in

Suka Menutup Muka dengan Bantal Ketika Tidur? Ini Lho Akibat Fatalnya

Setiap orang punya gaya tidur masing-masing. Mulai dari peluk boneka, meringkuk mirip bayi, tidur menghadap kanan sampai muka ditutup bantal. Eh tapi Sahabat Boombastis ada enggak yang kebiasaan tidurnya harus menutup wajah pakai bantal? Kalau ada, coba sini deh penulis bisikin.

Hmm.. jadi, kebiasaan menutup mukai menggunakan bantal itu ternyata tidak baik bagi kesehatan kita lho. Bahkan bisa dibilang berbahaya lantaran ini juga berhubungan dengan otak. Bisa dibayangkan dong kalau kebiasaan satu ini dilakukan setiap hari. Nah, untuk lebih jelasnya, simak dulu ulasan dari Boombastis.com di bawah ini.

Bisa membuat otak menjadi rusak

Otak mengalami kerusakan [Sumber Gambar]
Salah satu dampak jika menutup wajah memakai bantal itu bisa merusak otak lho. Hal ini senada dengan yang diucapkan oleh Dr. Muh. Akbar selaku Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Makassar. Di dalam sebuah penelitiannya ia menemukan bahwa kebiasaann ini kalau dilakukan dalam jangka panjang bisa membuat otak mengalami kerusakan. Sebab karbondioksida yang dilepaskan saat tidur bisa terhirup lagi. Sehingga otak kita bisa tercemar dan sangat rentan terjadi kerusakan.

Daya ingat pun menjadi berkurang bahkan parahnya lagi bikin pikun

Mengalami kepikunan [Sumber Gambar]

Keburukan selanjutnya yang akan diterima adalah berkurangnya daya ingat. Ini juga berhubungan dengan karbondioksida yang memenuhi otak Sahabat Boombastis. Menurut Dr.dr. Salim Haris SpS(K) FICA, jika kadar karbondioksida pada otak lebih banyak dibandingkan oksigen, maka dapat merusak pembuluh darah halus di organ penting tersebut. Nah, jika pembuluh darah di otak ini sudah mengalami kerusakan sekitar 50%, kemungkinan besar orang tersebut akan pikun. Jadi, pikun ini tidak hanya faktor usia saja lho gengs.

Mengakibatkan beragam penyakit yang sangat berbahaya

Bisa mengalami down syndrome [Sumber Gambar]
Selain pikun, ada banyak penyakit bahaya yang bisa terjadi karena kebiasaan ini. Penyakit-penyakit tersebut dapat muncul lantaran asupan oksigen yang kurang dari biasanya. Dikutip dari laman nusantaranews.co, penyakitnya yaitu keterbelakangan mental (down syndrome), kerusakan batang otak, ketidakmampuan saat berkomunikasi, epilepsi, gangguan kejiwaan sampai autisme. Hi.. ngeri banget kan dampak dari menutup muka dengan bantal saat tidur?

BACA JUGA : Banyak yang Tidak Tahu, 4 Hal Ini jadi Penyebab Orang Bisa Meninggal Saat Tidur

Begitulah akibat fatalnya kalau menutup wajah saat tidur. Memang sih kebiasaan tersebut bisa membuat kita tidur nyenyak. Tapi kalau dampaknya seperti yang sudah dijelaskan di atas, lebih baik jauhi deh dari sekarang. Masih banyak kok cara tidur lain yang lebih baik dan tentunya tidak berbahaya bagi kesehatan.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Kisah Gadis 10 Tahun yang Berhasil Dirikan Perusahaan Teknologi dan Diincar Oleh Google

Penjara sampai Rumor Latih Bali United, Beginilah Kisah Roberto Carlos setelah Pensiun