Ramadan selalu menjadi momen paling membahagiakan bagi umat islam. Banyak aktivitas khusus yang hanya bisa dilakukan di bulan suci tersebut, seperti tadarus di masjid, tarawih dan juga patroli sahur. Sayangnya, di tahun ini kita harus melewatkan momen meriah itu. Kita hanya bisa beribadah dari rumah.

Hal yang bikin berat lainnya mungkin adalah momen menunggu berbuka. Jika dulu kita bisa ngabuburit dengan jalan-jalan bareng temen untuk berburu takjil. Namun kali ini juga nggak bisa. Pemerintah menganjurkan untuk tetap di rumah saja demi keselamatan bersama. Keterbatasan tersebut pastinya membuat kita cukup boring ya. Daripada gabut nungguin beduk, mendingan dengerin lagu-lagu bernuansa ramadan ini deh, dijamin terhanyut.

Haddad Alwi ft. Anti – Marhaban Ya Ramadan

Penyanyi senior satu ini mulai terkenal sejak tahun 1997. Suaranya yang lembut, begitu menyentuh hati saat mengalunkan lagu religi. Dari banyaknya lagu yang sudah dirilis, tentu ada yang bertemakan ramadan. Lagu tersebut dinyanyikannya bersama dengan penyanyi cilik bernama Anti. Duet indah mereka membawakan lagu Marhaban ya Ramadan nggak cuma enak didengar dan menambah kental suasana bulan suci. Liriknya juga sangat menginspirasi untuk lebih banyak mengerjakan amal baik di bulan yang baik.

Opick – Ramadan Tiba

Kalau Opick, siapa sih yang nggak kenal? Barangkali hampir tiap hari kita bisa denger suara merdunya yang jadi soundtrack FTV religi yang tayang dari pagi sampai malam di salah satu televisi nasional. Lagu-lagu islami Opick memang meneduhkan hati. Salah satu dari lagu islami tersebut juga ada yang bertemakan ramadan. Yup, tiap kali bulan puasa, lagu ‘Ramadan Tiba’ kerap diputar di televisi. Berbeda dengan milik Haddad Alwi, lagu Opick lebih full power dengan iringan musik yang lebih cepat. Mungkin dimaksudkan agar pendengar lebih semangat dan gembira menyambut bulan penuh berkah ini ya.

Tompi – Ramadan Datang

Pria cerdas lulusan UI dan berprofesi sebagai dokter ini nyatanya lebih terkenal sebagai penyanyi. Meski demikian, menurut Tompi, menyanyi bukanlah alih profesi melainkan pekerjaan sampingan yang menyenangkan. Karakter vokalnya memang cukup unik, dipengaruhi oleh nyanyian tradisional Aceh dan mengaji al-qur’an. Salah satu lagu Tompi yang terkenal banget yaitu ‘Ramadan Datang’. Kalian pun pasti sudah sering mendengar alunan penuh semangat ini dari tv-tv nasional kan?

Sabyan ft Nagita Slavina

Lagu baru dari Nagita Slavina dan Sabyan ini baru diunggah bertepatan dengan hari pertama puasa tahun ini. Lagu tersebut pun auto jadi trending di YouTube. Nggak heran, suara dari Nissa Sabyan memang selalu meluluhkan hati para penggemar. Belum lagi teman duet Nisa, Nagita yang nggak kalah merdu. Istri dari Raffi Ahmad ini memang dikenal jago nyanyi sejak dulu. Tapi saat berduet dengan Nissa, dua perempuan cantik ini bisa membuat kombinasi yang menyejukkan hati. Para pendengar lagu mereka ternyata bukan cuma dari dalam negeri saja, tapi luar juga. Beberapa pendengar memberikan komentar positif menggunakan bahasa Inggris, dan mengatakan sangat berterima kasih untuk lagu indahnya.

Gigi – Raih Kemenangan

Grup band pop rock satu ini merayakan ulang tahun ke-25 di akhir tahun 2019 lalu. Sekian lama berkecimpung di dunia musik Indonesia, tentu grup satu ini bukan band abal-abal lagi. Dikenal masyarakat luas sejak tahun 2002, Gigi Band sudah menelurkan banyak album. Di antara lagu-lagu Gigi yang terkenal, banyak juga yang bernuansa religi. Ada pula satu lagu yang selalu di putar di bulan ramadan, tepatnya di momen terakhir bulan puasa. Lagu tersebut berjudul ‘Raih Kemenangan’, yang memang dikhususkan untuk menyambut datangnya idul fitri setelah melaksanakan sebulan puasa.

BACA JUGA: Sambil Tunggu Bedug, Tonton 5 Film yang Akan Mengingatkanmu pada Tuhan dan Kemanusiaan Ini

Boleh jadi kita berpuasa dengan menghabiskan waktu di rumah saja. Tapi jangan biarkan hari-harimu terasa membosankan di bulan penuh berkah ini. Lima lagu di atas semoga bisa menjadi inspirasi untuk lebih banyak lagi memanfaatkan waktu, agar ramadan nggak lewat begitu saja tanpa dimaksimalkan.