in

Bawang Lanang, Si Kecil yang Terlupakan Namun Punya Manfaat Besar di Dalamnya

Bawang lanang. Mungkin kalian masih asing dengan bumbu dapur yang satu ini. Alasannya karena kita hanya tahu bawang putih, merah atau bombay saja. Sebab, hanya bawang-bawang itulah yang sering dipakai di kehidupan sehari-hari.

Namun jangan salah Sahabat Boombastis, bawang lanang ini ternyata banyak digunakan di beberapa daerah. Bukan hanya untuk bumbu dapur saja, tapi juga berfungsi sebagai perawatan kesehatan. Bahkan bisa dibilang, anak dari bawang putih itu memiliki khasiat untuk merawat tubuh dari ujung kepala sampai kaki lho. Kalau tidak percaya, simak ulasan di bawah ini ya.

Tingkat kolesterol bisa diturunkan oleh bawang kecil ini

Bisa menurunkan tingkat kolesterol [Sumber Gambar]
Siapa sangka, meskipun bentuknya sangat kecil, bawang lanang ternyata mampu untuk menurunkan tingkat kolesterol lho. Bersumber dari Naturally Yours, kalau bawang putih tunggal ini mampu menekan kolesterol hingga 20 mg/dl. Dengan begitu, penyakit jantung dan darah tinggi juga dapat dihindari karena bawang lanang ini. Nah, jika kalian punya penyakit kolesterol, bisa dicoba mengolah bawang kecil tersebut. Caranya adalah konsumsi tiga atau empat siung bawang lanang setiap harinya. Tapi, jangan lupa, perut harus dalam keadaan kosong ya.

Sel kanker pun tidak berani dengan bawang lanang

Mencegah pertumbuhan sel kanker [Sumber Gambar]

Penyakit kanker pun juga bisa dicegah oleh bawang lanang ini. Sebab, dilansir dari HerbalFor kalau kandungan sulfida yang ada di dalamnya dapat membantu hati melawan senyawa kimia beracun dan penyebab kanker. Sehingga, tubuh kalian akan lebih bugar dan terhindar dari risiko penyakit mematikan nomor satu di dunia tersebut. Untuk itu, kalian bisa mengonsumsi tiga atau empat siung bawang lanang setiap harinya. Mungkin rasanya agak aneh, namun tahan saja demi melawan sel kanker.

Influenza tidak akan betah tinggal di tubuh kalian

Menyembuhkan penyakit flu [Sumber Gambar]
Bukan hanya penyakit berat, ringan pun juga dapat diatasi oleh si bawang lanang. Salah satunya adalah dapat menyembuhkan influenza yang dapat menyerang kapan dan di mana saja. Penyakit membandel ini dapat jadi penyembuh lantaran dilansir dari Healing Herbal Information, aroma menyengatnya bisa menstimulasi membran mucous yang ada pada sistem pernapasan. Sehingga, pernapasan bisa menjadi lebih lega. Nah, supaya kalian bisa lebih cepat sembuhnya dari flu, bisa membuat olahan bawang lanang dengan mudah. Caranya hanya cukup rebus bawang lanang bersama cuka dan gula, lalu minum satu sendok rutin setiap pagi.

Katakan good bye pada sifat pelupa

Mempertajam ingatan [Sumber Gambar]
Lalu, bawang lanang ternyata juga bisa meremajakan otak alias tidak gampang lupa. Pernyataan ini sudah diamini oleh Dr. Saito, seorang peneliti asal Jepang. Pada beberapa percobaan yang telah dilakukan di Universitas Tokyo sudah mencatat kalau ekstrak dari bawang putih tunggal tersebut dapat menekan kerusakan sel neuron pada otak dan juga merangsang pertumbuhannya. Oleh karena itu, bawang lanang ini sangat cocok diberikan kepada semua kalangan khususnya usia lanjut. Jadi, jika kalian menginginkan ingatan yang tajam, bisa mencoba olahan dari bawang lanang. Caranya sama kok seperti pencegahan kanker.

Cacing pita tidak akan singgah ke tubuh kalian

Menghambat pertumbuhan cacing pita [Sumber Gambar]
Jika rutin mengonsumsi bawang lanang setiap hari, maka kemungkinan untuk terkena cacingan akan menjadi lebih kecil Sahabat Boombastis. Sebab, kandungan sulfidanya sangat berperan sebagai anti cacing. Hal ini pun juga dituliskan pada sebuah artikel yang berjudul Garlic as an Antinematodal Agent di Aquarium Fish, November 1995. Di sana ditunjukkan bahwa bawang lanang mampu menghambat pertumbuhan cacing pita dalam saluran pencernaan. Sehingga, jika kalian tidak ingin cacing bertamu pada tubuh, bisa konsumsi tiga sampai empat siung bawang lanang setiap harinya.

Bawang lanang yang sering kali disepelekan, ternyata mempunyai banyak manfaat. Mulai dari pencegahan cacingan sampai penurunan tingkat kolesterol. Nah, bagi kalian yang ingin merasakan manfaatnya, bisa beli bawang lanang ketika belanja. Hanya dengan mengonsumsinya beberapa kali, tubuh kalian akan terhindar dari risiko penyakit-penyakit berat.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

5 Artis yang Terjerat Narkoba Ini Hanya Divonis Beberapa Bulan Penjara, Kata Netizen: Ckckck

Dijuluki Sang ‘Siluman Hitam’ Begini Sangarnya Pengawal Presiden RI Saat Sedang Bertugas