in

Bengkala, Kampung Bisu di Bali yang Semua Penduduknya Menggunakan Bahasa Isyarat

Bahasa Isyarat di Bengkala [Sumber gambar]

Di Indonesia sendiri memang terdapat beberapa kampung unik yang fenomena di dalamnya belum terpecahkan. Misalnya saja, Kampung Wadon yang semua penduduknya wanita, Kampung yang hanya bisa dihuni 26 keluarga, kampung janda serta kampung unik lain.

Hampir sama seperti tempat tinggal di daerah di atas, Kampung yang berada di Desa Bengkala, Kabupaten Buleleng, Bali ini sangat berbeda dan memiliki keistimewaan tersendiri. Mungkin bisa jadi hanya satu-satunya di dunia. Mengapa begitu? Yap, kampung yang dijuluki ‘Kampung Bisu’ ini dihuni oleh para penduduk yang berbicara dengan bahasa isyarat. Mengenai penjelasan lengkap, beginilah kehidupan mereka.

Asal mula kampung Bengkala

Desa Bengkala [Sumber gambar]
Dalam bahasa Bali sendiri, orang yang difabel (bisu dan tuli) disebut sebagai kolok. Berdasarkan mitos yang sudah dipercaya, dulunya ada dua kelompok yang berbeda keyakinan, salah satu kelompok menentang untuk menyembah dewa dan mereka memilih keluar dari kampung tersebut. Namun, saat mereka telah pergi, kelompok pertama memanggil kembali untuk menyelesaikan masalah yang sedang terjadi. Walau berulang kali dipanggil, semua teriakan tak diperdulikan. Karena kesal, kelompok tersebut mengutuk anak keturunan mereka kelak ditulikan. Konon katanya, kelompok yang keluar dari daerah tersebut adalah penduduk yang menghuni Bengkala (kampung kolok) sekarang.

Kolok bukan karena faktor keturunan

Bahasa Isyarat di Bengkala [Sumber gambar]
Dari segi letak administrative, Bengkala masuk ke dalam kategori tempat yang cukup terpencil. Meskipun begitu, penduduk yang menghuni tempat ini cukup banyak,sekitar 3000 orang. Jumlah penduduk yang lahir dengan kondisi difabel juga lumayan banyak. Anehnya, hal tersebut tidak dipengaruhi oleh faktor keturunan Saboom. Buktinya, ada anak yang menderita kolok sedangkan kedua orangtua mereka adalah pasangan normal, sebaliknya ada yang pasangan difabel tetapi melahirkan bayi normal. Dalam kesamaan kasus, hal ini hampir mirip dengan anak-anak Albino di Garut. Mengenai fenomena ini, akan sangat baik jika ada Ilmuwan yang mau meneliti dan ditinjau dari segi sains.

Semua warga bisa berbahasa isyarat

Semua penduduk bisa bahasa isyarat [Sumber gambar]
Bahasa kolok sudah populer selama beberapa abad lalu. Walaupun tidak semua penduduknya tuli dan bisu, mereka tetap mempelajari bahasa isyarat loh. Jadi, tak heran jika orang yang normal memilih berbicara dengan bahasa tersebut. Isyarat yang mereka pakai juga sangat sederhana, misalnya saja ketika mau makan, mereka akan mengarahkan tangan ke mulut kemudian memegangi perut. Hal ini juga tentu untuk menghormati orang yang memiliki keterbatasan tersebut.

Tidak mengalami diskriminasi

Ilustrasi bahasa isyarat tuli [Sumber gambar]
Selama ini kita selalu menemukan orang yang diperlakukan secara tidak adil saat ia berstatus difabel. Namun, hal ini tidak terjadi di Desa Bengkala. Orang-orang yang normal dan memiliki keterbatasan tetap berkomunikasi secara santun satu sama lain, mereka diperlakukan secara hormat dan tidak mengalami bully. Di daerah ini sendiri bahkan didirikan sekolah khusus untuk memfasilitasi mereka untuk belajar tanpa diikat oleh usia. Siapapun yang mau belajar dipersilakan, guru yang normal pun menggunakan isyarat. Dari segi pekerjaan, mereka yang bisu dan tuli tetap mendapat tempat yang sama dan layak untuk berkarya.

Dari kampung tersebut mungkin teman-teman bisa belajar banyak hal. Seseorang yang tidak sempurna bisa lebih percaya diri, tidak merasa asing jika diperlakukan sama seperti manusia normal pada umumnya. Hidup berdampingan dengan mereka yang punya keterbatasan seharusnya membuat kita bisa saling berbagi banyak hal di luar kehidupan sebagai orang normal.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Makanan Hitz Jaman Now, 5 Fakta Mengejutkan Es Kepal Milo yang Jarang Diketahui

Tak Hanya dari Makanan Pedas, 5 Hal Ini Jadi Pemicu Munculnya Penyakit Usus Buntu