in

Tidak Banyak yang Tahu, Inilah Penyebab Momen Ulang Tahun Berujung dengan Kebakaran

Ulang tahun menjadi hal paling membahagiakan bagi semua orang. Peristiwa tersebut biasanya ditunggu-tunggu karena ada banyak hadiah dan kejutan yang akan diberikan kepadanya. Salah satunya adalah pesta ulang tahun yang selalu dirayakan bersama keluarga dan kerabat terdekat. Namun sayangnya tak semua orang pestanya berjalan dengan meriah, banyak orang yang mengalami momen kurang menyenangkan dari acara itu.

Ya, peristiwa yang dimaksud adalah kebakaran di acara ulang tahun. Banyak lho orang-orang yang mengalami momen menakutkan ini. Kalau kalian update dengan berita di media sosial akhir-akhir ini pasti tahu kabar tentang pesta ulang tahun yang jadi momen tidak terlupakan bagi si empunya acara. Mungkin kebanyakan dari kalian bertanya-tanya mengapa kebakaran bisa terjadi padahal barang-barangnya pasti sudah dijamin aman. Buktinya banyak ulang tahun yang menggunakan lilin dan balon, tapi baik-baik saja sampai akhir acara.

https://www.youtube.com/watch?v=WCW3kFGyCfw

Memang sih perlengkapan untuk ulang tahun hampir semuanya diciptakan dengan keamanan yang cukup mumpuni. Namun, seiring berjalannya waktu,para produsen lilin ingin menciptakan hal yang baru supaya benda penghias dari kue ulang tahun tersebut terlihat menarik. Maka diciptakanlah lilin kembang api atau mercon yang sedang hits dipakai kalangan millenial untuk merayakan ulang tahun. Bentuknya yang unik dan apinya terlihat lebih besar, membuatnya menarik jika diabadikan dengan kamera lalu diunggah ke media sosial.

Akan tetapi, di balik keunikannya ada hal yang perlu diperhatikan nih. Lilin bergaya kekinian tersebut malah menjadi petaka jika tidak digunakan dengan benar. Contohnya saja kalau lilin itu didekatkan pada gas semprot busa salju, benda penghias kue tersebut akan langsung meledak seketika. Itu disebabkan api yang ditimbulkan pada lilin mercon itu lebih banyak daripada biasanya. Jadi, tak heran kalau kalian melihat adegan kebakaran pada pesta ulang tahun yang memakai lilin mercon.

https://www.youtube.com/watch?v=RJInhMPEIQ0

Lalu, ada penyebab kebakaran lain dari pesta ulang tahun yakni dari balonnya. Mungkin kalian heran mengapa balon bisa menyebabkan kebakaran, karena biasanya benda tersebut aman-aman saja walaupun didekatkan dengan lilin. Kali ini, balon bukan merupakan benda yang bisa dianggap aman lho karena kini benda warna-warni itu tidak diisi oleh gas helium saja tapi juga hidrogen. Biasanya mereka menggunakan gas hidrogen karena harganya jauh lebih murah ketimbang helium. Ya, walaupun hidrogen sangat peka dengan api, gas tersebut kini jadi favorit anak-anak muda untuk mengisi balon tanpa peduli keselamatan diri mereka sendiri. Akibatnya ya jika terkena api sedikit, maka balon akan mudah membakar semua yang ada di sekitarnya.

Jadi untuk kalian yang ingin membuat pesta ulang tahun, wajib memeriksa segala perlengkapannya ya terutama adalah balon dan lilin. Lebih baik pakai lilin yang seperti biasa saja dan balon diisi menggunakan gas helium. Acara ulang tahun yang terpenting adalah berkumpul bersama kerabat terdekat untuk merayakan pertambahan usia, bukan berasal dari kerennya barang-barang. Jangan sampai momen terindah kalian menjadi kenangan terburuk sepanjang masa.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Kenali Jenis Arisan di Indonesia yang Bikin Kantong Masyarakat Jebol Enggak Karuan

10 Foto Mempesona Liza Elly, Istri Nicky Tirta yang Lagi Viral karena Baru Saja Ditalak