in

Dianggap Hewan Menjijikkan, Cacing Tanah Punya Beragam Manfaat Bagi Kesehatanmu

Pernah dengar kalau ekstrak cacing bisa sembuhkan penyakit tipes? Hmm.. mungkin sebagian besar dari kalian sudah pernah tahu ya tentang hal satu ini. Ya karena banyak orang berpendapat kalau hewan menjijikkan ini dapat menyembuhkan penyakit satu ini. Bahkan, pemulihannya dianggap lebih cepat ketimbang melalui pengobatan dokter.

Namun hal ini tak sejalan dengan pendapat Dokter Anita dari meetdoctor. Kepada viva.co.id, ia mengutarakan jika sampai saat ini masih belum ada penelitian kalau ekstrak cacing bisa sembuhkan tipes. Kalau ingin cepat sembuh, penderita tipes disarankan mengonsumsi makanan lunak yang tinggi kalori dan protein. Selain itu pengidap tipes juga sebaiknya banyak istirahat total. Tapi, hal ini juga disanggah oleh seorang dosen yang melakukan penelitian tentang cacing tanah dari tahun 2002 lalu.

Banyak senyawa atau kandungan yang baik untuk kesehatan di dalam tubuhnya

Nah, baru-baru ini ada Dr Zohra Hasyim selaku peneliti invertebrata Laboraturium Zoologi Universitas Hasanudin yang membuat penelitian tentang cacing tanah. Uniknya, pada penelitiannya ia menemukan jika cacing tanah mempunyai kandungan 76% protein murni.

Dr Zohra peneliti cacing tanah [Sumber Gambar]
Selain itu ada asam amino serta senyawa antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Selanjutnya, ada omega tiga yang dapat mengelastiskan saraf tegang dan menghambat tekanan darah tinggi. Lalu ada kandungan enzim lumbrokinase yang mampu membongkar gumpalan darah.

Dapat menyembuhkan beragam penyakit

Melihat banyaknya senyawa yang ada pada hewan menjijikkan tersebut, Dr Zohra mengungkapkan ternyata cacing tanah bisa menghambat perkembangan bakteri salmonella. Jadi penyakit tipes yang disebabkan karena bakteri salmonella ternyata bisa disembuhkan lho Sahabat Boombastis.

Bisa menyembuhkan sakit tipes [Sumber Gambar]

Sementara itu, bakteri escherichia coli staphylococcus juga dapat ditekan pertumbuhannya sehingga bisa memulihkan gangguan pernapasan. Nah, menariknya lagi cacing tanah juga bisa jadi media penyembuhan untuk penderita stroke, demam, sakit kepala, tekanan darah tinggi, diabetes serta serangan jantung.

Ramuannya bisa dibuat sendiri di rumah lho

Jika kalian tertarik setelah melihat kandungan serta fungsinya, ternyata menurut dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di Universitas Hasanudin tersebut bisa dibuat sendiri di rumah lho ekstraknya. Asalkan kalian tidak jijik ya. Jadi, untuk cara mengolahnya adalah bersihkan dulu cacing tanahnya kemudian keluarkan isi perutnya.

Ekstrak cacing tanah bisa dibuat sendiri [Sumber Gambar]
Kalau sudah, rebus sampai airnya mendidih. Setelah itu kalian bisa minum air rebusannya tersebut untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta menghambat pertumbuhan bakteri. Tapi belakangan ini, Dr Zohra kabarnya sedang mengembangkan ekstrak cacing tanah tersebut untuk dibuat dalam bentuk kapsul. Sehingga kita enggak perlu repot lagi deh mengolahnya secara manual.

Dari ulasan di atas, kita bisa menyimpulkan kalau ternyata cacing tanah bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit tipes. Namun menurut Dr Zohra kepada fajaronline.co.id, jika sebaiknya cacing tanah yang digunakan untuk obat merupakan hasil budidaya. Dikarenakan cacing tanah yang dibudidaya dinilai lebih aman lantaran diberi makanan khusus. Sedangkan cacing tanah liar ditakutkan sudah terkontaminasi oleh belerang, zat non-logam atau bahan karsinogen akibat limbah. Jadi kalau ingin lebih aman sih membeli kapsulnya saja Sahabat Boombastis.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Bertahan Hidup Dengan Seteguk Air, Suharti Sisakan Cerita Pedihnya di Rinjani

Menyedihkan, Mempunyai Klub Baru Namun Ezra Walian Harus ‘Melupakan’ Timnas