in

Jembatan Penyeberangan di Malang Dipenuhi Kotoran Manusia, di Tempat Lain Nggak Kalah Kotor

Jembatan penyeberangan orang (JPO) merupakan fasilitas publik yang bertujuan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pejalan kaki. Masyarakat tidak perlu lagi menyeberang di jalan raya yang berpotensi membahayakan diri sendiri dan menganggu lalu lintas. JPO juga bisa menjadi salah satu unsur keindahan dalam tata kota.

Namun sayangnya, fasilitas ini tak dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Bahkan ada oknum-oknum tak bertanggung jawab yang mengotori JPO. Salah satunya terjadi di JPO Kota Malang baru-baru ini. Kondisinya sangat memprihatinkan. Berikut berita selengkapnya.

JPO Kota Malang dipenuhi kotoran manusia

Akun Instagram @mlg24jam mengunggah video berdurasi 41 detik. Video itu memperlihatkan banyak kotoran manusia yang bertebaran di JPO yang berlokasi di Alun-Alun Merdeka Kota Malang. Pria yang merekam video itu menyayangkan JPO dengan bangunan bagus namun penuh dengan kotoran.

JPO Kota Malang dipenuhi kotoran manusia [sumber gambar]
Ia meminta dinas terkait untuk mengawasi agar JPO tak dikotori. Video itu pun langsung dilihat oleh ratusan orang dan mendapat puluhan komentar. Seorang netizen mengatakan, banyak masyarakat yang memilih untuk menyeberang di jalan raya daripada harus melewati JPO yang sangat kotor.

Kepala DLH tanggapi kondisi JPO

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang Wahyu Setianto mengaku tak mengetahui orang yang mengotori sarana umum tersebut. Ia juga menjelaskan bahwa kasus ini seharusnya menjadi wewenang dari Dinas Perhubungan Kota Malang. Namun karena sangat kotor, Wahyu langsung mengerahkan petugas kebersihan.

JPO dibersihkan oleh DLH Kota Malang [sumber gambar]

Namun, Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang Heru Mulyono membantah. Heru mengungkapkan fasilitas JPO itu belum diserahkan ke Dinas Perhubungan. Heru pun berjanji jika JPO sudah menjadi aset Dishub Kota Malang, maka pihaknya akan memantau agar tak terjadi hal serupa.

Masalah kebersihan jadi isu utama pada JPO di kota-kota lain

JPO Kota Palembang bau pesing [sumber gambar]
Tak hanya di Malang, kota-kota lain di Indonesia juga memiliki JPO yang kotor. JPO di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Kota Palembang, Sumatra Selatan, menjadi tempat pembuangan sampah. Ada rumput liar yang tumbuh subur di dinding jembatan. Menurut beberapa netizen, jembatan itu juga mengeluarkan bau pesing dan busuk. Mereka meminta pemerintah untuk membongkar JPO yang hanya dijadikan sarang kotoran.

JPO Kota Depok becek [sumber gambar]
Warga juga mengeluhkan kondisi JPO di dekat Terminal Depok yang kumuh dan bau pesing. Di tangga jembatan, bau pesing menyengat hidung meski sudah menggunakan masker. Seorang warga mengaku pernah melihat orang kencing saat akan menggunakan JPO. Belum lagi kondisi JPO yang digenangi air membuat anak tangga menjadi becek sehingga pengguna khawatir akan terpeleset.

BACA JUGA: Lampu Sampai Sabun Cuci Tangan, 5 Fasilitas Umum Ini Dicuri Orang Nggak Bertanggung Jawab

Sayang sekali, fungsi JPO tidak digunakan sebagai mana mestinya karena kondisi yang sangat jorok. Pemerintah harus mengambil langkah cepat untuk mengatasi masalah tersebut. Tapi sebaiknya masyarakat juga ikut menjaga kebersihan JPO demi kepentingan bersama.

Written by F A Agustina

Aksi Polisi Musnahkan Petasan yang Malah Bikin Rusak Rumah Warga dan Sakit Jantung Kambuh

Sosok Dirjen Kemendag yang Diduga Tersangkut Masalah Minyak Goreng Mahal