in

10 Kerajaan di Dunia Selain Inggris, Ada Bhutan dan Thailand dengan Kisah Uniknya

Kerajaan di dunia

Kerajaan yang selama ini terkenal di seluruh dunia adalah Kerajaan Inggris. Setiap kejadian yang dialami oleh Kerajaan Inggris, disorot oleh media lokal, internasional, bahkan media Indonesia. Kerajaan Inggris memang sudah lama berdiri dan membawahi banyak negara persemakmuran.

Terlebih, Ratu Elizabeth II memimpin Kerajaan Inggris selama 7 dekade sebelum meninggal bulan lalu. Namun, bukan cuma Inggris, banyak negara monarki atau kerajaan dengan kisah unik masing-masing. Simak ulasan Boombastis.com berikut.

Kerajaan Bhutan

Keluarga kerajaan Bhutan.
Raja Jigme Khesar, Ratu Jetsun Pema, dan kedua pangeran. [Sumber Gambar]
Raja Jigme Khesar Namgyel Wangchuck jatuh cinta pada pandangan pertama saat Ratu Jetsun Pema berusia 7 tahun ketika piknik keluarga. Sampai akhirnya mereka menikah saat ratu berusia 21 tahun pada 2011. Mereka dijuluki William dan Kate dari Himalaya karena tahun pernikahan sama. Selain itu, raja dan ratu juga kuliah di Inggris.

Kerajaan Belanda

Keluarga kerajaan Belanda.
Ratu Willem-Alexander, Ratu Maxima, dan tiga putri. [Sumber Gambar]

Willem-Alexander menjadi raja di Belanda sejak 2003. Pasangan Raja Willem-Alexander yaitu Ratu Maxima, mereka punya 3 orang anak perempuan. Menariknya, keluarga kerajaan termasuk 3 putri tersebut menempuh pendidikan di sekolah negeri.

Kerajaan Brunei

Sultan dan ratu Brunei.
Sultan Hassanal Bolkiah dan Ratu Saleha. [Sumber Gambar]
Sultan Hassanal Bolkiah terkenal sebagai salah satu orang terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai 28 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 430 triliun. Sultan juga punya koleksi 7.000 mobil dan mempunyai pesawat jet pribadi.

Kerajaan Denmark

Keluarga kerajaan Denmark.
Ratu Margrethe II (tengah) bersama anggota kerajaan Denmark lainnya. [Sumber Gambar]
Setelah Ratu Elizabeth II meninggal, Ratu Margrethe II dari Denmark menjadi pemimpin kerajaan terlama di Eropa. Ratu Margrethe II dinobatkan pada 1972 sehingga praktis ia telah menjadi ratu selama 50 tahun. Ratu ini dikenal ceria dan menyukai seni. Ia suka melukis, menjadi direktor panggung teater, dan bahkan memakai pakaian warna-warni.

Kerajaan Spanyol

Keluarga kerajaan Spanyol
Raja Felipe VI, Ratu Letizia, dan kedua putri. [Sumber Gambar]
Raja Felipe VI dan Ratu Letizia bertemu saat pesta makan malam. Sebelum menjadi ratu, Letizia adalah seorang jurnalis sedangkan ayahnya supir taksi dan ibunya perawat. Sebelum menikah, hubungan keduanya dirahasiakan karena Letizia seorang janda. Kini, mereka dikaruniai putri bernama Leonor (pewaris takhta) dan Sofia.

Kerajaan Thailand

Keluarga kerajaan Thailand.
Raja Maha Vajiralongkorn bersama keluarganya. [Sumber Gambar]
Maha Vajiralongkorn dikenal punya banyak skandal bahkan sejak sebelum mewarisi takhta Thailand. Raja ini konon mempunyai harem yang berisi 20 selir. Ia telah menikah sebanyak 4 kali. Mantan istrinya ada yang dikucilkan dan selirnya pernah dipenjarakan oleh rata itu.

Kerajaan Jepang

Keluarga kerajaan Jepang.
Putra Mahkota Fumihito dan anggota keluarganya. [Sumber Gambar]
Kaisar Jepang saat ini adalah Naruhito. Ia tidak punya anak lelaki sehingga putra mahkota Jepang dinobatkan kepada adik Naruhito bernama Fumihito. Baru-baru ini, anak Putra Mahkota Fumihito yaitu Putri Mako melepas gelar kebangsawanannya demi menikah dengan Kei Komuro dari rakyat biasa. Mako dan Kei kini tinggal di New York, Amerika Serikat.

Kerajaan Maroko

Keluarga kerajaan Maroko bersama Paus Paulus.
Keluarga kerajaan Maroko saat bertemu dengan Paus Paulus. [Sumber Gambar]
Raja Mohammed VI adalah pemimpin Maroko. Istrinya bernama Putri Lalla Salma Bennani, ia adalah istri seorang penguasa Maroko yang diakui secara publik dan diberi gelar kerajaan pertama kali. Mereka dikaruniai anak Putra Mahkota Moulay Hassan dan Putri Lalla Khadija. Dulu sempat beredar video, Moulay Hassan menolak dicium tangannya oleh pejabat yang lebih tua darinya.

Kerajaan Arab Saudi

Raja Salman dari Saudi Arabia
Raja Salman dari Arab Saudi. [Sumber Gambar]
Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud memimpin Arab Saudi sejak 2015. Baru-baru ini, Raja Salman melakukan perombakan kabinet. Ia menobatkan putranya sekaligus pewaris takhta Pangeran Mohammed bin Salman sebagai perdana menteri kerajaan, sedangkan putra keduanya Pangeran Khalid sebagai menteri pertahanan.

Kerajaan Malaysia

Raja dan ratu Malaysia.
Raja Tengku Abdullah dan Tunku Azizah Aminah Maimunah Iskandariah. [Sumber Gambar]
Tengku Abdullah atau Abdullah of Pahang menjadi raja di Malaysia sejak 2019 bersama sang istri Tunku Azizah Aminah Maimunah Iskandariah. Malaysia mempunyai sistem monarki yang tergolong unik. Raja Malaysia yang dinobatkan digiliar dari 9 kerajaan kecil di negara ini. Masing-masing raja akan memerintah selama 5 tahun.

BACA JUGA: 4 Fakta Kohinoor, Permata Milik Ratu Inggris yang Harganya Ratusan Triliun

Sepuluh kerajaan yang tertera di atas hanya segelintir dari banyaknya negara kerajaan yang masih berdiri di dunia. Tentunya sekarang kalian sudah mengetahui bahwa negara kerajaan bukan cuma Inggris.

Written by Hayu

Penonton membeludak saat festival musik Berdendang Bergoyang. [Sumber Gambar]

Penonton Membludak hingga Banyak yang Pingsan, Berdendang Bergoyang Dihentikan pada Hari Ke-3

Darah kepiting tapal kuda mahal

3 Fakta Darah Biru Kepiting Tapal Kuda, Segalon Bisa Dihargai 800 Juta