in

5 Kapal Selam Mematikan Rusia ini Bikin Amerika Serikat Ketar-Ketir

3. Type 636.3 Varshavyanka

Rusia pernah melakukan ekspansi dengan membuat kapal selam baru bernama Lada di tahun 2010. Sayangnya, hasilnya tidak sesuai harapan. Lalu mereka pun kembali menggunakan Kilo. Tapi, kali ini mereka membuat versi upgrade-nya, bernama Varshavyanka. Kapal selam ini dikenal di barat dengan nama “Improves Kilo”. Alasannya, karena Varshavyanka cukup identik dengan pendahulunya itu.

Varshavyanka adalah versi lebih baru dari Kilo dan bisa dbilang lebih mematikan dari si pendahulu [Image Source]
Varshavyanka adalah versi lebih baru dari Kilo dan bisa dbilang lebih mematikan dari si pendahulu [Image Source]
Secara sepsifikasi, Varshavyanka hampir sama seperti kilo, termasuk dimensinya beratnya yang hanya selisih beberapa ratus ton saja. Varshavyanka juga dilengkapi dengan enam buah tabung missile yang kompatibel dengan banyak jenis rudal. Termasuk Novator Club-S, si tipe high explosive yang bisa merengkuh jarak 220 kilometer. Tapi, namanya juga model “improved”, maka harus ada perbedaan antara yang lama dan baru. Hal tersebut kemudian diwujudkan dengan disematkannya mesin diesel tipe baru. Mesin ini makin membuat Varshavyanka bisa bergerak dengan hening.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

5 Alasan Kenapa Jawa Kadang Dibenci oleh Penduduk Daerah Lain di Indonesia

7 Diktator Sangat Brutal dan Kejam ini Tak Banyak Diketahui Orang