in

Sering Dilakukan, Meneguk Air Sebelum Tidur Ternyata Tak Dianjurkan

Siapa di antara kalian yang pernah mendengar kalau minum air putih sebelum tidur itu sangat dianjurkan? Kemungkinan besar kalian sudah mendengarnya dan atau telah menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Sebab, kebiasaan satu ini disebut-sebut bisa membantu membersihkan tubuh ketika tidur dan juga memenuhi kebutuhan cairan dalam satu hari.

Tapi, minum air putih sebelum tidur ini juga ditanggapi berbeda oleh beberapa ahli Sahabat Boombastis. Banyak di antara mereka yang berpendapat jika mengonsumsi air putih sebelum tidur itu tidak dianjurkan. Cukup aneh memang, tapi ada alasan yang konkrit tentang kebiasaan satu ini.

Minum sebelum tidur jadi kebiasaan [Sumber Gambar]
Menurut seorang ahli nutrisi dan pakar kesehatan yang bernama Erin Palinski, minum sesaat sebelum tidur itu tidak baik. Namun perlu digarisbawahi jika yang dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Jika kita mengonsumsi terlalu banyak air, maka orang tersebut kemungkinan besar akan terbangun untuk buang air kecil. Tentu hal ini sangat tidak baik dikarenakan bisa mengurangi kualitas tidur Sahabat Boombastis.

Bisa membuat susah tidur [Sumber Gambar]
Kemudian, hal ini juga diteliti oleh tim dari Sleep Research Society. Jika kita terbangun untuk buang air, tidak hanya mempengaruhi kualitas tidur saja Sahabat Boombastis. Tapi juga berisiko meningkatkan berat badan juga lho. Nah, jika ini terjadi terus menerus atau bahkan setiap hari dapat mengakibatkan obesitas.

Jika tidak bisa tidur bisa mandi air hangat [Sumber Gambar]
Selanjutnya, Profesor Mark Whiteley seorang konsultan ahli bedah juga berpendapat yang sama tentang kasus ini. Melalui pasien yang pernah ia periksa, Profesor Mark Whiteley mengungkapkan jika mengonsumsi air sebelum tidur dalam jumlah banyak akan menimbulkan keringat berlebih pada saat beristirahat. Sehingga membuat orang tersebut terbangun dari istirahatnya dan susah untuk tidur kembali. Ini disebabkan ketika tertidur, otak melepaskan hormon antidiuretik atau si pengatur kadar air dalam tumbuh. Nah, jika minum sebelum tidur dalam jumlah banyak maka akan mengesampingkan hormon antidiuretik dan mengakibatkan kadar air dalam kandung kemih meningkat.

Jadi dari ulasan di atas, bisa disimpulkan jika mengonsumsi air putih sebelum tidur diperbolehkan saja. Namun jumlahnya jangan terlalu banyak agar tidak terbangun dari tidur. Nah agar tidak terbangun, kalian dianjurkan untuk tidak minum air dua atau tiga jam sebelum tidur. Lalu, jika kalian sulit untuk kembali tidur, bisa mandi dengan air hangat terlebih dahulu supaya tubuh menjadi lebih rileks.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Sudahkah Memasang Benderamu di Depan Rumah dengan Benar?

Kisah Ajaib Jumaidi, Satu-satunya Penumpang yang Selamat dari Kecelakaan Pesawat Dimonim