Bagi mereka yang melewatkan masa anak-anak maupun remaja di tahun 90-an, pasti tak asing dengan tayangan kartun maupun acara lainnya yang berasal dari Jepang. Salah satu yang menjadi favorit adalah Takeshi’s Castle atau dikenal sebagai Benteng Takeshi. Acara ini populer lantaran menyuguhkan permainan uji ketangkasan yang seru dan menantang.

Dalam acara tersebut, para peserta ditantang untuk melewati semua rintangan yang disediakan. Tentunya tak hanya mengandalkan kerja keras dari fisik pemain, tapi juga harus menggunakan seluruh kemampuannya agar bisa lolos hingga ke babak final. Sambil bernostalgia, simak ulasan Boombastis soal Benteng Takeshi berikut ini ya.

Acara jadul yang laris ditayangkan di berbagai negara

Acara lucu yang memiliki konsep permainan unik dan menantang [sumber gambar]
Benteng Takeshi merupakan acara yang digagas oleh Takeshi Kitano, seorang komedian Jepang, presenter televisi, aktor, pembuat film, dan penulis, yang disiarkan dari tahun 1986 sampai 1989 oleh Tokyo Broadcasting System (TBS). Sebagai pembawa acara, sosoknya yang jenaka membuat Benteng Takeshi sukses hingga kemudian disiarkan di Amerika Serikat, Inggris, Filipina, dan Indonesia.

Rintangan menantang yang bikin suasana semakin kocak

Salah satu rintangan yang ada di acara Benteng Takeshi [sumber gambar]
Benteng Takeshi yang mengusung konsep ketangkasan dan permainan berupa halang rintang, sukses memikat penonton karena termasuk acara yang unik pada masanya. Tingkah unik dan kejadian tak terduga yang dialami oleh peserta juga menjadi daya tarik dari Benteng Takeshi. Salah satu momen yang paling ditunggu adalah saat peserta masuk ke babak terakhir. Di mana Takeshi bersama prajuritnya telah menunggu untuk mengalahkan para peserta.

Babak final yang terkadang bikin gemas sekaligus geregatan

Babak final yang selalu dinantikan [sumber gambar]
Bisa dibilang, babak terakhir (Final Showdown) merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu. Tak hanya oleh peserta yang ikut, tapi juga penonton di rumah. Hal ini wajar lantaran Takeshi dan prajuritnya selalu menang di setiap episode yang ada. Tak jarang aksinya terkesan tidak seimbang dengan peserta yang membuat dirinya kuat dan tak terkalahkan.

Tayang di Indonesia hingga beberapa episode

Duo pemimpin yang dipuji sekaligus bikin kesel [sumber gambar]
Benteng Takeshi disiarkan oleh Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) pada 2002 silam dengan mengambil jam tayang antara pukul 15.00 WIB, 16.00 WITA, dan 17.00 WIT. Meski sempat vakum, tayangan ulangnya kembali disiarkan oleh Global TV (kini GTV), sejak 3 Agustus 2013. Pihak MNC Production sempat membeli lisensinya dari TBS Jepang untuk disiarkan di Indonesia dengan bahasa dan peserta lokal.

Jadi nostalgia anak-anak di era 90-an

Acara seru yang menjadi nostalgia di Indonesia [sumber gambar]
Episode yang diputar di televisi Indonesia sejatinya merupakan tayangan-tayangan lama di tahun 80-an dan akhir 90-an. Meski demikian, acara tersebut tetap diminati oleh penonton di tanah air untuk sekedar bernostalgia dengan masa anak-anak dan remaja mereka. Kini, banyak acara serupa yang konsep dasarnya meniru Benteng Takeshi.

BACA JUGA: Anak Tahun 90an Pasti Ingat dengan 5 Sinetron Khas Ramadan Ini

Acara Benteng Takeshi sayangnya dihentikan di saat tayangan tersebut masih di puncak popularitasnya, yakni pada tanggal 18 Oktober 1990 yang menjadi episode terakhir. Meski demikian, kini banyak acara yang mengadopsi tayangan serupa Benteng Takeshi yang telah disesuaikan dengan selera masa kini.