in

4 Negara yang Membantu Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

4. Australia

Meskipun akhir-akhir ini hubungan antara Australia-Indonesia sering mengalami perselisihan, sebenarnya kita pernah memiliki hubungan yang sangat baik dengan Australia. Ketika Agresi Militer Belanda I terjadi, Australia bersama India mengajukan resolusi pada 31 Juli 1947 di Dewan Keamanan PBB. Inti dari resolusi itu adalah memaksa Belanda untuk menghentikan serangan dalam bentuk apapun ke Indonesia.

Australia
Australia [ImageSource]
Australia juga masuk sebagai anggota Komisi Tiga Negara untuk menengahi gencatan senjata antara Indonesia dengan Belanda pada 25 Agustus 1947. Diplomat Australia, Thomas Critchley juga menjadi sahabat baik dari wakil presiden Mohammad Hatta pasca hasil perundingan Komisi Tiga negara yang menguntungkan Indonesia. Sayangnya, beberapa konflik membuat hubungan Indonesia dan Australia tidak semesra dulu.

Itu tadi beberapa negara yang pernah membantu Indonesia agar mendapatkan kedaulatan di mata dunia. Kemerdekaan yang kita rasakan sekarang tidak luput dari perjuangan kaum muda Indonesia dan juga bantuan beberapa negara di atas. Tentu jasa-jasa dan bantuan mereka tidak layak kita lupakan.

Baca Juga : 6 Sosok Tersembunyi di Balik Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Sebagian hubungan dengan negara di atas berjalan baik, namun sayangnya, ada hubungan baik yang tidak bisa kita jaga dengan baik. Semoga saja pemerintah mendapat solusi untuk memperbaiki hubungan kita dengan negara tetangga. Karena hidup berdampingan dalam perdamaian tentu jauh lebih indah. (HLH)

Written by Centralismo

Leave a Reply

trend fashion

5 Trend Fashion Masa Kini yang Bikin Kita Geleng-geleng Kepala

5 Cara Menghindarkan Diri Dari Dosa Akibat Syahwat Duniawi