in

5 Khasiat Minum Air Putih yang Sering Disepelekan

manfaat-minum-air-putih
manfaat-minum-air-putih

Air adalah sumber kehidupan. Di dalam Al Quran, Allah SWT memberitahukan kepada kita bahwa awal kehidupan di bumi ini memang di mulai dari air. Manusia pun awalnya berupa cairan. Bahkan, 80% dari tubuh manusia adalah air. Kegunaan air pada kehidupan kita sehari-sehari pun tak mungkin dipungkiri.

Kali ini, redaksi Boombastis ingin membahas fungsi air pada kehidupan manusia. Tentu saja yang dibahas adalah “air putih”, bukan “air api”, apalagi “air keras”. Ayo disimak ya!

1. Menurunkan Berat Badan

Air bisa membantu kamu menurunkan berat badan. Air akan menghancurkan lemak & produk sampingan lemak yang telah terbentuk di dalam tubuh, dan jika kamu meminum air sebelum makan, maka air akan bertindak sebagai penekan nafsu makan sehingga membuat kamu makan lebih sedikit.

Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan [ImageSource]
Tapi yang paling penting, air meningkatkan metabolisme tubuh kamu yang akan membantu kamu membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Gak perlu diet yang macem-macem kan? Murah meriah pula!

2. Menghilangkan Racun (Detoks)

Air juga “membilas” racun dari dalam tubuh kita. Tubuh manusia, terutama ginjal,berfungsi sebagai penyaring mineral dan bahan-bahan lain yang kita makan, tanpa air untuk mencairkan mineral dan detoksifikasi tubuh kita, batu ginjal akan terbentuk.

Menghilangkan Racun
Menghilangkan Racun [ImageSource]
Beberapa penyakit berbahaya seperti infeksi saluran kemih, dan masalah kesehatan lainnya pasti akan timbul jika kita jarang minum air putih.

3. Penghilang Stress

Saat kamu merasa haus, itu berarti kamu sudah mengalami dehidrasi. Dan dehidrasi akan menyebabkan tubuh kamu untuk melepaskan “hormon stress” yang disebut kortisol.

Penghilang Stress
Penghilang Stress [ImageSource]
Jadi, ketika kamu merasa stres, nggak bisa fokus, atau kesal dan lelah, biasakanlah untuk segera minum air putih. Kamu akan segera merasa lebih baik, karena selain fungsi air yang bagus menghilangkan untuk menghilangkan stress, rasa segarnya juga akan membuat kamu terasa lebih fresh. Malah kamu akan merasa energi kamu akan meningkat!

4. Penghilang Sakit Kepala

Kalo kamu sering sakit kepala atau merasa sakit kepala udah mulai datang, maka air putih adalah obat terbaik. Pil anti nyeri mungkin dapat mengurangi rasa sakit tetapi sebenarnya pil-pil ini tidak membantu menyelesaikan masalah utamanya.

Penghilang Sakit Kepala
Penghilang Sakit Kepala [ImageSource]
Kemungkinan besar masalah utamanya terletak di aliran darah yang kurang lancar, tekanan darah yang nggak normal, atau bahkan kedinginan. Air putih akan membantu menyelesaikan masalah kamu. Memang sih, minum air putih gak akan langsung membuat sakit kepalanya hilang, tetapi air putih akan berangsur-angsur memperbaiki kenerja metabolisme tubuh kamu sehingga penyebab utama sakit kepala kamu bisa disembuhkan. Makanya, sering-sering lah minum air putih.

5. Kesehatan Kulit

Yang terakhir, minum cukup air setiap hari akan memberi kamu kulit yang terlihat lebih muda. Ini juga termasuk mandi tiap hari loh.Biasanya kulit kering adalah hasil dari kekurangan air.

Kesehatan Kulit
Kesehatan Kulit [ImageSource]
Dengan sering minum air, kamu akan menghemat pengeluaran untuk pelembab kulit dan segala tetek bengek perawatan kulit lainnya. Air akan membantu kamu menghilangkan pengembangan garis-garis halus, bahkan keriput.

Begitu banyak manfaat air, begitu murah harganya,dan begitu mudah kita temukan. Air adalah rahmat Tuhan bagi seluruh alam semesta. Indonesia memiliki sumber air yang melimpah ruah namun kita jarang sekali menghargainya. Padahal orang bisa mati jika beberapa hari saja tidak minum, tetapi kesadaran kita untuk menghargai dan menjaga air sangatlah kurang. Yuk, jadi orang yang bersyukur. Jadilah juga orang yang sehat dengan banyak minum air!

Written by Norman Duarte

Leave a Reply

Gunung everest

11 Tempat Liburan Eksotis Tapi Berbahaya

7 Tempat Paling Dingin dan Beku Tapi Masih Ditinggali Manusia