in

4 Potret Kemewahan Kereta Bandara Soekarno Hatta di Jakarta yang Bakal Bikin Iri Kota Lain

Kereta bandara Soekarno Hatta ini merupakan sebuah proyek yang dibuat sebagai salah satu pemecahan masalah di Jakarta yaitu kemacetan. Kereta bandara ini telah diujicobakan pada tanggal 26 Desember 2017 agar masyarakat dapat mencoba secara langsung bagaimana rasanya bepergian menggunakan kereta tersebut. Sedangkan untuk peresmiannya dilakukan pada tanggal 2 Januari 2018.

Banyak yang menunggu-nunggu kehadiran dari kereta terbaru Jakarta ini, yang katanya melebihi kereta tipe eksekutif. Salah satu contohnya adalah kursinya yang sangat mirip dengan yang dimiliki oleh pesawat. Selain itu masih banyak lagi kelebihan-kelebihan yang ada di kereta bandara Soekarno Hatta ini. Apa saja?

1. Beli tiket di kampung halamanmu? Bisa …

Penjualan tiket kereta bandara ini jauh lebih aman. Karena tidak ada penjualan dari calo. Cara penjualannya ada tiga macam cara. Yang pertama adalah menggunakan vending machine yang tersedia di stasiun yang dilalui oleh kereta bandara.

Pembelian tiket bisa di vending machine, website dan aplikasi smartphone [image source]
Untuk cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi yang bernama railink untuk android dan indonesia airport railway untuk pengguna ios. Sedangkan cara pemesanan tiket yang ketiga adalah dengan mengakses website reservation.railink.co.id. Serba mudah, bisa di mana saja, dan yang pasti nggak bikin susah.

2. Tiket murah dan bebas macet, siapa yang tidak mau?

Untuk mencapai bandara Soekarno Hatta biasanya menggunakan taksi atau mobil travel. Itu pasti menghabiskan biaya yang lebih banyak karena argo yang terus berjalan pada taksi dan ongkos bensin bagi yang mengendarai mobil travel.

Harga tiket yang realtif murah [image source]
Tetapi jangan khawatir jika mengendarai kereta bandara karena harga yang ditawarkan tergolong murah. Untuk harga pada masa uji coba dikenakan biaya sebesar Rp 30.000. Sedangkan harga setelah peresmian adalah Rp 70.000. Cukup murah bukan? dengan harga yang tidak sampai seratus ribu dan bebas macet.

3. Gerbong modern, fasilitas mirip kamar hotel

Gerbong kereta yang biasa kita kendarai pasti hanya sebatas deretan tempat duduk. Dan di setiap tempat duduk dilengkapi penyimpanan barang di atasnya. Berbeda dengan kereta bandara Soekarno Hatta yang sangat memanjakan penumpang terutama dari sisi fasilitasnya.

Tampilan dari gerbong kereta bandara [image source]
Ketika masuk ke dalam gerbong, sejuknya AC sudah terasa. Kemudian di ujung gerbong disediakan rak penyimpanan barang-barang penumpang, sehingga tidak perlu khawatir lagi dengan kejatuhan barang bawaan kalian. Hal yang paling menarik dari gerbong ini ialah adanya TV LED di setiap deret kursi yang tidak akan membuat para penumpang jenuh di dalam kereta.

4. Tempat duduk nyaman anti sakit pinggang

Kursi yang ada di kereta pada umumnya tidak dapat diatur sesuai dengan kemauan kita kecuali yang bertipe eksekutif. Selain itu ruang antara kursi satu dengan yang lainnya kurang luas dan menyebabkan posisi duduk kita tidak nyaman.

Kursi kereta bandara yang cukup nyaman [image source]
Fasilitas tempat duduk yang ada di kereta bandara ini membuat para penumpang betah. Bagaimana tidak, di setiap kursi ada port USB untuk mencharger gadget kita. Pasti itu adalah benda yang sangat dibutuhkan dari anak-anak hingga dewasa karena gadget adalah benda wajib yang selalu dibawa kemana-mana oleh semua usia. Selain itu sandaran kursi yang dapat diatur sedemikian rupa agar penumpang mendapatkan ‘posisi wenak’. Serta jarak antar bangku yang cukup luas sekitar 35-50 cm.

Fasilitas-fasilitas kereta bandara yang akan diresmikan tanggal 2 Januari 2018 ini sangat canggih dan masih tergolong baru di Indonesia. Walaupun begitu jangan khawatir karena fitur yang ada sangat ramah dengan masyarakat yang belum begitu mengerti dengan teknologi. Kalau gini, tentu bikin iri kota-kota lain yang belum punya fasilitas serupa. Terlepas dari itu, ini jadi bukti perkembangan transportasi kita yang makin oke.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

5 Cerita Dramatis Gadget yang Menyelamatkan Pemiliknya, Ada yang Lolos dari Maut!

Inilah Kabar Pemain Film ‘Kuch Kuch Hota Hai’ yang Bikin Kids ’90an Terjebak Nostalgia