in

Bukan Kaleng-kaleng, Indonesia Klaim Temukan Kalung yang Bisa Sikat Habis Corona

Indonesia baru-baru ini dikabarkan telah membuat sebuah terobosan penting guna menanggulangi pandemi Covid-19. Lewat Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementan, pihaknya mengatakan telah menciptakan kalung antivirus yang diklaim mampu membunuh virus corona.

Seperti yang kita tahu, banyak negara-negara di dunia yang kini berlomba-lomba melakukan serangkaian penelitian guna menemukan vaksin yang tepat untuk menyembuhkan virus Covid-19. Termasuk Indonesia yang kini bersiap menyambut kalung antivirus racikan Balitbang Kementan. Selengkapnya, simak ulasan Boombastis berikut ini.

Temuan yang berawal dari inovasi dari berbagai tanaman herbal

Kalung antivirus Covid-19 racikan Balibangtan Kementrian Pertanian [sumber gambar]
Kalung Antivirus corona berawal dari sebuah penelitian terhadap tanaman herbal yang dilakukan oleh Balitbang Kementan. Bahan-bahan tersebut biasa digunakan untuk membuat jamu seperti jahe, temulawak, minyak atsiri, dan jambu biji. Dari sana, hasil identifikasi kemudian diserahkan kepada laboratorium untuk diteliti kembali.

Racikan kalung antivirus dari bahan-bahan alami dari Indonesia

Kalung antivirus dan produk lainnya [sumber gambar]
Tak hanya bahan-bahan seperti tanaman herbal yang disebutkan di atas, uji coba tersebut juga menggunakan pohon kayu putih (eucalyptus) yang memang banyak ditemukan dan tumbuh di Indonesia. Bahkan dari hasil riset yang dilakukan, penelitian tersebut menunjukkan 700 jenis dari tanaman tersebut mampu mematikan virus Covid-19.

Telah diuji coba di lab dan diklaim mampu membunuh virus Covid-19

Penelitian yang menghasilkan beberapa produk [sumber gambar]
Menurut pihak Kementerian Pertanian antivirus tersebut telah berhasil membunuh virus corona secara bertahap. “Kalau kontak 15 menit, dia bisa membunuh 42 persen dari corona. Kalau dia 30 menit maka dia bisa 80 persen. Ini ada roll-on-nya,” ucap Syahrul yang dikutip dari Kumparan (03/07/2020).

Gunakan pohon kayu putih yang dianggap memiliki banyak khasiat

Ilustrasi tanaman kayu putih [sumber gambar]
Penggunaan kayu putih (eucalyptus) sebagai bahan dari kalung antivirus tersebut bukan tanpa sebab. Selain diklaim mampu menyembuhkan virus corona, tanaman tersebut juga berkhasiat melegakan saluran pernapasan, sebagai disinfektan luka, mencegah penyakit mulut, dan menghilangkan nyeri maupun mual.

Tinggal menunggu waktu karena bakal diproduksi secara massal

Telah digunakan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo [sumber gambar]
Kalung ‘antivirus’ tersebut juga akan diproduksi massal pada bulan Agustus mendatang dan telah dipatenkan oleh Balitbangtan. Bahkan, Syahrul bersama seluruh jajaran eselon I yang merupakan pejabat penting di Kementan terlihat mengenakan kalung ‘antivirus’ yang berbentuk kotak tersebut.

BACA JUGA: Asli Buatan Anak Bangsa, Inilah Inovasi Mereka untuk Cegah Wabah Corona di Indonesia

Jika memang kalung ‘antivirus’ racikan Balitbang Kementan itu berhasil membunuh virus corona, tentu hal ini bakal menjadi sebuah lompatan bersejarah bagi dunia sains Indonesia. Indonesia akan mengungguli negara-negara maju soal temuan vaksin guna menanggulangi pandemi Covid-19. Karena dikabarkan bakal segera diproduksi massal, kita tunggu saja ya Sahabat Boombastis.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Viral 3 Wanita Tik-Tokan di Suramadu, Inilah Alasan Kenapa Hal Tersebut Sangat Berbahaya

Rare Earth, Bahan Tambang Mahal yang Mungkin Bisa jadi Harapan Indonesia di Masa Depan