in

Khaby Lame, TikToker dengan Pendapatan Miliaran yang Merupakan Hafiz Al-Qur’an

Media sosial kini merupakan salah satu ladang penghasil pundi-pundi uang. Banyak dari orang-orang yang menjajal keberuntungan mereka sebagai content creator. Namun faktor X yang merupakan faktor keburuntungan perlu diperhatikan disini. Walaupun memiliki konten yang sama namun rejeki yang didapatkan jelas berbeda.Sebuah jaringan sosial dari Tiongkok bernama Tiktok mulai hits pada tahun 2016.

Awalnya Tiktok ini hanya berisi kumpulan video dan musik pendek. Namun sekarang sudah merambah diberbagai  konten unik dan aneh. Khabane Lame misalnya, menjajal Tiktok dengan konten yang tak biasa. Siapa sebenarnya Khabane Lame ini? Pria yang ternyata seorang hafiz Al-Quran ini mencuri perhatian. Kehidupan pribadinya pun banyak disorot karena menjadi Tiktoker terkaya didunia. Berikut informasi selengkapnya.

Lahir di keluarga miskin dan kehilangan pekerjaan

Khaby Lame Tiktoker nomor 1 di dunia [sumber gambar]
Pria bernama asli Khabane Lame ini berasal dari Senegal, Afrika Barat dan terlahir di keluarga yang kekurangan. Keluarganya membawa Lame yang saat itu berusia 1 tahun bertolak ke Chivasso, Italia, untuk mengubah nasib. Pada tahun 2020 lalu, Lame mulai bekerja di sebuah pabrik sebagai operator mesin di Turin, Italia. Ia berusaha membantu perekonomian keluarganya. Namun, awal pandemi Covid-19 ia harus kehilangan pekerjaannya dan menjadi pengangguran.

Berawal dari mengusir bosan jadi TikToker sukses

Saat lockdown pandemi Covid-19, ia tetap mencari-cari pekerjaan dan menunggu panggilan. Di sela-sela kegiatannya itulah Lame bermain TikTok untuk mengusir kebosanannya. Ia membuat konten bertemakan reaksi saat menonton video lifehack. Ia menonton video di mana orang-orang melakukan hal yang seharusnya sederhana, tapi justru memperumit keadaan.

Video Tiktok pertamanya hanya ditonton oleh 2 orang saja [sumber gambar]

Video yang dibuat Lame sangatlah sederhana, tak ada suara yang ia keluarkan tapi hanya ekspresi wajah yang datar dan gerakan tangannya saat menunjukkan cara simpel yang dilakukannya. Dari yang awalnya video pertama ditonton oleh 2 orang saja, yaitu ayah dan tetangganya, tak disangka ia menjadi TikToker terkenal. Ia punya ratusan juta pengikut di akun TikToknya dan mengalahkan content creator TikTok lainnya.

Pendapatannya meroket hingga puluhan miliar per tahun

Berkat pengikut akun TikTok dan videonya yang ditonton jutaan orang, Khaby membuka dan menerima tawaran endorsement. Dilansir dari Kompas, sebuah brand harus merogoh kocek USD50.000 atau setara Rp744 juta untuk 1 konten yang diunggah di TikToknya. Pendapatan per bulannya saja bisa mencapai USD200.000 atau sekitar Rp2,9 miliar, sedangkan pendapatan bersih yang ia miliki pada tahun 2021 adalah sebesar USD2 juta atau sekitar Rp29 miliar.

Lame bekerjasama dengan brand fashion ternama yaitu Boss [sumber gambar]
Dengan uang yang mengalir begitu deras, ia memanfaatkannya dengan membuka bisnis online shop. Ia menjual merchandise berupa kaos dengan gambar dirinya yang sangat khas itu. Ia juga menjual berbagai barang, seperti mesin pembuat popcorn portable, juicer, lilin, hingga alat pemeras jeruk. Lame juga banyak bekerja sama dengan brand-brand ternama, seperti Boss dan Binance.

Seorang hafiz Al-Qur’an

Khaby Lame merupakan seorang muslim [sumber gambar]
Pada wawancara dengan sebuah media Italia dan dilontarkan pertanyaan mengenai agama yang dianutnya, Lame mengaku sebagai seorang muslim. Seorang muslim yang taat, lebih tepatnya. Lame pernah mengenyam pendidikan di sekolah Al-Qur’an di Senegal saat berusia 14 tahun. Iapun menjadi seorang hafiz atau penghafal Al-Qur’an.

BACA JUGA: Nggak Cuma Tempat Buat ‘Ngalay’, Tiktok Nyatanya Bisa jadi Ladang Duit Bahkan Buat Penonton

Siapa yang bakal menyangka bahwa seseorang yang terlahir di keluarga miskin, kini bisa memiliki kekayaan sebesar jutaan dolar? Berkat videonya yang unik, banyak orang tertarik untuk terus menonton Lame.

Written by Terry

Manarul Mabrur, Panti Asuhan yang Asuh dan Biayai Bayi Hasil di Luar Pernikahan

Hidung sampai Miss V, 8 Artis Indonesia Ini Rela Rogoh Kocek Dalam untuk Operasi Plastik