in

Inilah 5 Masjid paling Bersejarah di Indonesia

Masjid Raya Baiturrahman Aceh (c) wikipedia
Masjid Raya Baiturrahman Aceh (c) wikipedia

Indonesia memang sudah dikenal sebagai negara yang memiliki penduduk mayoritas memeluk agama Islam paling besar di dunia. Tak heran jika banyak sekali peninggalan sejarah yang merupakan sebuah masjid. Karena dahulu, saat masa kerajaan-kerajaan Islam berkuasa di Indonesia, para pemimpin kerajaan kala itu banyak membangun masjid yang merupakan tempat ibadah umat muslim. Masjid-masjid zaman kuno memiliki keindahan dan arsitektur yang khas, yang pada zaman modern sekarang sudah mulai banyak ditinggalkan.

Baca Juga: 5 Kisah Mengharukan Antara Muslim dan Yahudi

Namun bukan berarti bahwa kekunoan bentuk masjid menjadikan nilai keindahannya ikut hilang, justru nilai historisnya yang menjadi lebih kental, dan membuat banyak ummat muslim di Indonesia bahkan luar negeri selalu ingin mengunjunginya sebagai wisata religi atau memang sengaja ingin beribadah di sana.

Nah, berikut ini adalah lima masjid peninggalan sejarah Islam di Indonesia yang sangat direkomendasikan untuk kita kunjungi:

1. Masjid Raya Baiturrahman Aceh

Masjid ini dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612. Kemegahan masjid ini sudah sangat mendunia. Arsitekturnya yang sangat kental khas Aceh membuat masjid ini menjadi icon bagi Aceh.

Masjid Raya Baiturrahman Aceh (c) wikipedia
Masjid Raya Baiturrahman Aceh (c) wikipedia

Masjid megah ini juga menyimpan kisah menakjubkan pada tahun 2004 lalu, yaitu saat Tsunami dahsyat meluluh-lantakkan Aceh. Bangunan-bangunan hancur tak berbentuk, namun masjid Baiturrahman tetap berdiri dengan kokoh dan anggun, bahkan dijadikan tempat perlindungan bagi para warga yang berhasil menghindarkan diri dari arus tsunami yang begitu dahsyat kala itu.

Selanjutnya: Masjid Istiqlal Jakarta

Written by Sofia Fitriani

Leave a Reply

10 Makam Misterius Dan Paling Berhantu di Dunia

Menghindarkan Diri dari Berbagai Penyakit (c) mezora

3 Manfaat di Balik Sejuknya Air Wudhu Bagi Kita