in

Inilah 6 Fakta Anak Tunggal yang Sering Dikaitkan Dengan Sifat Manja dan Dikekang Orangtua

Anak tunggal sering kali dianggap manja oleh orang lain. Padahal, sebenarnya fakta anak tunggal tidak melulu itu saja. Justru banyak fakta lain kalau anak tunggal mempunyai sifat atau karakter yang positif. Misalnya sifat mandiri yang sudah pasti tertanam di anak tunggal.

Selain itu masih banyak lagi karakter yang ada di anak tunggal. Lalu, kemungkinan besar itu adalah sifat yang tidak pernah kita ketahui sebelumnya. Contohnya seperti beberapa kepribadian yang ada di bawah ini.

1. Percaya diri yang cukup tinggi

Punya percaya diri tinggi

Sifat percaya diri adalah cerminan nomor satu dari anak tunggal. Ia memiliki karakter ini karena dirinya selalu mendapatkan perhatian lebih dari kedua orangtua. Oleh karena itu, ia pasti berpikiran kalau orang-orang yang ada di sekitarnya menganggap dirinya penting. Jadi, anak tunggal tidak pernah takut untuk menghadapi lingkungan baru sekalipun. Dilansir dari merdeka.com, penelitian sudah membuktikan jika anak tidak mempunyai saudara kandung lebih tinggi percaya dirinya daripada orang yang memiliki kakak atau adik.

2. Cenderung memiliki prestasi luar biasa

Cenderung berprestasi

Orangtua yang hanya memiliki satu anak biasanya mencurahkan segala kasih sayang untuk sang buah hati termasuk masalah dana. Kalau sudah seperti itu biasanya sang anak akan termotivasi untuk mewujudkan keinginan ayah dan ibunya. Maka, secara tidak langsung anak tunggal akan melakukan segala cara supaya cita-citanya tercapai. Sehingga jangan heran ketika prestasi lebih banyak dicetak oleh anak-anak yang tidak mempunyai saudara kandung.

3. Sifat mandiri yang selalu tertanam

Mandiri sejak kecil

Seperti yang sudah dijelaskan di paragraf awal, kalau anak tunggal pasti memiliki karakter mandiri. Sebab tidak adanya saudara kandung yang ia miliki menjadikan mereka terbiasa melakukan semuanya sendiri. Hebatnya, jika anak tunggal bersedih, mereka akan berusaha menghibur diri sendiri supaya perasaannya menjadi tenang kembali. Sifat inilah yang biasanya orang-orang menganggap kalau anak tunggal merupakan sosok dewasa.

4. Sulit mengalah kepada siapapun

Sulit sekali untuk mengalah

Hal negatif yang sering kali kita lihat pada diri anak tunggal adalah karakter sulit mengalah. Ini disebabkan dirinya yang selalu mendapatkan semuanya dari kedua orangtua, sehingga anak tunggal tidak terbiasa dengan berbagi. Ia akan selalu menuntut menjadi yang pertama dalam keadaan apapun. Bahkan, pada saat genting pun terkadang mereka lebih mementingkan diri sendiri daripada orang lain. Tak peduli dengan kondisi, yang penting mereka harus menjadi prioritas pertama.

5. Memiliki anggapan kalau harga dirinya tinggi

Menganggap harga dirinya tinggi

Mempunyai anggapan jika harga dirinya sangat tinggi itu adalah hal yang bagus. Sebab, dengan begitu kita tidak akan mudah dijatuhkan oleh orang lain. Kepribadian itulah yang pasti ada di dalam diri anak tunggal. Ia akan lebih mudah untuk bangkit, jika merasa harga dirinya sudah terinjak-injak. Namun, hal ini juga tidak baik kalau ia terlalu berlebihan untuk menganggap harga dirinya tinggi. Secara tidak langsung, hal itu bisa membuat dirinya mudah untuk meremehkan orang lain.

6. Agak boros dalam menggunakan uang

Boros menggunakan uang

Sudah tidak diragukan lagi, kalau anak tunggal pasti mendapatkan semua hal yang ingin ia miliki. Mulai dari kasih sayang berlebih sampai materi yang selalu tercukupi. Nah, dari situlah secara tidak langsung anak tunggal akan menjadi boros jika diberi uang. Ia cenderung mudah untuk menghabis-habiskan materi karena dirinya tahu kalau ayah dan ibunya akan selalu memenuhi kebutuhannya tanpa penolakan sedikitpun.

Itulah beberapa karakter yang ada pada anak tunggal. Ya. walaupun itu tidak sepenuhnya benar, tapi beberapa di antaranya pasti ada dalam diri anak yang tak mempunyai saudara kandung. Bagaimana dengan kalian yang anak tunggal, apakah ciri-ciri di atas ada kecocokan pada diri kalian?

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

5 Fakta Bumi Bulat yang Masih Misterius dan Bakal Bikin Kamu Ternganga Enggak Percaya

Inilah 5 Fakta Park Bo Gum yang Membuat Banyak Wanita Ingin Menjadi Teman Hidupnya