in

4 Negara yang Membantu Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

Kemerdekaan bangsa Indonesia tidak terjadi begitu saja. Setelah berabad-abad dijajah oleh Belanda dan bertahun-tahun dijajah Jepang, negara berlambang Garuda ini akhirnya mendeklarasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945. Sejak itu, negara kita masih terus berusaha untuk maju dan bersaing dengan negara yang lain.

Baca Juga : Kisah Cinta Soekarno dan 9 Istrinya

Hingga kini, negara Indonesia mendapat status sebagai negara berkembang. Meski mengalami pasang surut, negara kita mempunyai stabilitas ekonomi yang cukup baik. Kita juga dikenal sebagai negara yang menerapkan sistem demokrasi secara adil dan merata. Kemerdekaan bangsa kita tidak luput dari bantuan beberapa negara yang membantu kita mempertahankan kemerdekaan. Inilah negara yang sukses membantu mempertahankan kemerdekaan Indonesia:

1. Mesir, Negara yang Pertama Kali Mengakui Kedaulatan Indonesia

Mesir adalah salah satu negara yang mengakui kemerdekaan Indonesia untuk pertama kalinya. Tidak hanya itu, Mesir juga berbaik hati dengan menggalang dukungan dari Liga Arab agar menerima kedaulatan Republik Indonesia di mata hukum internasional. Pada 22 Maret 1946, Mesir secara de facto mengakui kemerdekaan Indonesia.

Mesir
Mesir [ImageSource]
Mesir kemudian meyakinkan beberapa negara seperti Suriah, Irak, Qatar dan Arab Saudi untuk mendukung kemerdekaan negara kita. Pada 10 Juni 1947, secara de jure, Mesir mengakui kedaulatan Bangsa Indonesia dengan menunjuk H.M Rasjidi sebagai kuasa usaha RI dan membuka kedutaan besar RI di Kairo. Sejak itu, kerja sama antara Mesir dengan Indonesia berlanjut hingga sekarang.

Written by Centralismo

Leave a Reply

trend fashion

5 Trend Fashion Masa Kini yang Bikin Kita Geleng-geleng Kepala

5 Cara Menghindarkan Diri Dari Dosa Akibat Syahwat Duniawi