Apa yang dilakukan oleh seorang kakek bernama Samsul berikut ini, mungkin terdengar mustahil namun benar-benar nyata adanya. Berawal dari kesulitan warga menuju Dusun Benteng Sengga di Bulukmba, Sulawesi Selatan, ia sukses membuka akses jalan ke sana dengan bermodal linggis.

Seorang diri, Samsul bekerja keras menggali jalan menuju dusunnya menggunakan linggis Selama 10 tahun lamanya. Meski sempat dianggap mustahil, sosoknya kini menjadi sorotan karena berhasil membuka akses jalan bagi warga sekitar. Tentu saja, ada beragam hal inspiratif yang bisa dipetik dari kisah Samsul di bawah ini.

Tekad membuka jalan dengan cara luar biasa yang tak dipikirkan banyak orang

Jalan rintisan yang dibuat oleh Kakek Samsul selama 10 tahun [sumber gambar]
Merasa kesulitan karena tak memiliki akses jalan, Kakek Samsul pun berinisitif untuk membukanya seorang diri. Alih-alih menggunakan alat yang memadai, ia hanya mengggunakan linggis dengan cara mengikis dan memotong pinggir gunung yang terjal agar bisa dilalui warga. Hebatnya, Samsul melakukan hal tersebut selama 10 tahun lamanya.

Berhasil memberikan akses jalan bagi warga yang dulunya terisolir

Jalan rintisan yang dibuat oleh Kakek Samsul [sumber gambar]
Bekerja konsisten seorang diri, perlahan apa yang diusahakan oleh Samsul mulai membuahkan hasil. Kini, jalan tersebut terbuka bagi warga dusun dan tidak lagi terisolir. “Saya menggali jalan dengan menggunakan linggis, niat untuk membantu masyarakat, dengan membuka jalan, tanpa harus melewati hutan dan berputar jauh,” ujarnya yang dikutip dari regional.kompas.com.

Keberhasilan Samsul yang kemudian diapresiasi oleh Wakil Gubernur Sulsel

Kakek Samsul (tengah), bersama warga dan aparat dari TNI [sumber gambar]
Keberhasilan Samsul membuka jalan seorang diri, membuat sosoknya diapresiasi oleh Wakil Gubernur (Wagub) Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Bahkan, dirinya menyebut bahwa Samsul merupakan pejuang rintisan jalan. Berkat dirinya pula, sekitar 100 warga di sekitarnya kini bisa mengakses jalan dengan cepat.

Jalan rintisan yang akhirnya memperoleh bantuan dari pemerintah setempat

Samsul berfoto bersama Waki Gubernur Sulsel dan Komandan Disktrik Militer (Dandim) setempat [sumber gambar]
Tak sekedar mengapresiasi, Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman bahkan telah memberikan bantuan berupa alat berat, yang akan digunakan untuk memperbaiki jalan rintisan tersebut. “Bantuan langsung ini berupa alat berat dan bahan-bahan jembatan sementara. Sekarang ada jembatan sementara dari bambu atas kerja keras semua masyarakat, dibantu Komandan Kodim setempat,” katanya yang dikutip dari regional.kompas.com.

Pembuktian keberhasilan yang nyata meski sebelumnya sempat diragukan

Wagub Sulses, Andi Sudirman Sulaiman saat mengunjungi lokasi [sumber gambar]
Di balik keberhasilan Samsul membuka akses jalan di atas, siapa sangka jika upayanya itu sempat dianggap mustahil bagi warga setempat. Kini, apa yang dulu diremehkan nyatanya telah benar-benar dilakukan dengan baik oleh Samsul. Berkat dirinya, jalan rintisan tersebut kini telah dinikmati oleh masyarakat luas.

BACA JUGA: Kisah Pria Afrika yang Nekat Bangun Jalan Umum Seorang Diri Tanpa Imbalan Apapun

Tidak ada yang mustahil di dunia ini. Agaknya, ungkapan inilah yang pantas untuk menggambarkan perjuangan Samsul di atas. Tanpa pamrih kepada siapapun, ia ikhlas bekerja seorang diri walau mengikis gunung selama 10 tahun bukanlah hal yang mudah. Salut ya Sahabat Boombastis!