in

4 Menu Buka yang Bisa Membantu Memperlancar BAB selama Puasa

Salah satu proses alamiah tubuh yang wajib kita lakukan adalah buang air besar alias BAB dengan lancar setiap hari. Karena bayangin deh kalau satu atau dua hari aja kita nggak bisa BAB, bisa cranky alias galak seharian! Perut begah, suasana hati berantakan, dan akhirnya kegiatan kita nggak lancar, maka dari itu wajib untuk menjaga pencernaan agar tetap sehat termasuk saat puasa.

Ternyata puasa juga punya pengaruh yang signifikan lho terhadap pencernaan kita, jika biasanya kita sibuk mengunyah makanan setiap jam kali ini nggak boleh. Tentu organ yang bertugas bisa ‘kaget’ termasuk bagaimana pola BAB-mu sehari-hari. Selain minum cukup dan makan buah, ada beberapa menu buka puasa yang bisa kamu coba agar si usus besar terhindar ‘macet’ saat puasa. Cek di bawah yuk!

Kolak ubi

Selain melancarkan, kenyangnya juga dapet! [sumber gambar]
Ramadan dan kolak adalah dua hal yang tampaknya nggak bisa dipisahkan, apalagi saat awal bulan suci tiba hampir dipastikan menu yang satu ini selalu ada. Ternyata selain enak, ubi yang dimasukkan ke dalam kolak akan membantu pencernaanmu lancar. Hal ini dikarenakan kandungan serat tinggi yang dimiliki oleh ubi.

Es buah apel dan pir

Warnanya yang cerah juga bikin semangat kan makannya! [sumber gambar]

Selain rasanya yang segar, dua buah ini juga punya kandungan air yang baik lho untuk pencernaanmu! Manisnya yang pas nggak hanya akan sampai ke perut dengan rasa yang enak, ternyata mereka juga bisa menghancurkan racun yang ada dalam pencernaan.

Oatmeal dengan berry

Walaupun biasanya buat sarapan, coba deh buat buka puasa! [sumber gambar]
Jika biasanya kamu mengonsumsi oatmeal manis untuk sarapan, kali ini coba deh jadikan kudapan yang satu ini sebagai pembuka puasa! Oatmeal dengan kandungan serat yang tinggi jelas membuat pencernaanmu lebih lega dalam jangka waktu lama. Apalagi jika ditambah dengan buah berry yang mengandung antioksidan.

Sayuran hijau bening

Segar dan hangatnya nggak bikin perut kaget [sumber gambar]
Sejak kecil kita memang sudah ‘dipaksa’ untuk makan sayur hijau, ada nggak nih yang sampai sekarang tak suka? Kalau belum banyak mengonsumsi sayur, coba deh nanti saat buka puasa membuat sayur hijau bening seperti bayam. Selain rasanya yang ringan, banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan pencernaanmu.

BACA JUGA: 4 Kebiasaan Makan Terburuk Saat Ramadan Ini Harus Kamu Hindari Kalau Ingin Selalu Sehat

Menjaga stamina dan kesehatan saat puasa ternyata susah-susah gampang juga ya! Apakah kamu salah satu orang yang ternyata punya masalah pencernaan saat puasa? Semoga beberapa menu diatas bisa jadi inspirasimu untuk berbuka nanti!

Written by Fany

Leave a Reply

5 Kisah dari Mereka yang Tetap Berjuang Mencari Nafkah di Tengah Wabah Covid-19

Rawan Bikin Gangguan Pencernaan, 5 Jenis Makanan Ini Tidak Cocok Dimakan Langsung Saat Perut Kosong