in

Jadi Terhebat di Asia, Beginilah Kisah Miris Arab Saudi yang Kerap Jadi Lumbung Gol

Ara Saudi pastinya menjadi sebuah nama yang besar untuk sepak bola Asia. Bersama negara macam Jepang, Iran, dan Korea Selatan, mereka sangat sering jadi wakil Benua Kuning di ajang Piala Dunia. Tercatat sejak lolos tahun 1994 mereka baru tak lolos ke ajang tersebut di dua kali saja, yakni tahun 2010 dan 2014 lalu. Selain hal tersebut negara identik kostum warna hijau itu juga jadi rajanya kejuaraan Asia.

Tim asal Timur Tengah telah menjadi juara Piala Asia sebanyak tiga kali dan torehkan juara kedua dengan angka yang sama. Berkaca dari hal tersebut, tidak heran apabila Arab Saudi kerap disebut sebagai yang terhebat di Asia. Bahkan beberapa orang juga menjuluki kesebelasan tersebut sebagai Brasilnya Benua Asia. Namun sayang catatan bagus tersebut kerap berbalik ketika mereka berkiprah di Piala Dunia. Selama keikutsertaan mereka di turnamen tersebut, 16 besar menjadi pencapaian terbagus.

https://www.youtube.com/watch?v=_xbilCSFJZQ

Bahkan ketika di Piala Dunia 2018 ini mereka kembali torehkan kisah nahas dengan dibantai di laga pembuka. Hasil yang juga pada akhirnya membuat wakil Asia kembali sampai di babak fase grup saja. Gelontoran lima gol yang bersarang ke gawang negara tersebut bukanlah yang terbanyak. Hal ini lantaran saat Piala Dunia 2002 mereka rasakan hal yang lebih pedih dari itu. Saat itu anak asuh N Al-Johar dikalahkan dengan skor telak 8-0. Hasil tersebut juga menjadi rekor terbanyak Piala Dunia edisi Asia.

Arab Saudi kalah telak [Sumber Gambar]
Selain laga tersebut sebenarnya Arab Saudi juga pernah tuliskan rekor kemasukan gol yang lebih parah. Menurut Wikipedia, negara tersebut torehkan kekalahan terbesar saat melawan Republik Arab Bersatu dengan skor 13-0. Namun pertandingan tersebut terjadi bukan di ajang Piala Dunia. Selain itu juga laga tersebut juga sudah lama sekali terjadi yakni tahun 1961. Waktu dimana Timnas Indonesia disebutkan sebagai macan Asia. Kisah buruk tim Asia ini sebenarnya menyimpan sebuah hal yang bisa dikatakan unik. Dimana mereka terbantai di pertandingan pertama Arab Piala Dunia dan pernah dua kali dihajar tuan rumah.

Prestasi Arab Saudi [Sumber Gambar]

Terlepas dari hasil buruk yang kerap menimpa Arab Saudi. Sepak Bola disana sebenarnya tunjukkan perkembangan yang pesat. Meski tidak didukung alam yang enak bermain bola, Arab Saudi catatkan masuk Piala Dunia dulu di banding Jepang atau Indonesia. Bahkan talenta-talenta mereka kerap diambil untuk memperkuat kesebelasan di benua biru. Beberapa klub liga disana juga kerap curi perhatian dengan jadi juara Liga Champions Asia.

Apa yang diperlihatakan Arab Saudi harusnya dapat memotivasi Indonesia yang kaya akan talenta dan alamnya enak untuk bermain bola. Dua elemen yang jelas-jelas dapat menunjang perkembangan sepak bola nasional lebih hebat lagi.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Tak Banyak yang Tahu, Ini Lho Alasan Mengapa Bioskop di Mall Selalu Ada di Lantai Teratas

ZKZM-500, Senjata Laser Buatan Tiongkok yang Bikin Rakyat Kapok Demonstrasi di Jalanan