in

5 Benda Bumi Ini Disebut Berasal dari Surga, Salah Satunya Banyak Ditemukan di Indonesia

Surga adalah tempat terakhir yang ingin dituju semua orang karena semua jenis kenikmatan ada di dalamnya. Walaupun masih menjadi misteri hingga kini, Nabi Muhammad sendiri mengatakan bahwa di surga semua keindahan tak pernah terbayangkan sebelumnya, ada banyak bidadari, serta segala macam jenis buah dan tumbuhan.

Tapi, tahukah kamu jika ada benda yang berasal dari surga terdampar di bumi kita. Bahkan, salah satu di antara 5 item yang akan Boombastis bahas ini bisa ditemukan di Indonesia. Apa saja kira-kira? Agar tak penasaran, mari simak uraian di bawah ini!

Batu hitam ‘Hajar Aswad’ di tanah suci

Batu Hajar Aswad [Sumber gambar]
Orang muslim pasti sangat mengenal apa itu Hajar Aswad, batu hitam yang menempel di salah satu bagian kakbah di tanah suci. Batu ini ternyata mulanya berasal dari surga. Dalam satu riwayat hadits, Hajar Aswad dibawa langsung oleh Malaikat Jibril As dan diserahkan kepada Nabi Ismail AS dan Ibrahim AS sewaktu membangun kakbah. Rosulullah juga pernah mengatakan dalam sebuah haditsnya. Beliau menuturkan jika Hajar Aswad sebenarnya memiliki warna yang lebih putih daripada salju, lalu dosa para manusialah yang membuat ia hitam seperti sekarang.

Batu maqam nabi Ibrahim di tanah suci

Maqam Ibrahim [Sumber gambar]

Masih berada di tanah suci, maqam nabi Ibrahim ini letaknya ada di salah satu sisi kakbah. Pada maqam ini terdapat bekas tapak kaki nabi Ibrahim. Dulunya, maqam yang berbentuk batu ini digunakan sebagai pijakan untuk membangun kakbah. Hebatnya, fungsinya sama seperti katrol masa kini, saat nabi Ibrahim ingin meletakkan batu di tempat yang tinggi ia akan mengangkat sang nabi naik, begitupun setelah selesai ia akan turun dengan sendirinya.

Daun Tin yang menjadi busana nabi Adam

Daun dan buah tin [Sumber gambar]
Pohon Tin adalah salah satu tanaman yang disebutkan dalam Al-quran sebagai tumbuhan yang diberkahi. Saat nabi Adam memakan buah khuldi dan terbuka semua auratnya, ia mencari dedaunan yang bisa menutupi tubuhnya. Sayang, ketika hendak diambil daun pun menjauh, hanya ada satu yang merasa iba dan rela diambil oleh nabi Adam yaitudaun pohon Tin. Karena sangat berjasa kepada sang nabi, ketika diturunkan ke bumi Allah anugerahkan kepada pohon Tin ini buah yang manis dan tanpa biji.

Kayu gaharu yang banyak ditemukan di Indonesia

Kayu Gaharu [Sumber gambar]
Kayu gaharu adalah salah satu tanaman yang  berasal dari surga dan disebut dalam hadits shohih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori. Gaharu ini banyak ditemukan di Indonesia (Borneo, Merauke, Sulawesi, serta di Pulau Sumatra). Ia memecahkan rekor sebagai kayu paling mahal di dunia, karena mengandung gupal sehingga bisa dibanderol puluhan juta per kilonya. Dari kayu gaharu juga bisa dihasilkan produk bisa berupa dupa, gelang, kalung dan tasbih gaharu. Selain itu, ia bisa dijadikan sebagai obat-obatan dan kosmetik karena mengandung resin yang berbau harum. Ya iyalah, wong asalnya saja dari tempat paling indah dalam semesta.

Cincin manusia terkaya, nabi Sulaiman

Ilustrasi bentuk cincin Nabi Sulaiman [Sumber gambar]
Seperti yang kita ketahui bahwa nabi Sulaiman adalah orang yang sangat kaya pada masanya berkuasa. Selain itu, ia memiliki mukjizat istimewa di mana bisa berbicara dengan hewan, memerintah jin, dan semua makhluk bisa tunduk kepada perintahnya, termasuk awan dan malaikat. Ternyata, apa yang dianugerahkan Allah tersebut berasal dari cincin yang beliau kenakan. Ketika cincin tersebut dikenakan, ia akan mengumpulkan para jin, manusia, burung, angin, setan dan awan. Cincin ini istimewa karena setiap sisinya tertulis pujian yang mengagungkan Allah sang pencipta alam semesta.

Itulah lima benda yang disebut berasal dari surga. Khusus untuk kayu gaharu yang asalnya dari Indonesia mungkin sudah sulit ditemukan karena terus diburu oleh manusia sehingga menjadi langka. Benda yang lain bisa dengan mudah kamu temukan saat berkunjung ke tanah suci Makkah, karena di sanalah tempat mereka diturunkan.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Dijanjikan Bermain di Tim Utama, Namun Beginilah Nasib Egy Maulana Saat di Polandia

Daun Sambiloto, Si Pahit yang Dibenci Tapi Miliki Berjuta Manfaat