in

Daun Sambiloto, Si Pahit yang Dibenci Tapi Miliki Berjuta Manfaat

Kalau mendengar nama sambiloto, apa yang kalian pikirkan? Mungkin sebagian besar akan meringis karena tidak tahan akan rasanya yang pahit. Ya, memang sambiloto dari dulu terkenal dengan pahitnya ketika diramu menjadi jamu. Oleh karena itu, banyak orang yang tidak terlalu suka dengan tanaman satu ini.

Tapi, jika kalian telusuri lebih dalam, sambiloto mempunyai manfaat besar di baliknya. Bahkan penyakit-penyakit parah pun dapat ia sembuhkan. Kalau kalian tidak percaya, coba simak ulasan berikut ini.

Diabetes pun kalah dengan pahitnya sambiloto ini

Manfaat pertama yang bisa kita dapatkan dari daun sambiloto adalah dapat menyembuhkan diabetes. Ya, khasiat satu ini ternyata sudah dirasakan sejak dulu oleh nenek moyang kita lho Sahabat Boombastis. Dilansir dari ginanjarherbal.com, kalau nenek moyang dulu merebus segenggam daun sambiloto kering ke dalam tiga gelas air hingga tersisa satu wadah saja.

Dapat mengobati diabetes [Sumber Gambar]
Nah, ramuan tersebut diminum tiga kali dalam sehari. Nanti akan dirasakan beberapa efek sampingnya yaitu mudah haus, sering buang air kecil hingga pandangan mata kembali cerah karena kadar gula darah sudah mulai berkurang. Bagus banget nih untuk kalian yang mempunyai gejala atau menderita penyakit satu ini.

Punya asam urat? Bisa diobati dengan daun sambiloto

Selain diabetes, asam urat juga dapat diobati oleh daun sambiloto ini. Hal tersebut juga sudah diamini oleh Iskandar selaku Herbalis di Kompleks Pertama Ancol, Jakarta Utara. Selain itu, dr. Erna Cipta Fahmi selaku Herbalis dan dokter umum di Ciputat, Tangerang juga berpendapat yang sama.

Menyembuhkan asam urat [Sumber Gambar]

Bahkan, kedua ahli tersebut telah menciptakan kapsul dari daun sambiloto untuk mengobati penyakit satu ini Sahabat Boombastis. Nah, bagi kalian yang tidak bisa minum kapsul, daun sambiloto bisa diramu sendiri kok. Caranya adalah dengan merebus daun sambiloto di 300 ml air dan tunggu hingga mendidih. Jika sudah, saring hasil rebusannya dan kemudian minum airnya setiap hari.

Amandel mampu dibasmi oleh daun sambiloto

Seperti yang kita tahu kalau amandel sangat susah untuk disembuhkan. Biasanya, kalau sudah mengganggu si penderita atau ukurannya terlalu besar, maka satu-satunya jalan hanyalah operasi.

Mampu mengempiskan amandel [Sumber Gambar]
Tapi menurut Soetresno, selaku tim dari Asosiasi Pengobatan Tradisional Ramuan Indonesia (ASPETRI) mengemukakan jika sambiloto mampu mengecilkan ukuran dari amandel. Caranya adalah dengan merebus daun sambiloto secukupnya ke air mendidih. Kemudian air rebusannya diminum dua kali dalam sehari. Tapi jangan lupa untuk diberikan setiap hari secara teratur agar amandel bisa lebih cepat untuk kempes.

Penderita penyakit paru-paru bisa konsumsi ramuan dari tanaman pahit ini

Soetresno juga mengungkapkan lagi jika daun sambiloto juga berfungsi sebagai media penyembuhan dari penyakit paru-paru Sahabat Boombastis. Bahkan tidak hanya satu macam penyakit paru-paru saja, namun ada tiga jenis yang dapat disembuhkan. Itu adalah abses dan tumor paru, tuberkulosis hingga pneumonia.

Ilustrasi tuberkulosis paru [Sumber Gambar]
Kepada jitunews.com, ahli pengobatan tradisional tersebut mengungkapkan metode penyembuhan penyakit paru ini cukup mudah. Caranya adalah panaskan tiga lembar daun sambiloto sampai keadaannya layu. Lalu kalau sudah, dicampur dengan pisang kemudian bisa langsung dikonsumsi.

Penyakit mematikan ini tak luput diobati oleh daun sambiloto

Apabila mendengar kanker, di pikiran kita sudah terlintas hal yang tidak-tidak. Kesembuhan yang mustahil dan bahkan kematian. Tapi kali ini Tuhan tidak membiarkan manusia berputus asa karena penyakit tersebut karena ada daun sambiloto yang bisa jadi perantara pengobatan. Berdasarkan temuan para pakar di Jepang, sambiloto bisa mengobati penyakit ini dikarenakan adanya senyawa andrographolide yang berfungsi meningkatkan antibodi dan juga sebagai agen antioksidan. Namun untuk sementara ini, penyakit yang bisa diobati oleh sambiloto hanyalah kanker payudara dan lambung saja Sahabat Boombastis. Untuk jenis kanker lainnya masih butuh penelitian lebih lanjut.

Ilustrasi kanker lambung [Sumber Gambar]
Nah, jika ada kerabat kalian yang mengalami kedua penyakit tadi, bisa coba cara ini. Siapkan 10 gram daun sambiloto kering, 5 gram daging buah mahkota dewa, 15 gram daun dewa dan 15 gram umbi kunyit putih. Kemudian cuci semua bahan di atas dan tiriskan. Lalu, iris daging buah mahkota dewa. Selanjutnya, masukkan semua bahan ke dalam wadah berbahan tanah liat atau kaca tahan panas. Lalu, tambahkan air 5 gelas, tutup, kemudian didihkan. Tunggu air menyusut hingga meninggalkan 2 gelas saja. Setelah mendidih, saring ramuan sambiloto tadi dan minum sekali habis dalam keadaan hangat. Ulangi cara yang sama tiga kali dalam sehari. Mungkin metode penyembuhan menggunakan sambiloto untuk kanker ini membutuhkan waktu lama. Namun tidak ada salahnya untuk dicoba.

Itulah tadi fungsi dari daun sambiloto. Meski pahit, ternyata khasiatnya sangat luar biasa. Namun perlu diingat, jika ingin menggunakan daun sambiloto untuk menyembuhkan suatu penyakit sebaiknya dikonsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Alasannya karena jika daun sambiloto tidak cocok bagi tubuh pengonsumsi, akan menimbulkan beberapa efek samping. Yakni bisa menurunkan fungsi sel pankreas, menurunkan kadar gula dalam darah yang mengakibatkan penyakit hipoglikemia lalu bisa juga over dosis.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

5 Benda Bumi Ini Disebut Berasal dari Surga, Salah Satunya Banyak Ditemukan di Indonesia

Menilik Tanggal ‘Cantik’ dan Weton Milik Anak Pertama Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution