in

Mustahil Indonesia Jadi Negara Maju Jika 5 Hal Penting Ini Tak Dibenahi

5. Korupsi, budaya yang terus dilestarikan di negeri ini

Korupsi yang sudah mengakar kuat dalam bangsa ini diakibatkan oleh para “oknum” pejabat kita yang terus membudayakan perbuatan haram ini. Nyaris setiap harinya di media-media online atau media cetak, ada saja pejabat kita, entah itu di pemerintahan pusat atau daerah yang tersandung kasus korupsi.

Ilustrasi koruptor. [Image Source].
Tahun lalu Badan Anti-Korupsi Dunia, Transparency International, merilis laporan tahunan atas hasil upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan oleh 176 negara dalam periode satu tahun. Hasilnya, Indonesia berada di peringkat 90. Artinya? Prestasi Indonesia dalam hal korupsi terus menunjukkan hasil yang “hebat.” Negara Asia Tenggara lainnya seperti Singapura (7), Brunei Darussalam (41), dan Malaysia (58) saja kalah oleh kita. Hebat kan negara kita ini?

Apabila pemerintah masih setengah-setengah dalam menangani kejahatan luar biasa ini, mustahil negara kita akan mampu bersaing dengan negara-negara maju lainnya. Tentu diperlukan sikap yang tegas untuk menghukum para koruptor. Hukuman paling berat yang mampu membuat mereka jera dan setidaknya membikin calon koruptor lainnya berpikir dua kali jika ingin melakukan tindakan ini.

Itulah lima faktor yang diduga kuat menyebabkan Indonesia tersendat dan selalu jalan di tempat. Untuk menanggulangi semua kekurangan di atas, tentu diperlukan kesadaran semua elemen bangsa. Jangan hanya berpangku tangan pada pemerintah. Apabila hal-hal di atas tak juga dibenahi, jangan harap Indonesia akan jadi pemimpin dunia atau setidaknya macan Asia.

Leave a Reply

10 Trik Jitu Untuk Hemat Dana Pernikahan Ini Sangat Layak Buat Kamu Coba

5 Barang yang Terkesan “Remeh” Ini Ternyata Dijual Mahal di Papua, Gaji Besar Pun Terasa Hampa