in

Kisah Jho Low, Buronan Malaysia yang Korupsinya Lebih Sangar Daripada Edy Tansil Asal RI

Kasus megakorupsi yang terjadi di Malaysia lewat perusahaan investasi milik negara bernama 1MDB terus bergulir. Dilansir dari cnnindonesia.com, pihak berwenang Amerika Serikat berupaya menjual rumah mewah seharga US$39 juta (setara Rp553,8 miliar) yang diduga dibeli warga Malaysia dengan uang dari skandal 1MDB yang kasusnya mulai dibongkar. Tak hanya itu, korupsi 1MDB juga menyisakan nama Low Taek Jho di dalamnya.

Dikenal sebagai Bankir muda Malaysia, pria yang akrab disapa Jho Low itu ikut andil di balik berdirinya 1MDB. Laman Reuters menuliskan, perusahaan investasi itu memperoleh dana miliaran dolar dari obligasi untuk digunakan di proyek investasi dan usaha gabungan antara tahun 2009 dan 2013, yang sayangnya dimanfaatkan untuk pencucian uang dan memperkaya diri sendiri. Termasuk Jho Low yang kini keberadaannya masih misterius. Siapa sosok bankir kaya itu sebenarnya?

Berasal dari keluarga kaya raya dengan jaringan koneksi ke kalangan elit dunia

Dilansir dari thestar.com.my, Jho Low datang dari keluarga kaya di Malaysia. Sang ayah yang Larry Low Hock Peng adalah seorang eksekutif untuk perusahaan holding investasi bernama MWE Holdings Bhd. Sementara kakeknya, Low Meng Tak, membangun sebagian besar kekayaan keluarga di China dan Thailand melalui kewirausahaannya dalam penambangan bijih besi dan berbagai penyulingan minuman keras.

Berasal dari keluarga pengusaha yang kaya raya [sumber gambar]
Lahir dan hidup serba berkecukupan, membuat Low mampu mengakses jejaring bisnis yang kelak menopang karirnya. Pria yang berprofesi sebagai bankir itu memiliki hubungan khusus dengan anggota keluarga kerajaan dari Arab Saudi, Kuwait, Yordania dan Abu Dhabi. Ia pun sempat belajar di sekolah-sekolah elit seperti London’s Harrow School dan Wharton School of University of Pennsylvania.

Dikenal sebagai sosok bankir kaya raya dengan gaya hidup yang mewah

Sebagai penghimpun dana investasi lewat 1MDB, Low dikenal memiliki gaya hidup mewah dan memiliki banyak aset dengan nilai miliaran dollar. Dikutip dari cnnindonesia.com, ia bahkan memiliki reputasi sebagai playboy kelas kakap yang kerap larut dalam beraneka macam pesta mewah.

Jho Low hobi berpesta, playboy dan berfoya-foya [sumber gambar]

Tak hanya itu, Low juga kerap berfoya-foya dengan beragam cara usai memperoleh uang dari penawaran obligasi pertama 1MDB. Salah satunya adalah dengan bermain di sebuah Kasino di Las Vegas, di mana dirinya dan beberapa orang menggunakan dana sebesar 25 juta dollar dari rekening atas nama Low.

Terlibat skandal 1MDB yang menggemparkan Malaysia

Saat terbongkar, skandal 1MDB yang juga menyeret nama mantan PM Malaysia, Nadjib Razak, membuat sosok Low jadi buruan berikutnya. Hal ini terjadi lantaran pria yang kini tengah dicari-cari oleh otoritas berwenang Malaysia itu, disebut-sebut ikut membantu pembentukan 1MDB. Bankir muda itu menggalang dana dengan cara menjual obligasi dan melakukan usaha gabungan (joint venture) dengan pihak asing.

Para tersangka kasus 1MDB [sumber gambar]
Setelah berhasil memperoleh dana miliaran dolar dari obligasi untuk digunakan di proyek investasi dan usaha gabungan antara tahun 2009 dan 2013, para petinggi 1MDB malah menyalahgunakan aset tersebut untuk tindakan kriminal. Dikutip dari Reuters, uang tersebut justru dimanfaatkan untuk pencucian uang dan memperkaya diri sendiri oleh para petinggi dan pihak terkait. Termasuk sosok Low yang membeli banyak barang mewah.

Aset-aset mahalnya yang sempat berada di Indonesia

Setelah dana di tangan, Low lantas menggunakannya untuk memperkaya diri sendiri dengan membeli aset-aset mahal. Dilansir dari cnbcindonesia, barang tersebut adalah membeli rumah mewah di beberapa lokasi seperti London, Los Angeles dan New York, pesawat jet dan kepemilikan saham di perusahaan musik EMI Music Publishing.

Yatch The Equanimity milik Jho Low yang ditangkap oleh kepolisian Indonesia [sumber gambar]
Rinciannya, perhiasan sekitar $200 juta (Rp 2,865 triliun), penthouse senilai $30,6 juta (Rp 438,423 miliar, karya seni senilai lebih dari $100 juta (Rp 1,432 triliun), dan properti yang tersebar di Inggris dan AS dengan nilai mencapai hampir $100 juta (Rp 1,432 triliun). Termasuk dana yang disita oleh Departemen Kehakiman A.S sebesar $38 juta (544,359 miliar). Jika ditotal dengan sumber lainnya yang belum tercantum, Low dan kroni-kroninya menggasak kurang lebih sebesar $1.7 miliar (Rp 24,356 triliun) lewat 1MDB .

BACA JUGA: 5 Fakta Edi Tansil, Koruptor Indonesia Paling Gila yang Berhasil Lolos

Skandal 1MDB mendapat perhatian internasional lantaran banyak melibatkan negara-negara lain yang menjadi tujuan bagi kejahatan di dalamnya. Salah satunya adalah Indonesia, di mana aset berupa yatch mewah bernama The Equanimity yang dimiliki oleh Jho Low itu sempat diburu oleh FBI yang bekerjasama dengan Polri. Sukses menggelapkan triliunan rupiah, keberadaan sosok bankir kaya itu pun tak diketahui rimbanya. Mirip dengan Edy Tansil yang hingga saat ini belum juga ditemukan.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

3 Fakta dari Penobatan Raja Thailand, Dibaluri Air Suci Hingga Pakai Baju dan Mahkota Emas

Kompak! Kanal YouTube RANS Entertainment dan Baim Paula Bagikan Momen Saat Sahur Pertama