in

Spice, Narkoba yang Membuat Pecandunya Jadi Zombie

Para bandar barang laknat selalu saja punya inovasi yang membuat resah. Baru-baru ini di Inggris tersiar kabar, munculnya narkoba jenis baru. Narkoba jenis baru ini sedang tren di negeri Ratu Elizabeth tersebut. Bahkan jadi barang haram yang mulai menggeser heroin dan kokain.

Situs Tempo.co dalam berita fotonya, melaporkan, narkoba jenis baru itu namanya cukup unik. Spice nama barang laknat generasi anyar tersebut. Dan spice bukan narkoba sejenis kokain dan heroin atau ganja yang berasal dari satu tumbuhan. Tapi spice adalah narkoba sintesis yang bisa dibuat di mana pun. Ya, mirip barang-barang pabrik.

Spice si narkoba murah [Image Source]
Harganya pun, lebih murah dari kokain dan heroin. Tidak heran bila kemudian barang tersebut sekarang populer. Spice laris manis diburu pengguna. Yang biasa nge-flay sekarang mulai beralih pakai spice. Efeknya pun lebih dashyat dari tembakau gorila. Bahkan tak kalah dengan kokain dan heroin.

Efek berbahaya jika sudah memakai spice,  si pengguna akan berubah wujud jadi ‘zombie’. Mereka yang mengkonsumsi spice, kerap tak sadar berjalan dengan kepala tertunduk. Mirip sekali dengan cara jalan seorang zombie. Dan, mereka yang memakai itu, tak peduli lagi untuk tumbang di sembarang tempat. Di trotoar pun bisa langsung menggeletak.

Ilustrasi efek Spice [Image Source]

Di Inggris, banyak terjadi orang yang berjalan kaku, tertatih-tatih dengan kepala tertunduk, mirip zombie yang sedang berjalan. Pemandangan orang yang bergelimpangan di trotoar, di selasar stasiun kereta dan tempat publik lain jadi pemandangan yang sering dijumpai. Mereka bukan mabuk alkohol. Tapi mereka mabuk spice barang laknat jenis baru.

Boleh jadi spice akan segera masuk di Indonesia. Sebab mengutip pernyataan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komisaris Jenderal Budi Waseso atau Buwas, Indonesia bukan lagi negara transit, tapi Indonesia sudah jadi pangsa pasar utama yang diincar para bandar barang haram.

Bentukan Spice [Image Source]
Jaringan narkoba internasional banyak yang beroperasi di Indonesia. Pemerintah sendiri sudah bersikap tegas. Presiden Jokowi misalnya tidak memberi ampun bagi bandar yang tertangkap. Tidak ada grasi bagi mereka. Hukuman mati yang akan diterima. Dan sudah belasan orang napi kasus narkoba yang dieksekusi.

Semoga, spice tak masuk ke Indonesia. Jika sudah masuk, mungkin pemandangan di Inggris akan terjadi di sini. Semoga itu tak terjadi.

Written by Agus Supriyatna

Leave a Reply

5 Hal Menarik di Piala Presiden 2017 yang Bikin Heboh Suporter di Indonesia

8 Hal Mencengangkan yang Bisa Diwujudkan dari Uang Korupsi e-KTP