in

5 Jurus Ampuh Buat yang Baru Lulus Biar Dapat Pekerjaan dengan Gampang, Sudah Terbukti!

Lulus dan menjadi sarjana merupakan sebuah hasil perjuangan yang pantas untuk kamu rayakan. Namun, banyak sekali agenda setelah lulus yang mengharuskanmu membuka mata bahwa kalian saat ini telah dewasa dan tidak ingin bergantung lagi pada orang tua. Nah saat inilah waktu bagi diri kalian untuk membuktikannya dengan mendapatkan pekerjaan pertama. Namun agenda  mencari pekerjaan  tidaklah semudah yang kita bayangkan. Lowongan pekerjaan sedikit namun tidak diimbangi dengan jumlah lulusan yang sangat banyak pula.

Meskipun mencari pekerjaan adalah hal yang tidak mudah namun bukan berarti semuanya sulit, hanya saja butuh perjuangan ekstra untuk kamu yang belum berpengalaman ini. Nah, Berikut Boombastis sajikan 5 cara ampuh untuk kamu fresh graduate cari kerja dan dijamin langsung dapat kerjaan

Awali dengan membuat CV yang berkesan

Layaknya sebuah proposal, CV merupakan proposalmu dalam melamar pekerjaan. Melalui CV ini kamu bisa menceritakan siapa dirimu, pengalaman, dan aktivitas akademik maupun non akademik yang pernah kamu lakukan. Menurut beberapa HRD, CV yang baik tidaklah lebih dari 2 lembar karena hal tersebut untuk keperluan efisiensi.

membuat CV [image source]
Bikin CV kamu semenarik mungkin, jangan hanya lembaran kertas putih dan berisi hal-hal yang semua orang pasti menyantumkannya. Desain CV-mu semenarik mungkin, gunakan keahlian editing fotomu menggunakan aplikasi PhotoShop atau Correl Draw, jika ingin praktis banyak website penyedia template CV yang bisa kamu manfaatkan.

Hubungi Seniormu

Kamu pernah ikut komunitas atau organisasi saat kuliah? Tentunya kamu memiliki jaringan pertemanan yang gak melulu satu kelas, atau satu fakultas. Manfaatkan jaringanmu tersebut untuk mendapatkan kesempatan kerja pertamamu.

Hubungi Senior [mage source]
Hubungi seniormu dan jalin komunikasi dengan mereka, sedikit basa –basi dan tanya kabar dan manfaatkan koneksi ini yang akan membawamu kepada kesempatan-kesempatan yang lebih dipriortaskan dibanding mereka yang tidak memiliki koneksi di perusahaan tersebut.

Bikin akun di portal pencarian kerja

Saat ini portal pencarian kerja sangat banyak dan kamu bebas menentukan portal mana yang ingin kamu gunakan sebagai ajang pencarian lowongan kerja. Sebut saja Jobstreet, JobsDB, Jobs.id, Hiredtoday, job planet dan masih banyak portal pencarian kerja yang lain.

Buka Portal Pencarian Kerja [image source]
Mulailah membuat akun disana dan unggah CV-mu di portal-portal tersebut, banyak sekali lowongan kerja yang tersedia di portal-portal tersebut, pilih yang sesuai dengan keahlian dan kemampuan kamu serta pekerjaan yang kamu inginkan. Kirim dan jangan lupa catat dan ingat kalau kamu melamar pekerjaan tersebut. Jangan sampai lupa saat HRD menelponmu untuk dilakukannya sesi wawancara.

Gunakan Sosial mediamu

Saat ini sosial media bukan hanya untuk mempertemukan orang dari seluruh belahan dunia dan berbagi apa yang kita pikirkan, pamer foto atau tempat nongkrong. Namun, banyak informasi di sosial media mengenai pencarian kerja. Sebut saja LinkedIn yang memang  didesain untuk kalangan professional baik pencari kerja maupun recruiter itu sendiri.

Pakai Sosial Media [image source]
Jika tidak memiliki akun ini dan belum berminat mempercantik akun LinkedInmu, kamu bisa memaksimalkan akun sosial media yang kamu miliki seperti  facebook, Instagram hingga twitter untuk memperbanyak informasi dari akun-akun pencarian kerja dan grup-grup di sosial mediamu.

Rajin Sambangin JobFair

JobFair merupakan ajang berkumpulnya perusahaan-perusahaan dalam menjaring karyawan. Biasanya melalui job fair kalian bisa langsung berinteraksi dengan perusahaan tersebut. Kalian juga bisa bertanya terkait job description, area kerja  hingga jenjang karir di perusahaan tersebut.

Pergi ke Jobfair [image source]
Manfaatkan pula Job Fair ini sebagai ajang latihanmu untuk menghadapi wawancara kerja dengan mengikuti Walk In Interview yang biasanya juga diadakan sekalian di sana.

Mencari pekerjaan memang bukan perkara mudah, tapi bukan mustahil untuk dilakukan. Asal kita tahu ‘sela’ nya maka kerjaan impian pun nggak cuma mimpi. Jadi kalau kamu merasa nggak segera mendapatkan pekerjaan sedangkan usahanya sudah pol-polan, maka mungkin ada beberapa hal yang belum dilakukan. Misalnya lima cara di atas. Selamat berjuang ya, demi masa depan dan anak istri nih!

Written by Erdiansyah Bayu

Leave a Reply

4 Tokoh Penting Indonesia yang Selalu Memberikan Kurban dengan Ukuran Luar Biasa

Fakta dibalik Eksekusi Mati di Indonesia yang Ternyata Biayanya Setara dengan Beli Mobil Baru