in

Inilah 5 Masjid paling Bersejarah di Indonesia

5. Masjid Kotagede Yogyakarta

Pada tahun 1640, Raja Kerajaan Mataram yang bernama Sultan Agung mendirikan sebuah masjid di Kotagede Yogyakarta. Masjid ini kemudian menjadi masjid tertua dan menyimpan nilai historical yang sangat kental bagi penduduk Yogyakarta. Sehingga sayang sekali jika ke Yogyakarta namun tak mampir ke masjid ini.

Masjid Kotagede Yogyakarta (c) wikipedia
Masjid Kotagede Yogyakarta (c) wikipedia

Arsitekturnya masih kental dengan khas bangunan Hindu-Budha, karena pada masa itu para pekerja yang mengerjakan pembangunan masjid ini kebanyakan masih beragama Hindu dan Budha. Kemudian ketika dakwah Islam sudah memasuki Yogyakarta maka berduyun-duyun masjid ini ramai karena banyak warga yang sudah memeluk Islam. Keunikan masjid ini adalah shalat terawih yang selalu diadakan pukul 00.00 tepat di setiap bulan Ramadhan.

Nah, itulah lima masjid paling bersejarah di Indonesia yang sampai saat ini masih berdiri kokoh dan anggun walau usianya tak lagi muda. Masjid-masjid yang memiliki nilai historis tinggi ini sudah selayaknya kita jaga dan rawat dengan baik, karena selain menyimpan sejarah peradaban Islam di masa lalu, juga karena masjid ini adalah rumah Allah, yang memang harus selalu kita hidupkan dengan berbagai ibadah yang bisa kita lakukan di dalamnya. (sof)

Baca Juga: 4 Amalan Istimewa di Hari Jum’at Yang Membuat Harimu Berkah

Written by Sofia Fitriani

Leave a Reply

10 Makam Misterius Dan Paling Berhantu di Dunia

Menghindarkan Diri dari Berbagai Penyakit (c) mezora

3 Manfaat di Balik Sejuknya Air Wudhu Bagi Kita