in

Melihat ‘Alquran Raksasa’ yang Digunakan Untuk Tadarus Ketika Ramadan di Banyuwangi

Alquran raksasa masjid Baiturrahman [Sumber gambar]

Tadarus merupakan salah satu kegiatan wajib yang mewarnai setiap masjid saat Ramadan tiba. Kegiatan membaca Alquran ini biasa dilakukan di malam hari setelah pelaksanaan tarawih usai. Kali ini, ada pemandangan unik saat tadarus di salah satu masjid di Banyuwangi, Jawa Timur. Kalau selama ini, orang yang tadarus membawa sendiri Alqurannya, di masjid Baiturrahman ini sudah disediakan mushaf dalam bentuk raksasa.

Tradisi membaca menggunakan mushaf raksasa ini sudah berlangsung selama beberapa tahun. Alquran dengan tinggi 210 sentimeter dan lebar 140 sentimeter (melebihi tinggi manusia) ini hanya dikeluarkan saat Ramadan dan Sya’ban saja. bobot Alquran ini mencapai 4 kuintal (400 Kg).

Alquran raksasa masjid Baiturrahman [Sumber gambar]
Bagaimana bisa ada quran raksasa ini? Kitab suci ini ternyata ditulis tangan oleh salah seorang warga Genteng sekaligus pengasuh di Pondok Pesantren Bustanul Makmur Genteng, Drs H. Abdul Karim pada tahun 2011 lalu. Pembuatannya berlangsung selama 6 bulan dengan menggunakan anggaran yang digunakan menggunakan APBD sekitar 183 juta, menurut pengakuan dari Sekretaris Umum Masjid Baiturrahman, Iwan Aziez Siswanto.

Uang 183 juta tersebut diperlukan untuk membeli 32 dus spidol kualitas terbaik dan tinta lebih dari 40 dus. Sedangkan kertasnya sendiri didatangkan langsung dari Jepang. Tidak seperti Alquran pada umumnya, kertas yang digunakan tak mudah sobek apalagi dimakan oleh rayap. Sebagai wadahnya, mushaf ini disimpan dalam kotak berwarna hijau yang terbuat dari kayu jati.

Alquran raksasa [Sumber gambar]
Mengenai proses tadarus dengan menggunakan Alquran ini, setiap malam akan didatangkan tujuh orang qori yang membaca secara bergantian sebanyak satu sampai tiga juz. Qori akan duduk di atas kursi yang sudah di sediakan dan membaca dengan khidmat. Selain qori, para pendengar –yang juga meneliti bacaan qori—akan duduk melingkar di bawah. Uniknya lagi, untuk membalik kitab ini, dibutuhkan dua orang, agar tidak kusut dan terlipat.

Orang yang membalik Alquran raksasa [Sumber gambar]
Selain ukurannya yang super jumbo, kitab yang diletakkan di lantai dua masjid Baiturrahman ini juga mempunyai anda akhir ayat setiap surat selalu berada di pojok halaman. Sehingga pembaca akan mengetahui surat apa yang akan mereka baca di halaman berikutnya.

BACA JUGA: Menakjubkan! Inilah 5 Al-Quran Terunik yang Dimiliki oleh Indonesia

Karena ukuran yang tak biasa, banyak sekali orang yang ingin melihat quran raksasa ini. Bahkan, beberapa dari mereka sengaja mengabadikannya dalam bentuk foto atau video. Ya, lebih baiknya enggak cuma mengabadikan sebagai kenang-kenangan, tetapi juga ikut menyimak atau mungkin membacanya sekalian.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Bukannya Bertaubat, 4 Orang Ini Malah ‘Mengotori’ Bulan Ramadan

Level Tajir Tasya Farasya: ‘Buang Duit’ Rp50 Juta untuk Semalam Nginap di Hotel Jepang