in

5 Bangunan Luar Biasa yang Seolah Tak Mungkin Dibuat oleh Manusia

Manusia mungkin secara fisik adalah makhluk lemah tak berdaya. Namun, kita dibekali akal sehingga bisa membuat segala hal yang biasa jadi tak karuan. Kaki kita mungkin tak bisa lari secepat Cheetah, tapi dengan mobil yang notabene dibuat berdasarkan akal, si makhluk cepat itu tak ada apa-apanya. Gajah pun demikian, melawan truk tambang pun bakal patah tulang dia.

Ya, dengan akal dan kepintaran yang dimiliki manusia berhasil melampaui makhluk lainnya dan menciptakan hal-hal yang luar biasa. Tak hanya teknologi yang ada sekarang, dalam hal arsitektur pun sama. Ada banyak bangunan luar biasa di dunia ini yang seolah mustahil diciptakan manusia tapi benar-benar berdiri. Misalnya saja kalau di masa lampau ada Tembok China, Borobudur, sampai Piramida.

Waktu terus berlalu, manusia-manusia pun tak berhenti untuk terus menelurkan konstruksi-konstruksi luar biasa. Seperti beberapa bangunan berikut yang seolah tak mungkin diciptakan oleh para manusia.

 

Burj Khalifa

Burj Khalifa merupakan pencakar langit yang ada di Dubai, Uni Emirat Arab. Bangunan tersebut diresmikan pada tanggal 4 Januari 2010. Ketinggian Burj Khalifa sendiri mencapai 828 meter. Bangunan tersebut merupakan yang tertinggi yang pernah dibuat oleh manusia.

Burj Khalifa [Image source]
Keajaiban tersebut telah berhasil diakui oleh dunia setelah Burj Khalifa melewati ketinggian Taipei 101 yang merupakan bangunan tertinggi di dunia pada Juli 2007. Tak sampai di sana, karena setelahnya CN Tower juga dilewati pada tanggal 7 April 2008. Memang, sebelumnya ada struktur bangunan paling tinggi yang diciptakan manusia, yaitu Menara Radio Warsawa, namun bangunan itu runtuh saat direnovasi pada 1991.

Palm Jumeirah

Merupakan pulau buatan yang diciptakan dari reklamasi tanah oleh Nakheel, perusahaan yang dimiliki pemerintah Dubai. Palm Jumeirah menjadi salah satu dari tiga bangunan yang disebut The Palm Island. Bentuk Palm Jumaeirah sendiri seperti pohon palem dengan cakupan sebuah batang, dan juga mahkota dengan 17 daun dan juga pulau sabit yang mengelilinginya dan membentuk 11 kilometer pemecah gelombang.

Palm Jumeirah [Image Source]
Total luas area Palm Jumeirah setidaknya lebih besar dari 800 lapangan sepak bola. Pulau mahkota dihubungkan oleh jembatan sepanjang 300 meter dengan Dubai. Palm Jumeirah juga disebut sebagai salah satu resor utama dunia dan disebut sebagai keajaiban dunia yang ke-8.

Grand Canyon Skywalk

Apa yang spesial dari jurang? Barangkali sebagian besar orang akan merasa ngeri jika harus melihat jurang. Namun, Grand Canyon berbeda karena bentukannya sangat luar biasa. Kalau kamu tengok, tebing-tebingnya sangat unik seperti membentuk garis-garis panjang membentak di dinding-dinding tebingnya. Memang agak menakutkan, tapi tempat ini sangat layak untuk dikunjungi.

Grand Canyon [image source]
Setiap orang yang datang bisa menikmati pemandangan Grand Canyon dari atas melalui platform berbentuk tapal kuda. Skywalk tersebut dibangun dari tembok kaca setebal 4 inci. Uniknya, bangunan ini seperti menggantung dan menjorok agak ke luar sampai beberapa meter jauhnya. Entah bagaimana mereka membangunnya. Namun yang jelas kita tak perlu ragu soal keselamatan dan semacamnya.

la Sagrada Familia

Ia Sagrada Familia merupakan gereja Katolik Roma raksasa yang ada di kota Barcelona, Catalonia, Spanyol. Konstruksi gereja ini sebenarnya dimulai sejak tahun 1882 dan masih berlangsung hingga saat ini. Gereja tersebut dirancang oleh Antoni Gaudí. Ia bekerja di proyek tersebut selama 40 tahun. 15 tahun terakhir hidupnya hanya dihabiskan untuk mengabdi pada proyek gereja tersebut. Diperkirakan proyek tersebut akan selesai pada tahun 2026.

la Sagrada Familia [image source]
Dulu, ketika ditanya mengenai lamanya proses pembangunan tersebut, Gaudi menjawab bahwa kliennya tidak buru-buru. Setelah Gaudi meninggal, pembangunan gereja Ia Sagrada Familia tetap dilanjutkan di bawah pengawasan Domènech. Pembangunan gereja tersebut sempat dihentikan sementara saat perang saudara pada tahun 1936.

Henderson Waves

Henderson Waves disebut-sebut sebagai satu-satunya jembatan yang memiliki bentuk yang sangat unik. Strukturnya membuat jembatan tersebut terlihat berputar seperti spiral. Hal itu membuatnya tampak berkarakter sekaligus terkesan modern. Komponen yang membangun jembatan Handserson Waves terdiri dari kayu dan baja.

Henderson Waves [Image Source]
Malam adalah waktu yang paling pas untuk menginjakkan kaki di jembatan tersebut. Setidaknya mulai pukul tujuh malam hingga jam dua dini hari yang dinilai memiliki efek dramatis, karena saat itu, taman sekitar akan diterangi oleh cahaya lampu yang indah.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memang mendorong manusia untuk terus menciptakan keajaiban-keajaiban baru. Lima keajaiban di atas sepertinya hanya sebagian kecil dari karya manusia yang luar biasa. Mungkin setelah ini masyarakat Indonesia juga bakal menciptakan keajaiban yang tak kalah dengan yang ada di luar negeri. Kalau ada, kira-kira seperti apa, ya?

Written by Nikmatus Solikha

Leave a Reply

Tidak Seperti Amerika Sekarang, Negara-Negara ini Sangat Ramah pada Imigran

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa Seluas Lautan yang Bakal Membuatmu Ternganga