Mukbang alias tontonan tentang orang yang sedang bersantap besar, sudah beberapa tahun ini jadi salah satu hobi sekaligus mata pencaharian netizen masa kini. Selain bisa memenuhi hobi makan, juga bisa menghasilkan cuan alias penghasilan. Siapa yang nggak doyan? Makan, tapi juga menghasilkan uang.

Kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh seorang pria bernama Afi Udin, perantau di Jakarta yang berprofesi sebagai kuli bangunan. Afi Udin punya cara sendiri untuk menyuguhkan mukbang dengan modal alat dan makanan seadanya. Tapi, belakangan ini dia viral karena salah satu video di mana ia makan nasi hanya dengan sambal.

Yang bikin salut adalah bagaimana Afi Udin menjalankan hobi kekiniannya ini dengan tekun, hingga kini konon penghasilannya bisa bertambah, tak hanya hasil dari pekerjaannya sekarang.

Dari sudut pandang anak rantau, banjir dukungan

Sesekali Afi Udin menggunakan makanan kekinian atau fast food sebagai bahan mukbangnya. Namun dalam beberapa kesempatan, ia menunjukkan pilihan makanan ala anak rantau. Misalnya mukbang nasi seabrek dengan lauk sambal saja. Ia mengisahkan kalau dirinya sedang tak ada cukup uang, makan nasi dan sambal saja sudah nikmat luar biasa.

Cuplikan video ‘Bersyukur’ Afi Udin yang bikin simpati banyak warganet. Makan nasi hanya dengan sambal.

Dalam video dengan judul ‘Bersyukur’ ini, malah membuat penontonnya ikut belajar menghargai rezeki dan kemampuan yang dimiliki. Kini video itu sudah lebih dari 2 juta views sejak 1 Juni 2020. Netizen yang menonton juga memberikan dukungan pada Afi Udin, karena selain videonya menyentuh, mereka salut dengan pribadi kuli bangunan tersebut.

Ngevlog dengan modal seadanya

Afi udin mengaku sudah 10 tahun merantau di Jakarta. Tanpa bermaksud menjual kisah sedih hidupnya, beberapa kali ia curcol saat sedang mukbang, bahwa masa lalunya cukup sulit. Dengan kondisinya sekarang, ia sudah merasa sangat beruntung karena bisa cari uang sendiri.

Meski untuk ngevlog ini ia bermodal seadanya, namun Afi Udin nampaknya konsisten melakukan hobi mukbangnya ini. Bisa dilihat di beberapa video Afi Udin, pencahayaan remang dan ruangan yang dipilih pun seadanya asal tidak berisik. Tapi, tak mengurangi totalitasnya menikmati apapun makanan yang bisa dimukbang saat itu.

Channel Afi Udin dipandang potensial

Warganet yang memang suka nonton vlog Youtube atau mukbang, memberikan dukungan dan ide-ide menarik pada Afi Udin. Misalnya barter promo dengan penjual makanan yang ia pakai dalam mukbang, pasang iklan, hingga kolaborasi dengan yang lain seperti Tanboy Kun.

Melansir dari akun Twitter yang membantu viralnya channel Youtube Afi Udin, hobi mukbangnya ini membantu memberinya penghasilan tambahan yang cukup banyak. Figur Afi Udin nampak bagai angin segar bagi penonton. Apalagi di masa pandemi yang penuh ujian buat banyak orang ini, sikap penuh syukur dan sederhana Afi Udin bikin kolom komentarnya banjir simpati.

BACA JUGA: Kisah Hu Hang Feng, Miliarder yang Sukses Hidup Rukun dengan 4 Istri dan 16 Selingkuhannya

Mukbang adalah aktivitas makan porsi kuli, dan Afi Udin adalah sebenar-benarnya pelaku mukbang di samping profesinya yang memang kuli bangunan. Tapi di sisi lain, videonya banyak bikin orang Indonesia sendiri melihat  bahwa makanan itu bagi sebagian orang adalah rezeki yang luar biasa, semewah atau sesederhana apapun menunya.