in

Tak Pernah Di Sangka, Inilah Sosok di Balik Logo Rambo Pendukung Persebaya yang Ikonik

Selain suguhkan pertandingan yang seru. Derby Jawa Timur antara Persebaya vs Arema kemarin juga pertontonkan aksi menawan dari pendukung tim Bajol Ijo (Bonek). Sepanjang 90 menit mereka tak berhenti bernyanyi dan betangkan gambar 3D yang imajinatif. Dari beberapa aksi koreo, munculnya ilustrasi logo Bonek berupa lelaki memakai ikat kepala dan berteriak adalah yang paling menakjubkan.

Gambar logo ikonik Bonek itu membentang bermeter-meter hingga menutup tribune belakang gawang. Sebagai lambang untuk para pendukung Persebaya, logo itu sudah ada sejak lama. Tercatat saat era Perserikatan awal mula kemunculannya. Mengangkat salah satu tokoh besar Surabaya, logo ini, kini selalu jadi kebanggaan dan gambaran semangat Bonek. Lalu siapa sih sebenarnya orang di gambar tersebut. Penasaran? Yuk simak ulasan berikut sobat olahragaku.

Pria yang jadi cikal bakal lambang Bonek itu adalah Dahlan Iskan

Dahlan Iskan [Sumber Gambar]
Sepak bola zaman perserikatan adalah awal kemunculan lambang ikonik Bonek ini. Di desain oleh Mucthar pekerja Jawa Pos akhirnya tahun 1988 lahir logo tersebut. Alasan muncul logo ini adalah sebagai bentuk atau gambaran dukungan besar Bonek untuk Persebaya yang saat itu berhasil mencapai puncak kompetisi perserikatan. Dilansir laman OfficialPersebaya orang yang menjadi cikal bakal ada di lambang tersebut adalah Dahlan Iskan yang saat itu memang mencurahkan tenaganya untuk tim Bajol Ijo ini. Meski sudah banyak mengalami perubahan, tapi awal mula penggambaran lambang Bonek ini berasal dari mantan menteri BUMN itu.

Dahlan Iskan adalah seorang pencinta Persebaya sejati

Dahlan Iskan Nonton Persebaya [Sumber Gambar]

Sebagai seorang penggemar Persebaya Surabaya, Dahlan Iskan bisa dikatakan bukan seorang suporter sembarang. Mantan menteri BUMN ini, memiliki kecintaan yang sangat besar untuk tim identik dengan warna hijau tersebut. Kembalinya Persebaya mentas di kompetisi teratas seperti sekarang, salah satunya adalah berkat dirinya. Tercatat pria 65 tahun ini mulai menjadi Bonek sejak era sepak bola perserikatan. Sejak itulah dirinya sering sekali terlibat dalam urusan Persebaya Surabaya. Bahkan saat ini dirinya sering sekali menyempatkan diri untuk datang ke stadion.

Melalui anaknya ia kini titipkan Persebaya

Anak Dahlan Iskan [Sumber Gambar]
Setelah usai tugas dalam membesarkan Persebaya. Saat ini Dahlan Iskan utus anaknya untuk kembangkan Persebaya. Bersama Azrul Ananda yang menjadi presiden klub, kesebelasan ini tampil dengan sesuatu yang berbeda sekarang. Hal ini dibuktikan dengan pengelolaan tim yang diurus oleh orang-orang berkompeten di dalamnya. Bahkan bisa dikatakan Persebaya Surabaya kini tumbuh menjadi salah satu klub profesional Indonesia. Dengan manajemen yang kebanggaan Persebaya layak klub-klub yang ada di Eropa.

Munculnya siapa orang di balik logo Bonek menjawab spekulasi yang berkembang. Dari asal orang di maskot tersebut adalah Rambo Amerika sampai orang Malang. Sebagai basis suporter besar Bonek adalah kekuatan tim tersebut. Melalui peran merekalah Persebaya bisa kembali ke kompetisi Indonesia.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Tak Perlu Panik, Cobalah 4 Jurus Jitu untuk Kembalikan Data di Ponsel yang Sudah Terhapus

Mengenal Rijsttafel, Budaya Makan Elit Perpaduan Jawa-Eropa Sebelum Indonesia Merdeka