bersikap tegas dalam mengambil keputusan. Ditambah lagi, ibu mertua sering bersikap judes dengan menantunya. Padahal mereka tinggal serumah, setelah ayah mertua meninggal. Pada akhirnya, suami Sc lebih berpihak kepada ibu sehingga Sc semakin mantab menceraikannya.

Sudah resmi cerai, mantan mertua kirim foto pernikahan mantan suami

Jangan dikira hanya anak muda saja yang kurang sopan santun. Orang yang sudah berumur pun sering kali terpeleset dengan sikapnya. Seperti Dessy yang “dipaksa” mengingat masa lalu oleh mertuanya. Lewat akun TikTok @dek_dessy, ia bercerita mendapatkan kiriman foto-foto pernikahan mantan suami dengan istri baru. Sementara sang pengirim adalah mantan mertuanya.

Foto mantan suami nikah lagi. [sumber gambar]
Dessy menikahi mantan suaminya 16 Oktober 2012. Tapi apa mau dikata, mertua tak pernah melihat kebaikan menantunya. Segala yang dilakukan selalu salah, sehingga tahun 2019 lalu keduanya sepakat bercerai. Namun, Dessy dan mantan suami tetap berhubungan baik dan sepakat bersama-sama membesarkan putri mereka.

Mertua bikin rekor, meretakkan rumah tangga anaknya setelah tiga hari menikah

Ilustrasi pertengkaran pasangan. [sumber gambar]
Wanita yang satu ini, harus jadi contoh bagi calon pasangan untuk menimbang banyak hal sebelum mantab menikah. Tak banyak yang ia ceritakan tentang perceraiannya di akun TikTok @uupptts. Namun, bisa ditarik kesimpulan bahwa perpisahannya tersebut didasari atas sifat cemburuan, egoisme, dan mertua yang turut campur. Tak tahan dengan situasi ini, ia memilih untuk bercerai meski baru tiga hari disahkan penghulu.

Ketika netizen setuju dengan mertua

Ada saat warganet dibikin geram oleh mertua, tapi ada pula saat di mana netizen berbalik mendukung mereka. Sebuah akun TikTok @w4hyu777 mengunggah video mertua wanita yang marah-marah pada putri dan suaminya. Diketahui, bahwa tulang punggung keluarga itu adalah sang istri karena suami belum bekerja. Masalah semakin pelik, ketika pasangan suami istri itu jarang akur padahal hidup serumah dengan orang tua.

Ibu mertua tengahi pertengkaran pasutri. [sumber gambar]
Mungkin karena bosan mendengar omelan anak dan menantunya, mertua ini akhirnya turun gunung. Sayangnya ketika mencoba menengahi, keduanya tidak menghiraukan hingga akhirnya amarah sang mertua pun berkobar.

Beberapa netizen justru mendukung sikap mertua. Mereka beranggapan sebaiknya pasutri mawas diri, di mana mereka berada. Belum lagi dengan situasi sang suami yang belum bekerja, serta hobi mereka ribut di dalam rumah yang mengusik ketenangan ibu mertua. Pengunggah video tersebut adalah pihak suami yang kini sudah menjadi mantan. Keduanya dikabarkan sudah bercerai dan menjalani hidup masing-masing. Kalau sudah begini, siapa yang salah? Mertua juga?

BACA JUGA: Mertua Tendang Calon Menantu Saat Akad Nikah, Diduga karena Pengantin Pria Telat 6 Jam

Kunci sukses sebuah pernikahan adalah komunikasi. Yakinlah bahwa selalu ada jalan keluar di setiap masalah, asalkan suami dan istri mau bekerja sama mencarinya. Kalau sama-sama kompak, mertua pun bakal pikir-pikir untuk selalu ikut camput dalam setiap masalah rumah tangga. Bisa jadi, mereka juga akan percaya anak dan menantu mereka mampu mengatasi setiap problem yang ada.

Written by Bayu Yulianto

Ada yang Dikira Meninggal, Kisah Orang Hilang Baru Ditemukan Belasan sampai Puluhan Tahun

Kronologi Lengkap Kasus Pelecehan Seksual Dekan Fisip kepada Mahasiswi di Universitas Riau