Selain kasus korupsi yang didakwakan kepada OC Kaligis, nyaris tidak ada berita lain yang bertema senada. Hal ini bisa jadi indikasi yang bagus, secara kasat mata korupsi di negara ini terlihat makin berkurang drastis seiring jarangnya pemberitaan yang terkait dengan aksi penyelewengan tersebut. Namun, indikasi naik atau turunnya tingkat korupsi tentu bukan berlandaskan opini, tapi harus dengan data-data.

BACA JUGA: 5 Fakta Sangar Jenghis Khan, si Penguasa Dunia Paling Jumawa Sepanjang Sejarah

Jujur saja, Indonnesia dan korupsi bagai kawan dekat. Bahkan beberapa tahun belakangan rakyat Indonesia seperti dicoreng mukanya begitu melihat negara tercintanya masuk dalam daftar negara paling korup. Nah, sekarang pertanyaannya, di tahun yang baru ini apakah prestasi buruk ini tetap sama? Hal tersebut bakal kamu ketahui sesaat lagi.

Berikut adalah deretan negara-negara paling korup di dunia berdasarkan data terbaru yang dilansir oleh Transparency International. Apakah Indonesia masuk dalam daftar ini? Let’s find out!

1. Somalia, Tentang Politik Tak Stabil dan Bantuan Dunia

Seumpama ada daftar negara paling terpuruk di dunia, maka sudah pasti Somalia akan ada di dalamnya, bahkan mungkin jadi pemuncak peringkatnya. Alasan utamanya karena negara ini punya level korupsi yang benar-benar gila. Bahkan gara-gara hal tersebut stabilitas politik di negara sub-Sahara ini kacau balau.

Aksi terorisme di Somalia [Image Source]
Aksi terorisme di Somalia [Image Source]
Praktik korupsi negara ini adalah yang tertinggi di dunia berdasarkan indeks analisa Transparency International. Aksi korupsi sebagian besar dilakukan oleh pihak-pihak yang berhubungan dengan pemerintah. Dengan level korupsi yang gila Somalia pun benar-benar hancur. Negara tak mampu menjamin hidup warganya dan selalu mengandalkan bantuan dunia.

2. Korea Utara Menderita Dengan Kegilaan Klan Kim

Sebenarnya agak janggal menemui negara ini di dalam daftar negara paling korup. Pasalnya, mungkin kamu masih ingat beberapa waktu lalu tentang gembar-gembor Kim Jong Un yang dengan brutalnya mengeksekusi banyak koruptor. Terlepas dengan apa yang dilakukan Kim itu, yang jelas negara ini memang masuk dalam daftar tidak menyenangkan ini.

Korea Utara [Image Source]
Korea Utara [Image Source]
Kita tidak akan pernah tahu kenapa negara ini begitu korup, karena Korut adalah negara yang terisolir. Kesimpulan sementaranya, besar kemungkinan aktivitas korupsi dilakukan oleh Kim sendiri. Hal ini cukup masuk akal jika dikorelasikan dengan banyaknya berita tentang Kim yang lebih suka memuaskan diri sendiri daripada rakyatnya.

3. Afghanistan, Terpuruk Karena Perang

Negara ini pernah mengalami konflik internasional pelik yang melibatkan negara-negara besar, seperti Rusia, Amerika dan Inggris. Hampir semua konflik itu melemahkan negara beribu kota Kabul ini. Termasuk salah satunya invasi Amerika di tahun 2001.

Afghanistan [Image Source]
Afghanistan [Image Source]
Era perang di Afghanistan mungkin berakhir, tapi teror masih tetap jalan sampai saat ini. Hal ini membuat stabilitas negara Timur Tengah ini kacau. Bahkan hal ini ditambah dengan kegilaan para oknum pemerintah yang melakukan aksi korupsi gila-gilaan. Afghanistan masih berupaya bangkit setelah semua keterpurukan yang dialaminya. Namun, tentu saja hal ini takkan pernah mudah.

4. Sudan, Berkah Derita Perang Saudara

Tidak banyak hal yang diingat orang tentang Sudan selain balada perang saudara yang pernah dialami negara ini. Perang saudara di Sudan adalah yang paling panjang di dunia. Bahkan sampai ada jilid duanya. Perang saudara ini sudah lama berlalu, namun dampaknya pukulannya masih keras menghantam Sudan sampai hari ini.

Sudan [Image Source]
Sudan [Image Source]
Ya, perang ini membuat pemerintahan mereka menjadi kacau. Sampai akhirnya lepas wilayah selatan yang menjadi negara sendiri. Ketidakstabilan politik ini membuat peluang korupsi sangat lebar dan hal ini memang kejadian. Alhasil, negara ini masuk dalam daftar negara paling korup di dunia.

5. Sudan Selatan, Negara yang Cukup Kaya Tapi Miskin

Seperti yang disinggung di poin sebelumnya, perang saudara di Sudan menyebabkan perpecahan wilayah. Hingga akhirnya berdirilah negara Sudan Timur yang beribu kota di Juba itu. Meskipun memilih untuk memisahkan diri, tak lantas membuat negara yang berbatasan dengan Kenya ini serta merta makmur. Justru mereka menghadapi petaka besar. Ya, korupsi.

Sudan Selatan [Image Source]
Sudan Selatan [Image Source]
Sudan Selatan sebenarnya cukup kaya, mereka nyatanya punya ladang minyak yang cukup untuk membuat semua rakyatnya hidup dengan cukup. Sayangnya, alih-alih dipakai untuk menyejahterakan rakyat, sumber daya ini justru dikorupsi oleh pihak-pihak tertentu. Salah pemerintah mereka juga yang dikatakan payah dalam mengelola tambang-tambang minyak yang ada.

BACA JUGA: 5 Fakta Ngeri Tentang Penjara Guantanamo, Lapas Paling Kejam di Dunia

Inilah daftar negara paling korup di dunia. Miris sih kalau lihat keadaanya, korupsi sampai membuat negara mereka hancur. Namun, kabar baiknya, Indonesia tidak masuk dalam daftar ini. Artinya, negara kita bukan lagi dicap negerinya koruptor. Meskipun demikian, bukan berarti lantas kita bisa berleha-leha tanpa melakukan aksi preventif terhadap hal-hal yang berbau korupsi tersebut.