in

3 Menu Ramadan yang Bantu Jaga Produksi Sel Darah Merah

Siapa yang sering merasa cepat pusing setelah duduk lama? Atau merasakan seakan tubuh melayang saat bangkit dari tidur? Gejala di atas bisa terjadi karena kamu kekurangan sel darah merah, atau dalam istilah kesehatannya disebut sebagai anemia. Nah, anemia ini sendiri tak hanya membuat kamu terasa pusing saja, tetapi bisa membuat tubuhmu menjadi lebih lemas.

Bayangkan saja deh kalau kamu tiba-tiba lemas dan tidak gairah di saat bulan puasa? Menghadapi satu hari yang panjang itu juga harus kamu perhatikan, salah satunya adalah dari menu makanan yang kamu konsumsi saat sahur ataupun berbuka. Untuk kamu yang merasa kekurangan sel darah merah, maka berikut ini makanan yang bisa membantumu mencukupi kebutuhan energi.

Makan berbagai jenis ikan

Olahan ikan [sumber gambar]
Ikan adalah pilihan makanan pertama yang bisa kamu konsumsi. Pada ikan, terdapat kandungan protein, omega 3, antioksidan, vitamin D, vitamin B2, dan mineral. Bahan makanan satu ini juga sudah pasti mudah didapatkan ya, baik di pasar maupun di supermarket, ikan tersedia dalam berbagai macam jenis. Selain kandungan di atas, ikan juga mengandung zat besi yang dapat membantu pembentukan sel darah merah. Dengan begitu, kamu tak akan lemas meski telah berpuasa lebih dari 12 jam lamanya.

Sayuran yang berdaun hijau

Sayuran hijau [sumber gambar]
Mengonsumsi sayuran hijau memang sangat berpotensi sekali meningkatkan kesehatan, terutama yang yang ada kaitannya dengan kesehatan darah. Mengapa? Sayuran hijau kaya akan vitamin dan mineral yang bermanfaat memompa produksi sel darah merah. Nah, salah satu jenis sayuran berdaun hijau yang kaya akan zat besi adalah bayam. Vitamin C yang ada di dalamnya juga mampu untuk membantu tubuh dalam menyerap zat besi secara maksimal. Bisa banget kamu kreasikan dengan sayur lain nih~

Tahu yang menjadi makanan sejuta umat

Olahan Tahu [sumber gambar]
Tahu adalah jenis bahan makanan yang bisa kamu temukan setiap hari. Dari tahu ini, aneka jenis makanan lezat juga bisa tercipta. Nah, ternyata, kandungan yang ada di dalam tahun ini sangat baik untuk meningkatkan sel darah merah. Karena ia merupakan makanan yang diolah dari kedelai, maka Sekitar 170 gram tahu mengandung 6 mg zat besi.

Jangan lupa, tambah sempurna dengan buah-buahan

Buah-buahan [sumber gambar]
Selain tiga jenis makanan di atas, jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan agar puasamu tambah kuat dan tidak lemas. Buah-buahan juga bisa membantu terbentuknya sel darah merah dalam tubuh loh. Kamu bisa memilih buah yang kaya air untuk mengatasi dehidrasi. Buah yang kaya air itu antara lain semangka, anggur, dan jeruk.

BACA JUGA: 4 Kebiasaan Makan Terburuk Saat Ramadan Ini Harus Kamu Hindari Kalau Ingin Selalu Sehat

Beberapa jenis menu makanan dan buah di atas juga bisa ditemukan di sekitar kita. Kamu hanya tinggal mengolahnya menjadi makanan yang lezat dan menggugah selera. Untuk puasa di Indonesia yang kurang lebih 12 jam, maka sangat sayang kalau kamu skip agenda makan sahur serta berbuka dengan makanan penuh gizi.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

4 Hal yang Dikhawatirkan Jika Usia 45 ke Bawah Boleh Beraktivitas di Masa Krisis Covid-19

5 Minuman Enak yang Cocok Dikonsumsi Selama Bulan Ramadan, Salah Satunya Bisa Cegah Corona