in

5 Minuman Enak yang Cocok Dikonsumsi Selama Bulan Ramadan, Salah Satunya Bisa Cegah Corona

Bulan ramadan di tahun 2020 ini bisa dibilang penuh dengan tantangan lantaran merebaknya wabah virus corona. Meski demikian, hal tersebut bukanlah menjadi penghalang bagi umat Islam untuk menjalankan kewajibannya dalam menunaikan ibadah yang telah disyariatkan seperti puasa dan kegiatan spiritual yang lainnya.

Untuk mendukung hal tersebut, mengonsumsi asupan bergizi menjadi salah satu hal yang diperhatikan. Salah satunya adalah minuman. Tak perlu mahal dan ribet, ada banyak jenis yang bisa dipilih sebagai menu saat berbuka puasa maupun sesudah sahur. Salah satunya menurut uji klinis bahkan bisa mencegah virus corona.

Teh hangat yang umum dinikmati di bulan ramadan

Teh hangat mampu melegakan tenggorokan [sumber gambar]
Teh hangat biasa menjadi minuman yang pas saat waktu berbuka puasa tiba. Selain mudah dibuat sendiri, bahan-bahannya pun mudah didapat karena banyak tersedia di pasaran. Menurut dr Titi Sekarindah, SpGK, dari Rumah Sakit Pusat Pertamina Kebayoran Baru, teh hangat juga bisa menghindarkan kita dari sakit tenggorokan. “Yang penting hangat biar tenggorokannya enggak sakit, ucapnya yang dikutip dari Health.detik.com (23/05/2019).

Sajian jus buah juga cocok untuk berbuka puasa

Kandungan jus jambu menurut penelitian berpotensi bisa cegah virus corona [sumber gambar]

Sajian berupa aneka jus juga bisa menjadi alternatif yang bagus untuk tubuh selama puasa. Bahkan di tengah wabah corona yang terjadi saat ini, jus jambu bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi. Hal ini diketahui dari hasil temuan Tim peneliti dari Universitas Indonesia (UI) dan Institut Pertanian Bogor (IPB), bahwa jambu biji ternyata memiliki senyawa yang potensial untuk cegah virus corona.

Olahan infused water untuk kembalikan stamina usai berpuasa

Infuses water yang kaya akan manfaat [sumber gambar]
Kandungan yang ada pada infused water, juga bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi selama bulan ramadan. Salah satu contohnya adalah air mentimun. Selain memulihkan tenaga, olahan yang ada pada minuman tersebut juga mampu memberikan asupan antioksidan, menurunkan tekanan darah dan menghindarkan tubuh dari kekurangan cairan yang menyebabkan dehidrasi.

Es buah yang menyegarkan juga bisa menjadi pilihan

Manfaat komplit dari kombinasi es buah [sumber gambar]
Selain menyegarkan, mengawali berbuka puasa dengan es buah ternyata memiliki beragam manfaat yang baik untuk tubuh. Selain rasa manis pada air berfungsi mengembalikan energi, campuran es buah juga dinilai komplit untuk tubuh. “Minum air manis membantu mengembalikan energi. Takjil es buah sudah komplet,” ucap Ahli gizi Ayu Bulan Febry yang dikutip dari Fajar.co.id (24/05/2018).

Kandungan air kelapa muda banyak memiliki manfaat untuk tubuh

Cairan elektrolit air kelapa sangat bermanfaat untuk tubuh [sumber gambar]
Ada banyak manfaat yang terkandung dalam air kelapa saat dikonsumsi menjelang buka puasa. Di balik rasanya yang segar, kandungan elektrolit dalam larutan air kelapa mampu menjaga keseimbangan otot dan sel-sel saraf agar semakin maksimal saat bekerja. Menurut Dr. Tirta Prawira Sari, MSc, SpGK yang berasal dari Yayasan Gema Sadar Gizi, air kelapa muda juga bisa mengatasi dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh.

BACA JUGA: Mengintip Menu Sahur dan Berbuka Ala 6 Artis Ini, Siapa Tahu Lebaran Bisa Secetar Mereka

Beberapa minuman di atas bisa menjadi pilihan sesuai selera saat akan berbuka puasa, maupun sebagai sajian bersantap sahur. Hanya saja, imbangi dengan makanan yang bergizi agar tubuh tetap prima saat menjalankan ibadah puasa. Mudah-mudahan, wabah yang ada juga bisa segera berlalu.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

3 Menu Ramadan yang Bantu Jaga Produksi Sel Darah Merah

Pilotnya Meninggal Dunia, 3 Fakta Kecelakaan Pesawat MAF yang Jatuh di Danau Sentani Papua