in

Tol Cipularang Kembali Makan Korban, Kali Ini Kecelakaan 17 Mobil Tabrakan Beruntun

Tabrakan beruntun 17 mobil di tol Cipularang.
Tabrakan beruntun 17 mobil di tol Cipularang.

Tol Cipularang merupakan singkatan dari Cikampek, Purwakarta, dan Padalarang. Jalan tol tersebut menghubungkan Kabupaten Purwakarta dan Bandung. Adanya jalan tol ini memudahkan, tetapi pengendara harus ekstra hati-hati karena kerap terjadi kecelakaan di jalur ini. Terutama Km 90 sampai Km 100. Kejadian kecelakaan di tol Cipularang terbaru adalah 17 mobil tabrakan beruntun.

Karakteristik jalan di ruas tersebut banyak tanjakan panjang dari arah Jakarta, sehingga arus kebalikannya sangat menurun. Namun, tidak sedikit pula yang menghubungkan kecelakaan di tol Cipularang dengan hal mistis. Bagaimana kronologi tabrakan 17 mobil beruntun dan kenapa sering terjadi kecelakaan di tol Cipularang? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

17 mobil tabrakan beruntun

Ilustrasi mobil yang tabrakan beruntun di tol Cipularang. [Sumber Gambar]
Ilustrasi mobil yang tabrakan beruntun di tol Cipularang. [Sumber Gambar]
Tabrakan beruntun kembali terjadi di tol Cipularang, tepatnya Km 92 arah Bandung menuju Jakarta pada Minggu (26/6/2022) pukul 21.00 WIB. Kecelakaan tersebut melibatkan 17 mobil yang tabrakan beruntun. Sementara, tidak ada korban meninggal tetapi luka ringan dan luka berat sebanyak 23 orang. Korban dilarikan ke Rumah Sakit Abdul Radjak dan Rumah Sakit Siloam Purwakarta. Informasi terbaru, diketahui bahwa kecelakaan diduga karena ada bus yang mengalami rem blong sehingga menabrak 17 mobil di depannya. Kini, polisi sedang mencari sopir bus yang diduga kabur tersebut.

Alasan sering terjadi kecelakaan di Tol Cipularang

Ilustrasi bus mengalami kecelakaan. [Sumber Gambar]
Ilustrasi bus mengalami kecelakaan. [Sumber Gambar]

Tol Cipularang, terutama Km 90 sampai Km 100, kondisi jalannya kebanyakan belokan menurun dengan adanya pola angin. Hal tersebut menjadi salah satu faktor sering terjadi kecelakaan di ruas jalan tol Cipularang. Sehingga, pengendara yang melewati ruas jalan tol tersebut harus mengemudi dengan lebih berhati-hati dan waspada. Selain kondisi jalan, ada juga faktor human error atau kesalahan manusia yang menyebabkan kecelakaan terjadi. Salah satunya adalah pengendara cenderung menambah kecepatan pada jalur tersebut.

Kecelakaan beruntun di tol Cipularang

Ilustrasi ruas tol Cipularang. [Sumber Gambar]
Ilustrasi ruas tol Cipularang. [Sumber Gambar]
Tabrakan kendaraan beruntun bukan pertama kali terjadi di tol Cipularang. Pernah terjadi kecelakaan yang melibatkan 21 kendaraan di tol Cipularang Km 91 arah Jakarta pada 2019. Saat itu, terdapat 9 orang meninggal dunia dan lainnya mengalami luka. Selain itu, terjadi pula tabrakan 10 kendaraan di tol Cipularang Km 91.400 pada 2017. Peristiwa naas tersebut memakan korban 4 orang meninggal dunia dan belasan lainnya mengalami luka ringan dan berat.

BACA JUGA: Kembali Menelan Korban, Ini 3 Alasan Wajib Hati-hati Jika Lewati Tol Cipularang

Pengendara disarankan untuk mengontrol kecepatan kendaraan saat melewati tol Cipularang, terutama Km 90 sampai Km 100, karena kondisi jalannya. Semoga saja tidak terjadi lagi kecelakaan di tol Cipularang.

Written by Galih Hayu

Warga Beli Minyak Goreng dan Bensin Harus Pakai Aplikasi, Ini Tanggapan Masyarakat

Berawal dari Kedai Nasi Goreng hingga Bar Kontroversial, Begini Perjalanan Holywings