Dunia kembali digemparkan dengan peristiwa ledakan besar yang mengguncang Kota Beirut, Lebanon pada Selasa, (4/8/2020). Dalam video yang beredar di media sosial, peristiwa tersebut menyebabkan kerusakan parah dan memakan korban hingga puluhan orang. Ribuan lainnya juga dikabarkan menderita luka-luka karena terjadi di wilayah yang ramai.

Menurut hasil investigasi yang dilakukan pihak berwenang setempat, sebanyak 2.700 ton amonium nitrat menjadi penyebab ledakan besar itu terjadi. Melihat dahsyatnya letusan dan kerusakan yang dahsyat, peristiwa itu disebut mirip dengan ledakan bom atom yang mengguncang Kota Hiroshima di era Perang Dunia II. Selengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Bermula dari percikan api hingga menyebabkan ledakan besar

Detik-detik ledakan dahsyat yang mengguncang Lebanon [sumber gambar]
Peristiwa ledakan besar yang terjadi berawal dari gudang penyimpanan di pelabuhan Beirut yang mengalami kebakaran. Menurut laporan Kantor berita National News Agency, asap mulai terlihat dan semakin membesar yang diiringi percikan api. Tak lama kemudian, ledakan besar terjadi dan menghancurkan gedung maupun area sekitarnya. Penyebabnya adalah 2.700 ton amonium nitrat yang tersimpan di gudang.

Guncangan yang timbul dari ledakan setara dengan gempa magnitudo 3,3 SR

Bangunan yang tampak luluh lantak akibat ledakan dahsyat [sumber gambar]
Ledakan besar yang terjadi juga menimbulkan guncangan setara gempa bumi. Hasil ini diperoleh dari data yang dikumpulkan oleh Survei Geologi Amerika Serikat. Di mana hasil dari gelombang seismik ledakan yang terjadi setara dengan gempa berkekuatan magnitudo 3,3 SR . Tak heran jika area dan gedung di sekitarnya luluh lantak dan hanya menyisakan puing-puing.

Memakan puluhan korban jiwa dan ribuan menderita luka-luka

Salah seorang korban yang tengah dievakuasi [sumber gambar]
Sebelumnya, korban meninggal dunia dikabarkan mencapai 78 orang dan melukai sekitar 4000 warga seperti yang dikutip dari Tempo (05/08/2020). Meski demikian, Para pejabat setempat mengatakan bahwa mereka memperkirakan jumlah korban jiwa dan luka bakal terus bertambah. Petugas pun tampak hilir mudik menyelamatkan mereka yang terimbas ledakan.

Peristiwa pilu yang dianggap mirip dengan tragedi bom atom di Hiroshima

Awan jamur yang timbul dari ledakan dianggap mirip dengan bom atom Hiroshima [sumber gambar]
Dahsyatnya ledakan yang terjadi membuat Gubernur Beirut Marwan Abboud teringat akan peristiwa bom atom yang dijatuhkan di Kota Hiroshima dan Nagasaki, Jepang, saat Perang Dunia II berkecamuk. Jika dilihat secara seksama dari video yang beredar di dunia maya, kemiripan yang dimaksud mungkin terletak pada awan jamur yang terbentuk saat ledakan terjadi.

Israel mencoba tawarkan bantuan kemanusiaan meski selama ini bermusuhan

Ilustrasi bantuan kemanusiaan oleh Israel [sumber gambar]
Israel rupanya tak tinggal diam saat melihat adanya ledakan dahsyat yang mengguncang Lebanon. Negeri Zionis itu dilaporkan menawarkan bantuan kemanusiaan kepada Lebanon. Padahal, kedua negara merupakan musuh bebuyutan dan secara teknis masih dalam kondisi berperang, seperti yang dikutip dari AFP, Rabu (5/8/2020). Rencananya, bantuan dalam bentuk medis, tenaga kemanusiaan, dan tanggap darurat tersebut akan disalurkan lewat perantara internasional.

BACA JUGA: 15 Foto Mengerikan Pasca Ledakan Besar yang Mengguncang China!

Peristiwa ledakan dahsyat yang mengguncang Kota Beirut di Lebanon menjadi berita duka bagi dunia. Tagar #PrayForLebanon pun menjadi trending topic di Twitter yang hingga saat ini telah mencapai 411 tweet pada Rabu, (05/08/2020). Semoga mereka yang terdampak ledakan tersebut diberikan kekuatan dan ketabahan.