in

Hone-onna, Makhluk Mitologi Jepang yang Konon Gagal Move On dan Terus Gentayangan Demi Menemukan Mantan

ilustrasi hone-onna [sumber gambar]

Meski Jepang merupakan salah satu negara paling maju dengan segala teknologi terdepan, bukan berarti masyarakatnya sudah tidak percaya akan hal-hal mistis di sekeliling mereka. Hingga saat ini, Jepang menjadi salah satu negara yang punya banyak cerita tentang makhluk mitologi. Sebut saja Yuki-Onna atau perempuan salju, Shinigami alias dewa kematian, hingga Kappa si makhluk air yang juga dipercaya sebagai dewa air.

Kali ini yang bakal kita bahas adalah Hone-onna, salah satu makhluk mitologi Jepang yang nggak kalah serem. Hone-onna digambarkan sebagai sosok hantu perempuan dengan wujud tengkorak. Konon hantu tersebut terus bergentayangan untuk menemukan mantan. Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang Hone-onna.

Hantu gagal move on

Hone-onna dipercaya sebagai sosok hantu yang selalu mempertahankan cinta, tak peduli meski daging pada tubuh sudah membusuk. Hal itu yang membuatnya selalu ingin menemui orang yang dikasihi meski dirinya sudah mati. Konon, mereka bergentayangan dengan wujud yang sama seperti saat mereka masih hidup, biasanya merupakan wanita cantik dan muda

Hone-onna ilustrasi [sumber gambar]
Dipercaya bahwa mereka yang punya iman kuat dan tak dibutakan cinta yang bisa melihat sosok asli hantu satu ini. Hone-onna sendiri merupakan hantu perempuan dengan wujud tinggal tulang, sangat mengerikan karena dijabarkan jika daging-daging yang menempel pada tulangnya sudah membusuk.

Datang menyedot semangat hidup sang kekasih

Di malam hari, hantu perempuan tersebut akan gentayangan dan mendatangi rumah sang kekasih yang ditinggal mati. Bahkan, ada yang mengatakan jika hantu tersebut bahkan tak sadar jika dirinya sudah mati. Ia masih ingin terus melanjutkan kisah cintanya bersama pria yang dia kasihi.

Hone onna [sumber gambar]

Sepanjang malam, Hone-onna menghabiskan waktu bersama dan akan pergi di pagi hari. Hantu perempuan ini dipercaya akan selalu menyedot semangat hidup si pria hingga akhirnya melemah dan jatuh sakit. Tujuannya tentu saja agar kekasihnya segera meninggal dan bersatu dengannya.

Kedatangannya bisa dihalau

Hone-onna [sumber gambar]
Konon banyak kasus di mana seorang teman dari si pria yang didatangi oleh Hone-onna menyadari kedatangan hantu tersebut. Dipercaya jika kedatangan hantu Hone-onna bisa dihalau dengan doa atau pesona magis. Namun tentu saja doa-doa tersebut bisa bekerja asal si tuan rumah juga menginginkannya, dalam artian si tuan rumah tidak menyambut si hantu atas dasar cinta. Karena jika itu terjadi, hal itu sama dengan mengorbankan diri demi hantu wanita yang dia cintai.

Versi lain cerita Hone-onna

Kalau menurut Wikipedia beda lagi, di sana disebutkan jika Hone-onna adalah sejenis yokai/setan yang suka membunuh pria. Hone-onna sendiri membunuh dengan cara menyentuh tangan seorang pria dan menyerap energinya sampai tinggal tulang. Dalam kisah yang ditulis oleh Toriyama Sekien, pernah ada seorang pemuda bernama Ogiwara Shinnojō yang bertemu dengan wanita cantik.

ilustrasi hone-onna [sumber gambar]
Shinnojō jatuh cinta pada gadis itu dan setiap malam mereka bertemu, bahkan sampai bercinta. Hingga suatu hari, salah seorang tetangga Shinnojō memergoki mereka dan seketika shock, melihat Shinnojō bercinta dengan tengorak yang bergerak.

BACA JUGA: Daruma-san, Permainan Memanggil Hantu Paling Mengerikan di Jepang! Jangan Coba!

Itulah kisah makhluk mitologi Hone-onna yang ternyata nggak kalah ngeri dari kisah mitologi di Indonesia seperti sundel bolong, kuntilanak, hantu jeruk purut, dan lain sebagainya. Dari kisah di atas, dapat disimpulkan jika makhluk gaib sejatinya memang ada di mana-mana, dan tujuan mereka mengganggu manusia.

Written by Nikmatus Solikha

Leave a Reply

Cabai Dicat Hingga Bakso Tikus, Begini Ulah Nakal Pedagang Demi Mencari Untung

Dulu Harganya Selangit, 3 Jenis Masker Ini Sekarang Murah Banget