in

Lontong Balap Surabaya, Kuliner yang Enaknya Bukan Bualan Belaka

Surabaya menang kaya akan sajian kuliner bahkan beberapa hidangan khasnya sudah terkenal di seantero Nusantara. Sebut saja Lontong Balap, kamu mungkin bisa menemukannya di berbagai kota besar. Namun, nggak ada yang mengalahkan sensasi dari Lontong Balap di daerah asalnya, tentu saja Surabaya. Kamu akan menemukan cita rasa asli yang langsung menggugah selera. Ya, seperti jatuh hati pada pandangan pertama, kamu nggak akan tahan untuk berlama-lama memandangi kuah kecoklatannya dan ingin buru-buru melahap hidangan lontong balap di depanmu.

Dibanding beberapa kuliner lain, lontong balap termasuk legendaris dan sudah ada sejak zaman dulu. Konon para penjual kuliner itu berjalan cepat sambil memikul dagangan mereka untuk berebut pembeli di Pasar Wonokromo. Nah, dari situlah muncul kesan balapan di antara para penjual hingga akhirnya disematkan nama lontong balap. Kamu yang asli Arek Suroboyo pasti tahu dong dengan cerita itu.

Lontong balap [image source]
Lontong balap [image source]

Lontong balap memiliki kuah manis yang rasanya muncul dari bahan kecap. Sedangkan isiannya terdapat tahu, lontong, dan setumpuk tauge, lengkap dengan lentho goreng yaitu semacam gorengan yang terbuat dari kacang tolo yang dibuat menjadi adonan dengan tambahan singkong parut, kecap hingga putih telur. Lentho inilah yang paling dicari dari seorang penikmat lontong balap.

Tentu ada banyak sekali penjual lontong balap di Surabaya. meski menjual makanan yang sama, tapi rasa yang ditawarkan oleh masing-masing warung bisa beda-beda. Dalam hal ini pengetahuan dan penggunaan bumbu sangat mempengaruhi cita rasa. Salah satu warung yang konsisten menyuguhkan rasa yang mantap adalah lontong balap Pak Gendut. Lokasinya ada di Jl. Kranggan No.60, Surabaya. Tentu masih ada banyak sekali sajian khasnya, jika kamu ingin tahu puluhan
kuliner surabaya lainnya simak informasi selengkapnya di sini.

Written by Febri

Leave a Reply

Scaphism, Metode Eksekusi ala Persia Kuno yang Menyenangkan Sekaligus Mematikan

Inilah Bukti Kalau Nenek Moyang Orang Madagaskar Berasal dari Indonesia