in

5 Artis yang Terjerat Narkoba Ini Hanya Divonis Beberapa Bulan Penjara, Kata Netizen: Ckckck

Artis dan narkoba, bukan lagi sebuah korelasi yang asing dalam masyarakat Indonesia. Pada awal 2000an saja sudah ada sekitar 3-5 artis yang bolak-balik tercyduk menggunakan narkoba, dilansir dari detik.com. Hal tersebut berakar pada tahun 2018, belum mencapai tengah tahun, sudah ada 10 nama artis yang dilaporkan pada BNN.

Kini, mereka sedang berjuang di lapas dan menunggu keputusan vonis yang akan diberikan. Namun, kadang-kadang, vonis yang diberikan hakim kurang memberikan efek jera, karena tak hanya satu sampai dua artis saja yang tercdyuk melakukan hal yang sama berulang-ulang. Dalam ulasan berikut ini, Boombastis.com akan merangkum siapa saja artis yang hanya mendapat vonis ringan ketika sudah berurusan dengan narkoba.

Fachri Albar, vonis 7 bulan rehabilitasi dipotong masa tahanan

Aktor sekaligus suami dari Renata Kusmanto ini sedang jadi sorotan. Pasalnya, vonis yang diberikan hakim sudah diketok palu. Diwartakan oleh Kompas.com, Fachri Albar menerima vonis yang lebih rendah dari tuntutan jaksa, yakni 9 bulan rehabilitasi dikurangi masa tahanan.

Fachri Albar dan Narkoba [sumber gambar]
Padahal Ai—panggilan Fachri Albar, telah mengonsumsi narkoba dari tahun 2015 hingga memiliki ruangan khusus untuk hal tersebut. Setelah vonis 7 bulan rehabilitasi dikurangi masa tahanannya keluar, ia tersenyum lega. Renata Kusmanto sendiri mengaku puas dan menyatakan pada media bahwa Ai tak akan terjerumus narkoba lagi, “dia sudah kapok,” tandasnya.

Jennifer Dunn, divonis 8 bulan penjara padahal sudah tiga kali terjerat narkoba

Meski putusan hakim untuk vonis Jennifer Dunn belum keluar, tetapi ketika tuntutan tersebut dibacakan pada sidangnya, banyak orang yang merasa tak terima. Terutama Shafa Harris, anak dari Sarita Abdul Mukti dan Faisal Harris yang dihancurkan oleh Jennifer Dunn (Jedun). Ia terjerat narkoba pada awal tahun 2018 dan sudah menjadi kasus yang ketiga kalinya.

Jedun dan Narkoba [sumber gambar]

Tak hanya mendapat vonis ringan, Jedun dipercaya juga menerima fasilitas ekslusif di dalam penjara, seperti yang sudah Boombastis.com ulas dalam artikel berjudul Banyak Diberi Keistimewaan, 5 Hal Ini Didapat Jennifer Dunn Selama di Bui Hingga Sidang. Netizen pun menyimpulkan bahwa ada kekuatan uang di balik vonis serta fasilitas yang didapatkan oleh Jedun.

Axel Matthew Thomas, vonis yang didapat lebih ringan dua bulan

Memang apa yang dilakukan Axel Matthew Thomas—putra Jeremy Thomas terhadap narkoba tidak separah Fachri Albar atau Jedun. Namun, yang namanya narkotika ya memang sudah sepatutnya dihukum dengan ketentuan yang ada. Axel diketahui memesan narkoba jenis happy five di Bandara Soekarno Hatta pada 2017 silam, seperti yang ditulis liputan6.com.

Axel Matthew Thomas dan Narkoba [sumber gambar]
Ketika didatangi satuan narkoba, ia pun mencoba kabur. Tuntutan jaksa terhadap Axel Matthew Thomas sebenarnya adalah 6 bulan penjara, tetapi hakim mengetok palu hanya untuk 4 bulan penjara dipotong masa tahanan. Sehingga, setelah sidang putusan, Axel pun dinyatakan bebas.

Tora Sudiro, hanya direhabilitasi selama satu minggu

Akhir tahun 2017 merupakan waktu terberat bagi Tora Sudiro. Kala itu, kediamannya dengan Mieke Amalia digrebek dan polisi menyita barang bukti berupa 30 butir psikotropika jenis durmolid, dikutip dari liputan6.com. Awalnya, Tora Sudiro terancam divonis 5 tahun penjara, sedangkan Mieke Amalia dinyatakan bebas karena tidak memiliki barang bukti.

Tora Sudiro dan Narkoba [sumber gambar]
Namun, ketika ia meminta untuk penangguhan hukuman, di saat bersamaan filmnya yang berjudul Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 tayang, permohonan tersebut dikabulkan. Ia pun menjalani rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur selama satu minggu dan dipulangkan di kemudian harinya.

Riza Shahab, divonis rawat jalan tanpa penahanan

Pada April 2018 lalu, seorang artis bernama Riza Shahab juga ditangkap karena kasus narkoba. Dikutip dari kompas.com, Riza Shahab diamankan ketika sedang pesta sabu dengan 5 orang temannya. Namun, ketika ia meninggalkan Polda Metro Jaya, putusan terhadapnya hanya berbunyi rawat jalan tanpa penangkapan.

Riza Shahab dan Narkoba [sumber gambar]
Padahal, ketika tes urin jelas-jelas hasilnya positif. Hal tersebut dikarenakan, saat ditangkap Riza Shahab kedapatan tidak membawa barang bukti. Sehingga, terhitung dari 16 April 2018, ia sudah menjalani rehabilitasinya.

Selama ini, kebijakan tentang hukuman narkoba pada para artis memang masih simpang siur. Ada yang beruntung seperti 5 orang di atas, ada juga yang harus mendekam di penjara hingga bertahun-tahun seperti Revaldo, atau Tio Pakusadewo yang divonis 6 tahun penjara. Ya, mari berharap saja agar artis-artis ini berhenti memiliki ketergantungan obat dan jauh dari narkoba agar bisa menjadi influencer yang baik bagi masyarakat.

Written by Harsadakara

English Literature Graduate. A part time writer and full time cancerian dreamer who love to read. Joining Boombastis.com in August 2017. I cook words of socio-culture, people, and entertainment world for making a delicious writing, not only serving but worth reading. Mind to share your thoughts with a cup of asian dolce latte?

Leave a Reply

Dari Jalanan Sampai Korban Perang, 5 Pemain Top Ini Memiliki Riwayat Hidup yang Kelam

Bawang Lanang, Si Kecil yang Terlupakan Namun Punya Manfaat Besar di Dalamnya