in

Kisah Cinta Tragis Para Pahlawan Nasional Indonesia

3. Daan Mogot

Bagi kebanyakan anak muda, usia 17 tahun adalah masa paling indah, tapi bagi Daan Mogot, masa muda adalah saatnya berjuang. Meskipun masih berusia muda, ia telah bergabung dengan tentara perjuangan dan sudah diangkat menjadi Mayor serta Komandan TKR (Tentara Kemanan Rakyat).

Daan Mogot [Image Source]
Daan Mogot [Image Source]
Namun sayangnya, pada operasi untuk melakukan pelucutan senjata Jepang di Lekong, terjadilah pertempuran yang tidak seimbang. Dalam pertempuran itu ia tertembak di paha kanan dan dada, namun ketika melihat anak buahnya yang memegang senjata mesin mati tertembak, ia segera mengambil alih senapan dan menembaki lawan hingga ia akhirnya dihujani peluru dari berbagai penjuru.

Daan Mogot saat itu sudah memiliki seorang kekasih yang cantik dan berambut panjang sepinggang. Hadjari Singgih, nama kekasihnya, begitu terpukul dengan kematian Daan Mogot yang saat itu masih berusia 17 tahun. Dalam acara pemakaman, ia memotong rambutnya untuk dikuburkan bersama di makam Daan Mogot. Dan sejak saat itu, ia tidak pernah lagi memanjangkan rambutnya.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

Berteman Denganmu Bukan Perkara Bersenang-Senang Saja Tapi Tumbuh Hingga Tua Bersama-sama

nostalgia smallville

Nostalgia Smallville, Kisah Cinta Superman dan Pemeran-pemerannya yang Super Keren