in

7 Hal ini Jadi Kebiasaan Unik Orang Madura yang Tidak Ada Duanya

4. Orang Madura Sangat Patuh Terhadap Kyai-nya

Hal yang patut kita apresiasi tentang orang Madura adalah tingkat relijius mereka yang tinggi. Madura mayoritas beragama Islam dengan bukti banyaknya masjid serta pusat-pusat pembelajaran agama atau pondok di sini. Di Sumenep sendiri, ada sekitar 230 an pondok yang tersebar dari kota sampai pelosok. Makanya, orang Madura selalu dicirikan dengan label pesantren mereka.

Se-preman-premannya orang Madura, mereka masih sangat hormat kepada kyai-nya [Image Source]
Se-preman-premannya orang Madura, mereka masih sangat hormat kepada kyai-nya [Image Source]
Hampir semua orang Madura belajar di pesantren. Sehingga tak heran jika mereka begitu menghormati para kyai dan ustadnya. Bahkan ada sebuah jargon unik tentang ini, orang-orang Madura sejahat apa pun pasti akan sangat patuh dengan kyai-nya. Hal ini bisa dibilang adalah sesuatu yang bagus karena hormat kepada guru mencerminkan adab yang baik. Terlebih lagi, berkat para guru pula seseorang bisa mengenal ilmu dan mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

fiJomblo

5 Tipe Cewek Yang Doyan Ngejomblo, Kamu Harus Tahu!

5 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Orang Saat Pertama Kali Punya Pekerjaan