Jenis makanan seperti buah, sayur, dan olahan seafood memiliki gizi tinggi yang penting bagi tubuh. Pun begitu juga dengan daging, beragam karbohidrat, bahkan kafein juga memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Tapi dengan catatan, yaitu dikonsumsi dalam jumlah ideal. Dan tak ketinggalan, waktu konsumsi juga harus dengan makanan dan minuman pendamping yang tepat.

Banyak orang tidak tahu jika makanan atau minuman pendamping ternyata menentukan baik tidaknya sebuah makanan untuk dikonsumsi. Gampangnya, makanan A dan makanan B atau minuman C ternyata baik jika disantap beriringan. Sebaliknya ternyata ada juga makanan tertentu dengan makanan atau minuman lainnya yang berakibat fatal jika dikonsumsi bersamaan. Selain bisa mengganggu pencernaan, kesalahan kombinasi tersebut pada level paling dahsyat bisa sampai merusak organ tubuh bahkan mematikan. Nah, berikut ini deretan makanan dan minuman yang haram hukumnya untuk dimakan bersamaan.

Minum teh dan kopi setelah makan

Kopi dan teh [sumber gambar]
Setelah makan, hindari minum teh atau kopi. Sebab kedua minuman tersebut dapat mencegah penyerapan makanan dan menganggu asam lambung. Akibatnya proses pencernaan akan tertunda. Selain itu juga memperburuk nutrisi yang terkandung di dalam makanan.

Makanan asam dan karbohidrat

Makanan asam dan karbohidrat [sumber gambar]
Kombinasi makanan kedua yang harus kamu hindari adalah menyantap makanan asam seperti tomat atau lemon bersamaan dengan makanan bertepung yang mengandung alkali. Sebab makanan asam yang diiringi dengan mengonsumsi makanan bersifat alkali akan memperburuk sistem pencernaan. Sebab kedua jenis makanan ini akan memfermentasi di perut dan membentuk lumpur yang sangat sulit dicerna

Daging merah dan makanan bertepung

Daging merah dan makanan bertepung [sumber gambar]
Makanan yang mengandung tepung seperti nasi, kentang, dan lainnya tidak boleh dimakan bersamaan dengan daging merah. Ya, sebab percampuran keduanya sangat sulit untuk dicerna. Daging merah lebih direkomendasikan dimakan bersamaan dengan biji-bijian. Bukan makanan yang mengandung tepung.

Daging dan keju

Daging dan keju [sumber gambar]
Daging dan keju sama-sama merupakan makanan yang kaya akan protein. Jika keduanya dikonsumsi secara bersamaan, akan terjadi peningkatan produksi protein dalam tubuh. Hal ini memungkinkan produksi protein pada hati juga meningkat. Karenanya, sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi daging dan keju beriringan dalam waktu yang sama.

Makanan berlemak dan berprotein

Makanan berlemak dan berprotein [sumber gambar]
Konsumsi mentega atau lemak dengan telur, keju, dan juga roti putih. Sebab mencerna lemak membutuhkan jus empedu atau garam empedu yang disekresikan dari hati dan kandung empedu. Jika kita mengonsumsi makanan berlemak dengan protein dan makanan yang tidak tepat, ini akan menghalangi sekresi jus empedu yang sehingga menyebabkan gangguan pencernaan lemak.

Minum air sebelum dan setelah makan

Minum air [sumber gambar]
Kebanyakan orang terbiasa minum air atau jus di sela-sela waktu makan dan setelahnya. Padahal tindakan ini menghambat pencernaan makanan dan jadi penyebab kembung dan gas yang akan dibentuk. Sebab air andil dalam menganggu perut yang sedang dalam proses mencerna zat makanan. Tindakan palling benar adalah meminum air 5 menit sebelum makan dan 15 menit setelah menghabiskan makanan.

Melihat point-point bahasan di atas, sepertinya yang kita lakukan selama ini dalam mengonsumsi makanan sebagian masuk tindakan yang salah ya guys. Harus lebih hati-hati nih mengkombinasikan makanan, jangan sampai bukannya kenyang, kesehatan malah terancam. Bagaimana menurutmu guys?