in

4 Negara Besar yang Melarang Penduduk Muslimnya Berpuasa

Sedih nggak sih, ketika hampir 1,6 miliar muslim di dunia gegap gempita merayakan bulan Ramadan dengan beribadah, ada beberapa negara yang justru melarang warganya yang beragama Islam untuk melakukan hal tersebut. Bahkan nggak hanya sekedar melarang, ada pula yang mengancam dengan kekerasan bahkan pembunuhan.

Baca Juga : Mengintip 5 Negara dengan Waktu Puasa Terlama di Dunia

Miris dan timpang banget jika dibandingkan dengan negara lain misalnya Indonesia. Ini juga jadi cobaan yang berat banget bagi mereka yang harus melawan ketidakadilan di tengah kepayahan menahan lapar. Nah, negara mana aja sih yang merampas hak warga muslimnya untuk beribadah?

1. Myanmar

Anggota ASEAN ini belakangan kerap kali diprotes warga muslim di seluruh dunia. Gimana nggak, warganya yang beragama Islam sering ditindas dengan semena-mena oleh banyak oknum bahkan termasuk pemerintah sendiri. Yup, Rohingya, mungkin nama tersebut udah nggak asing lagi untukmu.

Muslim Rohingya [Image Source]
Muslim Rohingya [Image Source]
Bagi penduduk Rohingya yang kabur dari Myanmar, mungkin mereka bisa beribadah dengan tenang. Namun hal yang berkebalikan tentu dialami mereka yang bertahan di wilayah yang bernama Rakhine tersebut. Diketahui, warga yang bertahan mengalami perlakuan yang buruk bahkan saat Ramadan seperti ini. Pemerintah melarang 500 masjid di sana beroperasi. Artinya, penduduk Rohingya nggak boleh melakukan aktivitas ibadah apa pun.

Pihak kepolisian mengancam kalau bakal menangkap siapa pun yang keukeuh beribadah di masjid-masjid. Bahkan mereka juga mengancam akan melepaskan tembakan begitu mengetahui ada warga yang nekat. Belakangan kepolisian Myanmar udah menyegel setidaknya 6 masjid. Miris banget deh!

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

4 Dosa di Balik Kebiasaan Ngeshare dan Komen Sembarangan (Renungan Untuk Muslim)

Katanya Kalau Bisa Begini Tandanya Sehat, Bener Nggak Ya?