in

Berawal dari Kedai Nasi Goreng hingga Bar Kontroversial, Begini Perjalanan Holywings

Holywings menuai kontroversi setelah mengeluarkan minuman beralkohol dengan nama Muhammad dan Maria secara gratis. Minuman ini sendiri sebagai bahan promo untuk pengunjung bernama Muhammad dan Maria. Hal ini membuat Holywings disebut menisatakan agama.

Akhirnya, buntut dari masalah ini adalah dicabutnya izin operasional Holywings dan penutupan kedai. Sampai saat berita ini ditulis, terhitung sudah ada 36 kedai yang tutup dan tak lagi beroperasi. Berikut perjalanan Holywings, yang awalnya hanya kedai kecil hingga menjadi bar yang punya pelanggan tetap.

Holywings berawal dari kedai nasi goreng

Terkenal dengan nama Holywings, bisnis ini awalnya hanyalah kedai nasi goreng. Menurut Co-Founder Holywings, Ivan Tanjaya, bisnis tersebut dirintisnya bersama Eka Setia Wijaya. Kedai nasi goreng tersebut diberi nama Kedai Opa. Sayang, Kedai Opa hanya bertahan selama 3 bulan saja.

Ivan Tanjaya [sumber gambar]
Bisnis ini tak berkembang dan seperti tidak bermasa depan cerah. Bersama dengan tiga rekan lainnya, akhirnya dibangunlah sebuah kedai dengan konsep berbeda, yaitu makan sambil minum dan menikmati live music. Meski terinspirasi dari Holycow, menu utama yang disajikan adalah sayap ayam, nama Holywings kemudian dicetuskan untuk kedai yang baru tersebut.

Belajar dari konsep restoran China

Ayam goreng dan bir [sumber gambar]

Sebagai Co-Founder, Ivan mengatakan bahwa konsep makan, minum, dan musik yang dipakai dipelajarinya dari kedai-kedai di China. Berdiri pada tahun 2014, Holywings sendiri mempunyai 3 fasilitas berbeda, yakni Holywings Bar dengan outlet paling banyak, 26 outlet, Holywings Bar Club sebanyak 10 outlet, serta Holywings Beach Resort yang terletak di Bali. Dari hari ke hari, Holywings semakin sukses dan ramai dikunjungi oleh berbagai golongan.

Berhasil menggaet pemegang saham dari kalangan entertainer Indonesia

Pemegang Saham [sumber gambar]
Pada Mei 2021 lalu, Hotman Paris dan Nikita Mirzani tercatat sebagai salah satu pemegang saham Holywings. Dilansir dari Okezone, keduanya menandatangani perjanjian akta peralihan yang berlangsung di outlet Holywings kawasan Bumi Serpong Damai (BSD). Meski tidak menyebut berapa nilai investasinya, Hotman Paris menyebut bahwa dirinya mencairkan empat depositonya untuk menanam saham di Holywings.

Sederet kontroversi yang dilakukan oleh Holywings

Kontroversi Holywings [sumber gambar]
Ada beberapa kontroversi yang dilakukan oleh Holywings. Pada Februari 2021 lalu, Holywings Kemang melanggar jam operasional saat diberlakukannya PPKM. Tak hanya sekali, aturan saat PPKM tersebut dilanggar selama tiga kali, yakni bulan Februari, Maret, dan September 2021. Selain outlet yang berada di Kemang, Holywings Tebet juga ditindak karena melewati batas jam operasional yakni jam 24.00 WIB.

Pengeroyokan yang dilakukan oleh oknum polisi

Pengeroyokan di Holywings [sumber gambar]
Tindakan pengeroyokan ini terjadi di Holywings Yogyakarta. Diduga dua orang anggota kepolisian Sleman mengeroyok pelanggan bernama Bryan Yoga Kusuma. Bryan sendiri sedang membahas proyek pariwisata bersama temannya, pada pukul 23.30. Pukul 02.00, Bryan diprovokasi oleh seseorang, hingga berujung perkelahian. Bryan sendiri akhirnya dihajar oleh kurang lebih 20 orang.

BACA JUGA: Kafe Kematian, Tempat Nongkrong Unik di London yang Membicarakan Seputar Sakaratul Maut

Mengenai kasus promosi miras Muhammad dan Maria, pihak Holywings sudah mengeluarkan permintaan maaf secara terbuka. Pihak berwajib juga sudah menentukan 6 orang tersangka dalam kasus ini.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Tabrakan beruntun 17 mobil di tol Cipularang.

Tol Cipularang Kembali Makan Korban, Kali Ini Kecelakaan 17 Mobil Tabrakan Beruntun

Cincin Nyangkut 4 Hari di Kemaluan Pria, Sampai Kerahkan Petugas Damkar untuk Bantu Lepaskan